Nafas Bayi Bunyi Grok Grok Dan Ngos Ngosan,Jangan Panik.Begini Solusinya

Nafas bayi bunyi grok grok dan ngos ngosan

Topdewe.com - Mengatasi Nafas Bayi Bunyi Grok Grok Dan Ngos Ngosan
Kebahagiaan suatu pasangan akan bertambah dengan lahirnya sang buah hati mereka,namun karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan terkadang membuat para orang tua dan terlebih ibu menjadi panik berlebih. 

Misalnya saja seperti nafas bunyi nafas pada bayi yang ngos ngosan dan ada bunyi grok-grok pada bayi dengan usia 1,2,3bulan.


Banyak yang bilang kalau bunyi nafas grok grok atau ngos ngosan disebabkan karena dokter
dirumah sakit saat persalinan kurang bersih dalam menyedot atau menghilangkan lendirnya,ada yang bilang juga kalau bayi meminum air ketuban dan tidak dikeluarkan dengan bersih.

Sebagai orang tua,kita memang perlu waspada terhadap kondisi si kecil yang baru lahir.Namun jangan emosional dan panik berlebih. Tetap berpikir jernih dan gunakan akal yang rasional dan logika sehat.


Lalu apa penyebab nafas bayi ngos ngosan dan bunyi grok grok?

Umumnya,pada anak bayi sehat,bunyi nafas yang grok grok tersebut terjadi karena produksi lendir yang meningkat pada saluran pernafasan . 

Peningkatan tersebut bisa disebabkan oleh debu atau benda asing yang masuk ke saluran pernafasan seperti melalu hidung dan bisa juga karena infeksi virus.

Suara nafas grok grok pada bayi usia  1 atau 2 bulan yang keras bisa juga disebabkan karena saluran pernafasan pada anak atau bayi yang masih kecil sehingga suaranya terdengar jelas.

Namun seiring bertambahnya usia pada bayi tersebut,suaara nafas bayi yang grok grok akan hilang dengan senidirnya karena saluran pernafasan semakin membesar.

Hal tersebut adalah normal dialami oleh manusia baik yang sudah dewaasa ataupun anak anak.Perbedaanya terletak pada cara mengeluarkanya.


Orang dewasa bisa mengeluarkan lendir tersebut dengan batuk atau bersin Sedangkan pada anak anak 
agak sulit mengeluarkanya karena reflek mengeluarkan lendir yang belum baik.

Adanya lendir pada saluran pernafasan bayi tersebut adalah kondisi yang normal selama itu tidak mengganggu aktivitas bayi.

Selama anak bayi masih semangat minum susu,tidak muntah,berat badan normal,lendir tidak berwarna (bening) dan tidak berbau artinya nafas seperti itu masih dalam kondisi normal.

Lendir tersebut sebenarnya berguna untuk membersihkan saluran pernafasan serta mengangkal infeksi kuman dan virus dari dalam tubuh bayi tersebut.Jika lendir sekresi berada di rongga hidung,anda bisa menyedotnya menggunakan pipet khusus yang tersedia di apotik.


Hindarilah menyedot menggunakan mulut, karena ada kemungkinan orang tua sedang tidak sehat sehingga bakteri bisa saja menular kepada anak bayi melalui air ludah.


Solusi mengobati atau mengatasi bunyi grok grok pada nafas bayi adalah sebagai berikut:

Hirup Uap Air Panas
mengatasi Nafas bayi bunyi grok grok
Terapi dengan uap air panas ini bisa membantu mengencerkan lendir pada saluran pernafasan.
Caranya Cukup rebus air hingga mendidih,lalu pindahkan air mendidih tersebut ke wadah kemudian hirup uap airnya. Gunakan handuk dikepala agar uap air mengumpul diseputaran muka.

Atau tengkurapkan anak diatas wadah yang berisi air tersebut,untuk anak jangan terlalu dekat supaya tidak kepanasan dan jangan terlalu lama durasinya.

Lakukan beberapa kali.Boleh juga dikasih beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon.

Berjemur di Pagi Hari

mengatasi Nafas bayi bunyi grok grok

Bayi yang baru lahir sangat dianjurkan untuk berjemur di pagi hari sampai ukul 08.30 dan cukup 10-30 menit saja untuk menghindari Bayi agar bayitidak kuning. 
Ketika berjemur,posisikan bayi dengan tengkurep supaya lendir bisa menetes keluar perlahan.

Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi dari Badan

Posisi Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan ini membuat nafas lebih ringan dan dapat membantu lendir bergerak keluar.

Kasih ASI Sesering mungkin

ASI itu ibarat obat mujarab terbaik bagi bayi, selain menjadi obat juga bisa menjadi benteng daya tahan tubuh bayi.

Bayi normal harus dikasih ASI setiap 2 jam sekali dan bahkan jika kondisi bayi sedang tidurpun harus kita bangunkan. Ketika kondisi tidak biasa seperti ini berikan asi semaunya bayi dan tidak harus 2 jam sekali.


Demikian tips solusi mengatasi bunyi nafas bayi yang ngos ngosan dan bunyi grok grok. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Nafas Bayi Bunyi Grok Grok Dan Ngos Ngosan,Jangan Panik.Begini Solusinya"