Tips Mudik Lebaran Dengan Mobil Pribadi Dengan Nyaman Dan Aman

Topdewe.com - Tips Mudik Lebaran Dengan Mobil Pribadi Dengan Nyaman Dan Aman.
Tips mudik lebaran ke kampung halaman dengan mobil pribadi
Mudik lebaran ke kampung halaman
Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi turun temurun di negara Indonesia. Mudik lebaran menjadi sensasi tersendiri bagi sebagian orang,walaupun harus membayar tiket kereta,bus atau pesawat yang mahal dan bermacet macetan dijalan karena padatnya lalulintas untuk menuju ke kampung halaman.


Selain untuk sholat idul fitri dikampung halaman,para pemudik juga bisa bersilaturahmi dengan keluarga,teman atau sahabat di kampung yang lama tidak berjumpa.

Alhamdulillah sudah kurang lebih sudah sekitar 7 tahun ini saya mudik menggunakan mobil pribadi kepunyaan sendiri walaupun mobil tua.

Sebelumnya untuk mudik ke kampung halaman saya menggunakan bus atau dengan motor berbarengan dengan beberapa teman yang sejalur.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi tips mudik dengan menggunakan mobil pribadi agar mudik terasa nyaman dan tentunya aman selamat sampai kembali ke rumah.

Berikut tips mudik dengan mobil pribadi sesuai pengalaman saya :
Persiapan Mobil
Roda
Cek roda dan ban mobil
Cek roda dan ban mobil

Cek kondisi ban apakah motifnya sudah menipis atau sudah gundul. Jika ban sudah gundul lebih baik segera lakukan pergantian.Periksa juga tekanan angin dan pastikan sesuai standart psi nya.Saya biasa memakai Nitrogen dengan tekanan ban depan 32-33 an belakang 36psi sesuai standart xenia.
Kencangkan baut keempat roda mobil anda sebelum melakukan perjalanan mudik.

Rem
Periksa fungsi rem mobil anda,cek juga kampas remnya apakah masih tebal atau sudah tipis.Periksa juga minyak remnya jangan sampai habis

Kopling
Cek juga kondisi kopling apakah masih bekerja dengan baik atau kampas koplingnya sudah aus.Silahkan baca cara cek kampas kopling mobil sudah aus atau masih bagus

Oli
Cek volume oli mesin apakah berkurang atau tidak. Kalau perlu ganti dengan oli mesin yang baru

Aki
Jika aki anda type basah,maka cek level air pada aki dan pastikan pada level yang aman.Jika kurang bisa anda tambahkan air nya.Jangan sampai tekor di tengah perjalanan. Jika ketahuan tekor atau drop dirumah,anda bisa menjumper aki mobil anda dengan motor

Wiper
Kita tidak bisa pastikan apakah akan turun hujan atau tidak ketika perjalanan mudik,untuk itu wiper wajib anda perhatikan.Jika dirasa sudah jelek lebih baik diganti.Silahkan baca cara ganti wiper belakang dan cara ganti wiper depan serta perhatikan ukuran wiper mobil jangan sampai salah. Perhatikan juga volume air wiper tetap terisi penuh.

Lampu
Cek semua lampu lampu mobil anda seperti lampu utama,lampu rem,lampu senja,lampu sein,lampu kabin,lampu mundur,lampu hazard apakah berfungsi dengan baik.

AC
Ac juga sangat diperlukan ketika melakukan perjalanan disiang hari agar anda dan keluarga didalam mobil tidak kepanasan.Jka ac dirasa sudah tidak dingin,segera service jauh jauh hari sebelum berangkat mudik.

Radiator
Cek air radiator di reservoir atau tampungan danpastikan terisi di level antara low dan high

Kunci dan tool
Kunci mobil untuk persiapan mudik
Kunci mobil untuk persiapan mudik
Jangan lupa bawa kunci kunci yang kira kira diperlukan buat jaga jaga kalau dijalan terjadi trouble mobil anda. Seperti kunci busi,kunci ring 10,12 ,kunci roda,segitiga pengaman,dongkrak,obeng,kabel jumper dan lainya.

Obat obatan
Obat obatan ringan sebaiknya juga anda sediakan dimobil anda seperti hansaplast,obat merah,obat masuk angin dan lainya.

Barang bawaan
Jangan bawa barang terlalu banyak,bawalah yang sekiranya diperlukan saja agar tidak merepotkan ketika dalam perjalanan

Isi bensin full dan etoll
Setelah anda meningggalkan rumah,jangan lupa mampir dulu untuk top up saldo kartu E toll anda dan isilah bensin full tank di pom bensin terdekat.
Baca juga : Cara menghilangkan karat chrome pada mobil

Bawalah minuman dan cemilan seperlunya untuk dimobil. Jika dalam perjalanan dirasa sudah mengantuk lebih baik menepi dan istirahat.Namun hati hati jika anda harus tidur di dalam mobil karena bisa berbahaya kalau salah caranya

Patuhi rambu rambu lalu lintas selama dalam perjalanan untuk keselamatan bersama.
Service mobil sebelum mudik
Service mobil sebelum mudik
Jika anda tidak bisa atau tidak mengerti mesin mobil,sebaiknya periksakan ke bengkel mobil langganan anda jauh jauh hari sebelum mudik.Biasanya bengkel mobil akan sangat ramai mendekati mudik lebaran dan setelah mudik lebaran.

Sebelum anda meninggalkan rumah,cabut semua kabel yang ke stop kontak seperti magic com,ac,kipas angin,televisi dan lainya. Cabut juga selang gas dari tabung gas.

Matikan lampu di dalam ruangan rumah dan cukup nyalakan lampu yang ada di teras. Jika perlu belilah fitting otomatis yang apabila siang lampu mati dan malam hari akan menyala otomatis.

Jika ada tetangga yang tidak pulang kampung,sebaiknya titipkan rumah anda ke tetangga tersebut.
janganlupa juga info ke security perumahan bahwa anda akan pulang kampung dan minta untuk membantu mengawasi rumah anda.
Tips mudik lebaran dengan mobil pribadi
Tips mudik lebaran dengan mobil pribadi
Tidak perlu terburu buru mengejar waktu,nikmati saja perjalanan mudik anda dengan santai. Atau jika perlu mampir di setiap daerah yang anda lewati untuk mencicipi kuliner atau tempat wisata daerah tersebut.

Yang tak kalah penting sebelum melakukan perjalanan adalah berdoa memohon agar selamat dalam perjalanan sampai kembali ke rumah.

Post a Comment for "Tips Mudik Lebaran Dengan Mobil Pribadi Dengan Nyaman Dan Aman"