12 Penyebab Aki Mobil Tekor ,Soak atau Drop dan Solusinya

Penyebab aki mobil soak,tekor atau ngedrop
Ciri dan Penyebab aki mobil soak,tekor atau ngedrop 
Penyebab Aki Mobil Tekor ,Soak atau Drop.
Pernahkah anda mengalami aki mobil tekor,soak atau ngedrop? Aki atau Battery pada mobil merupakan perangkat vital karena aki merupakan penyuplai utama kelistrikan di mobil kita. Jika aki sudah tekor atau soak maka semua komponen yang berhubungan dengan listrik menjadi tidak berfungsi atau mati. Seperti remot,lampu lampu, jam, wiper, sein elektrik,dan komponen lainya. Dan yang pasti mobil anda menjadi tidak bisa di hidupkan dengan anak kunci (starter).

Bahkan jika aki sudah terlalu parah kondisinya, dalam keadaan mobil masih hidup pun bisa langsung mati dengan tiba - tiba. Karena hal tersebut pernah saya alami.

Sedang macet-macetan dijalan sambil menikmati lagu dari video di head unit dan kondisi mobil hidup,tiba tiba saja mobil langsung mati total. Setelah dicek ternyata akinya sudah tekor atau soak

Pernah juga saya mengalami aki tekor ketika di rest area,padahal mobil baru saja dipakai jalan dan istirahat sebentar di rest area untuk shalat. Namun ketika hendak melanjutkan perjalanan tiba tiba saja mobil tidak bisa dibuka dengan remot. 

Saya buka paksa dengan anak kunci, alarm juga tidak berbunyi. Sudah bisa dipastikan bahwa aki mobil saya soak. Akhirnya harus memberhentikan mobil satu satu untuk meminta bantuan jumper.

Setelah dijumper mobil baru bisa hidup lagi dan bisa melanjutkan perjalanan sampai kerumah.

Adakah ciri ciri atau pertanda aki akan tekor atau soak?
Menurut pengalaman saya,tidak diketahui secara jelas ciri ciri khusus aki akan drop atau tekor. Beberapa hal yang saya alami adalah :

Ketika sedang menghidupkan mobil , ketika anak kunci diputar ke posisi on maka mobil tidak langsung hidup atau bunyi cekek cekekek lebih lama dari biasanya. Seperti ada jeda dengan mesin hidup alias tidak langsung jreng.

Jika anda memasang volt meter di mobil, maka akan ketahuan jika aki akan drop yaitu angka volt meter menunjukkan angka dibawah 12V.

Kenapa bisa tekor atau soak? Berikut beberapa diantara penyebabnya :
Tanda dan Penyebab aki mobil soak,tekor atau drop
Tanda dan Penyebab aki mobil soak,tekor atau drop
1.Ketinggian elektrolit aki atau volume air aki berada dibawah level low. Idealnya, untuk volume air aki berada pada level yang cukup yaitu rentang batas low dan high.

2.Kondisi terminal atau kutub aki kotor atau berkerak. Biasanya ada kerak berwarna silver atau putih, baik pada terminal positif atau kutub negatif.

3.Penjepit atau klem aki pada salah satu terminal atau keduanya (Kutub plus dan kutub minus ) tidak kencang atau longgar.

4.Ada salah satu kelistrikan yang hidup terlalu lama,misalnya lampu indikator dasboard, lampu kabin, lampu kabut atau lampu utama dalam beberapa jam dan mesin mobil dalam keadaan mati.

5.Akibat sering menghidupkan audio/video (tape/radio/video) dalam kondisi mesin mobil mati. Karena untuk perangkat audio membutuhkan strum yang lumayan besar. Jika mesin mobil mati, maka aki tidak terisi strum dari alternator sehingga output tidak seimbang dengan input sehingga mengakibatkan aki tekor. 

6.Mobil yang jarang dipakai atau jarang dihidupkan terlalu lama sehingga cadangan pada battery /accu/aki habis karena tidak terisi.

7.Pemasangan aksesoris tambahan yang terpasang dimobil yang membutuhkan setrum besar seperti audio atau lampu lampu tambahan seperti lampu LED dan lainya.

8.Adanya kerusakan pada dinamo starter, karena dinamo starter berfungsi untuk menyalurkan strum ke aki dan aki hanya sebagai cadangan. Jika salah satu komponen didalamnya bermasalah, maka aki tidak akan terisi strum. Kerusakan pada dinamo starter ini biasanya pada area alternator.

9.Terjadi kerusakan pada sel- sel aki
10.Usia pemakaian aki yang sudah lama 
11. Kapasitas aki yang terlalu kecil namun ada penambahan aksesoris tambahan seperti power audio 
12.Kualitas aki yang tidak bagus

Itu tadi beberapa penyebab aki mobil tekor soak atau drop. 

Kemudian langkah apa yang harus dilakukan agar mobil bisa hidup kembali ?
Ketika terjadi tekor aki atau soak di tengah perjalanan.berikut beberapa tips sementara atau darurat yang harus dilakukan agar mobil bisa hidup :

1.Menjumper aki.

Jumper aki mobil anda menggunakan aki dari kendaraan lain supaya aki terisi strum kembali dan mobil bisa dihidupkan. Untuk menjumper aki soak,bisa dijumper dengan mobil lain atau bisa juga dijumper dengan motor.

2.Mendorong mobil.
Mendorong mobil karena aki soak,tekor atau drop
Mendorong mobil karena aki soak,tekor atau drop

Mendorong mobil ini dilakukan jikalau memang kondisi sudah mendesak karena tidak adanya jumper dari kendaraan lain. 
Namun, mendorong mobil supaya hidup ini hanya bisa dilakukan pada mobil bertransmisi manual saja dan tidak bisa dilakukan di mobil bertransmisi otomatis / matic.

Jadi jika mobil matic anda akinya tekor di jalan,solusinya hanya dengan cara di jumper atau diderek. Atau dengan mengganti aki dengan yang baru.

Demikian beberapa ciri,penyebab dan cara mengatasi (solusi) sementara masalah aki tekor,soak atau ngedrop pada mobil. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "12 Penyebab Aki Mobil Tekor ,Soak atau Drop dan Solusinya"