Tips Mengatasi Motor Susah Dihidupkan Karena Lama Tidak Dipakai

Topdewe.comTips Mengatasi Motor Susah Dihidupkan Karena Lama Tidak Dipakai.
Tips mengatasi motor susah dihidupkan karena lama tidakdipakai
Tips mengatasi motor susah dihidupkan karena lama tidak dipakai
Motor yang sudah lama tidak dipakai biasanya kan susah untuk menghidupaknya. Untuk bisa menghidupkanya perlu perlakuan khusus supaya tidak merusak komponen mesin seperti starter atau yang lainya. Orang yang awam umumnya kan langsung distarter saja,bahkan sampai berulang ulang walau motor tetap ga bisa hidup. Atau mungkin dari anda pernah mengalami hal tersebut?

Beberapa hari yang lalu kejadian ini menimpa pada saya yang sudah beberapa bulan motor diam dirumah dan tidak terpakai sama sekali serta tidak pernah dihidupkan sekalipun hanya untuk dipanasi mesinya.

Pada umumnya yang terjadi ketika anda akan menghidupkan motor yang lama tidak dihidupkan atau tidak dipakai adalah mesin menjadi hilang kompresi.
Atau mesin bisa hidup kemudian mati lagi dan terkadang ketika di genjot dengan kick starter seolah terasa los atau tidak ada tekanan sama sekali. Jika demikian yang dialami maka bisa dipastikan motor kehilangan kompresi

Motor yang lama tidak dihidupkan atau tidak terpakai,berakibat oli mesin akan mengendap di dasar mesin. Sehingga anda harus menaikkan kembali oli mesinnya ke atas untuk melumasi bagian permukaan komponen mesin bagian atas.

Lalu bagaimana cara menanganinya?
Begini tips menghidupkan mesin motor yang lama tidak dipakai:

Pertama, putar kunci kontak di posisi OFF.Kemudian genjot motor dengan menggunakan kick starter beberapa kali. Anda bisa menggenjot dengan kick starter selama 10x atau lebih.Fungsi menggenjot manual dengan kick starter ini adalah untuk membantu agar sirkulasi oli kembali naik dan melumasi setiap permukaan mesin bagian atas.

Kedua, putar kunci kontak ke posisi ON kemudian coba hidupkan mesin motor anda dengan menggunakan kick starter.

Untuk motor yang masih menggunakan karburator, saat menghidupkan mesin gunakan tuas Choke yang berada di bawah setang sebelah kiri untuk motor keluaran baru dan untuk motor karbuarator keluaran lama tuas choke berada di samping persis karburator.

Fungsi dari menarik tuas choke ini adalah untuk membantu agar bahan bakar cepat mengalir.Namun untuk motor type injeksi sudah tidak menggunakan tuas choke lagi.Motor injeksi sudah menggunakan choke otomatis sehingga anda tidak perlu repot menarik tuas choke.
Baca juga : Arti SOHC dan DOHC,Kelebihan dan Kekuranganya

Cara diatas sudah saya terapkan di motor astrea grand saya yang sudah 6 bulan dongkrok tidak dihidupkan dan dipakai hanya terparkir manis di garasi rumah.Dan ketika saya coba hidupkan ternyata susah dan hilang kompresi 

Cara menaikkan kompresi yang lain adalah 
Gunakan kombinasi kick starter dan elektrik starter secara bergantian hingga kompresi mesin naik. Caranya dengan menggenjot kick starter beberapa kali kemudian tekan tombol elektrik starternya agak lama sambil putar gas secara penuh.

Jika masih belum hidup,genjot kick starter beberapa kali lagi, lalu tekan elektrik starter lagi agak lama dengan memutar gas penuh lagi.

Lakukan cara diatas secara berulang ulang hingga kompresi mesin naik. Tanda kompresi mesin naik bisa terdeteksi ketika mesin mulai tersengal sengal ketika di starter.

Cara yang lain adalah dengan membuang bensin yang lama dan ganti dengan bensin yang baru.Jika masih hilang kompresi bisa juga dengan cara membuka busi motor anda,kemudian tuangkan kurang lebih 2 sendok oli. 

Kemudian coba nyalakan mesin dengan kick starter.Atau bisa langsung dengan mengganti busi motor dengan busi yang baru.
Demikian tips menghidupkan motor yang sudah lama tidak dipakai.Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Tips Mengatasi Motor Susah Dihidupkan Karena Lama Tidak Dipakai"