Cara Mengatasi Penghasilan Adsense Beresiko Karena Satu Atau Beberapa File Ads txt Tidak Berisi ID Penayang Adsense|Earning At Risk

Beberapa hari yang lalu ketika saya membuka Dasboard Adsense,tiba tiba saja muncul notifikasi Penghasilan anda beresiko karena satu atau beberapa file Ads.txt tidak berisi ID penayang Adsense. Begini Notifikasinya : "Earnings at risk – You need to fix some ads.txt file issues to avoid severe impact to your revenue."
Mengatasi pendapatan adsense beresiko ads txt
Notifikasi pendapatan adsense beresiko
atau dalam bahasa indonesia "Penghasilan beresiko-Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file Ads. txt untuk menghindari dampak yang parah terhadap pendapatan Anda"


Saya sempat bingung bagaimana cara mengatasinya agar penghasilan adsense tetap aman. Jika peringatan tersebut tidak segera diatasi mungkin bisa menyebabkan dihentikanya penayangan iklan di situs yang mendapatkan peringatan tersebut dan otomatis penghasilan adsense kita akan berkurang bahkan hilang.
Baca juga : Cara memperbaiki peringatan iklan adsense tidak tayang di situs Apakah anda juga mengalami hal yang sama seperti saya?

Sepertinya ini adalah update kebijakan dari google agar para publiser adsense menjadi lebih nyaman.Seperti yang dikatakan oleh google berikut :

Authorized digital Sellers, atau Ads. txt adalah prakarsa IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui Penjual (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi sebagai otorisasi. Membuat file Ads. txt Anda sendiri memberi Anda kontrol lebih terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Kami sangat menyarankan agar Anda menggunakan file Ads. txt. Hal ini dapat membantu pembeli mengidentifikasi inventaris palsu dan membantu Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang mungkin telah beralih ke inventaris palsu tersebut.

Lalu bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi peringatan tersebut? Dari pihak google sendiri sudah menjelaskan seperti dibawah :

Memperbaiki masalah Ads. txt di AdSense
Jika ada masalah dengan Ads. txt di situs, Anda akan melihat lansiran di akun AdSense. Untuk mencegah dampak yang parah terhadap pendapatan Anda, ikuti langkah di bawah untuk memperbaiki masalah.

Catatan: mungkin perlu beberapa hari agar perubahan Anda terlihat di AdSense. Jika situs Anda tidak membuat banyak permintaan iklan, mungkin diperlukan waktu hingga sebulan.

Membuat file Ads. txt untuk situs Anda
Cara mengatasi notifikasi pendapatan adsense beresiko ads txt
Cara mengatasi notifikasi pendapatan adsense beresiko ads txt


  • Masuk ke akun AdSense Anda.
  • Di peringatan di beranda Anda, klik Perbaiki sekarang.
  • Klik tanda panah bawah untuk membuka "Buat file Ads. txt untuk... " pesan.
  • Klik Unduh. File Ads. txt Anda diunduh secara otomatis.
  • Unggah file ke domain tingkat akar situs Anda (misalnya, https://example.com/ads.txt).
  • Tingkat akar adalah satu tingkat ke bawah dari apa yang tercantum dalam daftar akhiran publik. Sebagai contoh, "google.co.uk " adalah root domain "co.uk " tapi "maps.google.co.uk " tidak. Lihat spesifikasi Ads. txt IAB.

Catatan: jika Anda menggunakan jaringan iklan lain, ingatlah untuk menambahkan jaringan tersebut ke file Ads. txt Anda. Hubungi jaringan iklan Anda untuk informasi Ads. txt mereka.

Menambahkan ID penayang ke file Ads. txt
  • Masuk ke akun AdSense Anda.
  • Di peringatan di beranda Anda, klik Perbaiki sekarang.
  • Klik panah bawah turun ,buka  "Tambahkan ID penayang Anda ke file Ads. txt ini ".
  • Klik Salin.
  • Tempelkan baris ke setiap file Ads. txt Anda.
  • File Ads. txt Anda sekarang harus terlihat seperti ini, di mana pub-0000000000000000 adalah ID penayang Anda sendiri: google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Menyiapkan file Ads. txt
Jika blog Anda dimonetisasi dengan penyedia pihak ketiga atau Anda telah mengintegrasikan AdSense secara manual di blog, Anda harus menyiapkan konten file Ads. txt secara manual.

Untuk anda yang menggunakan blogger atau blogspot,begini caranya :
Mengatasi notifikasi pendapatan adsense beresiko ads txt di blogspot
Mengatasi notifikasi pendapatan adsense beresiko ads txt di blogspot

  • Login ke blogger.
  • Di kiri atas, klik panah bawah.
  • Klik blog yang ingin Anda Siapkan file Ads. txt.
  • Di sebelah kiri, klik Setelan.
  • Di bawah  "Setelan, " klik preferensi penelusuran.
  • Di bawah  "monetisasi, " Temukan  "Custom Ads. txt " dan klik Edit.
  • Klik Ya.
  • Salin setelan dari penyedia monetisasi pihak ketiga dan tempelkan di kotak teks.
  • Klik Simpan setelan.
    mengatasi pendapatan adsense beresiko ads txt
    mengatasi pendapatan adsense beresiko ads txt
  • Opsional: untuk memeriksa konten file Ads. txt Anda, buka http://< alamat blog anda >/Ads.txt.

Catatan: jika blog Anda tidak dimonetisasi, atau hanya dikonfigurasi untuk menggunakan AdSense menggunakan integrasi blogger-AdSense, Anda tidak perlu menyiapkan Ads. txt secara manual. Blogger akan melakukan ini untuk Anda. 

Untuk subdomain atau host :
Google meng-Crawl dan memberlakukan file Ads. txt yang ditempatkan di subdomain, yang ada di sana, dan dirujuk dari file Ads. txt di root domain.

Untuk merujuk subdomain dalam file Ads. txt domain root, Anda menambahkan subdomain = Deklarasi. Misalnya, file Ads. txt Anda untuk example.com harus merujuk ke subdomain subdomain.example.com. Anda akan menambahkan baris ini ke file domain root Ads. txt Anda: subdomain = subdomain. example. com. Lihat spesifikasi Ads. txt IAB untuk detail tambahan tentang rujukan subdomain.

Catatan: Anda hanya perlu melakukannya jika penjual resmi atau ID penayang Anda berbeda untuk subdomain jika dibandingkan dengan domain root.

Begitulah penjelasan dari google sendiri. Jika peringatan masih ada setelah anda menambahkan file ads txt di blog,silahkan tunggu beberapa hari.Nanti akan hilang sendiri.
Demikian artikel tentang cara mengatasi notifikasi pendapatan adsense anda beresiko.Semoga bisa membantu

4 comments for "Cara Mengatasi Penghasilan Adsense Beresiko Karena Satu Atau Beberapa File Ads txt Tidak Berisi ID Penayang Adsense|Earning At Risk"

  1. Halo gan, kalau misalkan kita sudah masukan kode/file ads-txt nya tapi masih tetap muncul peringatan "Earnings at risk - You need to fix some ads.txt file issues to avoid severe impact to your revenue." itu bagaimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih.. aku jg uda beberapa bulan masih tetap aja keluar tulisan itu di google adsensenya. heran deh..

      Delete
  2. Terima kasih informasinya....
    Peringatan itu akan hilang setelah berapa hari...?

    ReplyDelete