Trending Tagar StopVietnamIlegalFishing Setelah Kapal Vietnam Menabrak KRI

Hari ini tagar "StopVietnamIlegalFishing" menjadi trending topik ketiga ditwitter.

Tagar yang awalnya dibuat oleh account twitter @partaisocmed ini diangkat karena melihat ramainya tagar anti indonesia di Vietnam. Tagar ini untuk merespon tindakan anti sosial di sosial media Vietnam dan menunjukkan rasa Nasionalis dan Patriotis terhadap negara indonesia.
Tagar stop vietnam ilegal fishing
Tagar #StopVietnamIlegalFishing
Setelah viral video kapal vietnam menabrakkan diri ke kapal TNI AL yang sedang melakukan patroli di laut Natuna yang menangkap sebuah kapal berbendera Vietnam KIAV BD 979 karena melakukan ilegal fishing.

Namun dua kapal yang diidentifikasi sebagai dinas perikanan Vietnam yang KN 264 dan KN 231 mendekati kapal TNI AL Indonesia untuk menghalangi proses penangkapan dan bahkan beberapa kali menabraknya hingga mengalami kerusakan pada bagian bakat.

Meski diteror oleh dua kapal Vietnam, KRI TPD TNI AL tetap membawa kapal asing tersebut ke Lanal Ranai tanpa menghiraukan manuver dua kapal dinas perikanan Vietnam yang terus melakukan manuver berbahaya.

Dan diluar dugaan,ternyata kapal vietnam KN 264 melakukan aksi nekat dengan menabrak KRI TPD TNI AL dari sisi lambung sebalah kiri. Sedangkan kapal vietnam lainya KN 231 menabrak KIAV BD 979 hingga bocor dan tenggelam.
.
Melihat situasi KRI yang mungkin bisa terseret oleh kapal KIAV BD 979 karena tenggelam akhirnya komandan kapal KRI perintahkan untuk memotong seluruh tali yang menghubungkan KRI TPD dengan KIAV BD 979.

Tidak lama kemudian kedua kapal dinas perikanan Vietnam tersebut akhirnya pergi menjauh dan sejumlah 15 Anak buah kapal (ABK) KIAV BD 979 berhasil diamankan dan diinterogasi.
Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti mengatakan akan "Menenggelamkan" 51 kapal pencari ikan gelap (ilegal fishing) yang masuk ke Indonesia,dan sebagian besar dari Vietnam.

Mengomentari insiden kapal pencari ikan ilegal Vietnam di Laut Natuna, Susi mengatakan Kementerian Luar Negeri telah memanggil duta besar Vietnam untuk Indonesia terkait insiden yang terjadi pada Sabtu 27 April 2019.


"Kemlu telah memanggil Dubes Vietnam. Tgl 4 kita akan melakukan Penenggelaman 51 Kapal KIA terbanyak dari Vietnam!" kata menteri Susi melalui cuitannya menanggapi pertanyaan dari mantan Menteri Kehutanan Malam Sambat Kaban terkait kejadian yang menyangkut KRI Tjiptadi-381.

Post a Comment for "Trending Tagar StopVietnamIlegalFishing Setelah Kapal Vietnam Menabrak KRI"