Jangan Asal Ganti Velg Mobil Dengan Ring Lebih Besar? Ini Efeknya

Tips naik velg ke size lebih besar
Jangan asal mengganti velg yang lebih besar
Kalau bicara modifikasi mobil serasa tidak ada ujungnya dan tidak ada habisnya. Uang di dompet serasa kurang aja jika mengikuti modifikasi roda empat ini. Hanya kita sendiri yang bisa mengerem sampai tahap apa modifikasi dilakukan dan kapan berhentinya.

Memodifikasi mobil memang membuat tampilan mobil lebih keren dan lebih ganteng. Memodifikasi mobil agar terlihat lebih keren dan elegant ternyata tidak harus mengeluarkan budget yang mahal. Cukup beberapa bagian saja yang kita rubah maka tampilan mobil sudah lebih manis. 

Salah satu contoh modifikasi ringan adalah penggantian velg dari standart ke velg after market atau velg replika atau bisa juga memakai velg dari merk mobil lain dengan PCD yang sama dengan mobil kita.

Agar terlihat lebih keren,para pemilik mobil biasanya mengganti ukuran velg standart menjadi lebih besar atau diatasnya antara 1" sampai 3" . Misalnya, ukuran velg standarnya Rim 15" diganti dengan velg Rim 17"
Baca juga : Cara pasang DRL Mobil tanpa Relay 

Namun pergantian Velg mobil ke Ring Lebih besar ini tentunya ada kelebihan dan kekuranganya. Kelebihan yang jelas langsung terlihat adalah mobil menjadi lebih keren. Lalu apa kekuranganya?

Ada beberapa kekurangan dalam penggantian velg mobil ke ukuran yang lebih besar,berikut diantaranya :
- Mengeluarkan uang tambahan
Ini Jelas karena harga velg dengan size lebih besar umumnya lebih mahal dari velg standart. Selain membeli velg,anda pun harus mengganti ban nya juga

-Kenyamanan ban berkurang
Ketebalan ban tentunya akan berpengaruh terhadap kenyamanan,terutama untuk suspensi. Semakin tipis ban maka benturan akan semakin terasa bagi penumpangnya.

-Harus Lebih hati hati
Velg replika biasanya tidak sekuat velg bawaan mobil. Untuk itu anda harus lebih hati hati dalam berkendara,terutama jika melewati jalan keriting dan berlobang.
Kurang hati hati,bisa bisa velg anda akan cacat dan rusak terkena lubang dan tidak bisa dipakai lagi

-Stir menjadi lebih berat dan bergetar di kecepatan tinggi
-Mobil menjadi bergetar dikecepatan tinggi
-BBM Lebih boros
-Stir menjadi narik kekiri atau ke kanan

Ini yang harus diperhatikan ketika mengganti velg dengan size lebih besar
1. Perhatikan kualitas velg agar awet dan tahan benturan
2.Sesuaikan ukuran ban dengan ukuran velg agar kenyamanan tidak jauh berkurang. Rekomendasi pergantian velg adalah 2" diatasnya.

3.Perhatikan juga offset velg,karena ini juga menentukan berapa ban yang mau dipakai. Salah perhitungan bisa menyebabkan ban termakan oleh fender. 

3.Setelah pergantian velg dan ban,segera balancing dan spooring
4.Gunakan center Ring.

Kenapa harus mengunakan center ring?
Center ring berguna agar tumpuan velg dan ban tetap pada axle/as roda dan bukan pada baut roda. Umumnya pada velg replika mempunya diameter center hole yang lebih besar.Maka dari itu diperlukan center ring sebagai tambahan untuk dipasang di center hub pada tromol as roda.

Konsultasikan ke bengkel bubut atau penjual velg untuk mengukur atau menambah center ring ini. Karena biasanya cener ring ini tidak universal alias tiap velg berbeda beda.
Center ring untuk velg replika
Center ring untuk velg lebih besar
Apa efek yang ditimbulkan jika tidak memakai Center Ring?
-Pada kecepatan tinggi mobil terasa bergetar
-Baut roda bisa patah karena menjadi tumpuan velg
-Baut Roda menjadi melintir,sehingga ketika di spooring menjadi susah untuk kembali ke nol 
-Stir akan narik ke kiri atau ke kanan
-Ban menjadi tidak rata atau tipis sebelah. Bisa sebelah dalam atau sebelah luar

Demikian sedikit sharing tentang penggantian velg ke ukuran lebih besar. Memodifikasi mobil,selain mobil menjadi keren,sebaiknya safety tetap harus diperhatikan demi keselamatan pengemudi dan penumpang serta pengguna jalan lain. 
Semoga bermanfaat,Jika ada opini lain silahkan masukkan di komentar

Post a Comment for "Jangan Asal Ganti Velg Mobil Dengan Ring Lebih Besar? Ini Efeknya"