Cara Setel Sensitif Alarm Mobil Xenia Avanza

Cara setting sensitif alarm mobil
Cara setting sensitif alarm mobil
Tingkat kepekaan atau sensitifitas alarm antara mobil satu dengan yang lainya terkadang tidak sama.Cara kerja alarm ini biasanya dengan sensor getar. Jadi ketika mobil terkena sebuah benturan atau sesuatu yang menimbulkan getaran dengan kekuatan tertentu,alarm mobil otomatis akan berbunyi.

Alarm ini juga sebagai notifikasi atau penanda buat pemiliknya jika terjadi hal atau suatu yang menimpa mobilnya, misalnya mobil terkena benturan benda keras,tertabrak atau misal mobil dibobol maling dengan menghancurkan kaca dan lain-lain.Semakin sensitif settingan alarmnya maka semakin sering pula mobil berbunyi jika disekitar mobil terkena getaran.

Seiring berjalanya mobil dipakai,biasanya setelan sensitifitas alarm ini akan berubah,bisa lebih peka atau sebaliknya,karena buton untuk setelanya mungkin kendor atau aus.Seperti mobil xenia saya ini, yang sudah sekitar sebulan ini selalu bunyi alarmnya jika ada getaran kecil seperti ada motor dengan knalpot racing lewat,disenggol anak-anak ketika bermain dan benturan-benturan kecil lainya.

Awalnya saya pikir karena masalah door switchnya yang rusak, namun setelah saya cek ternyata door switchnya masih bagus semua. Akhirnya sudah bisa saya pastikan bahwa setelan sensitif alarm xenia saya sudah berubah dan menjadi lebih sensitif.

Menjadi lebih sensitif ini menurut saya terlalu risih karena sebentar-sebentar saya harus cek mobil dan pencet button lock remot agar alarm mati. Kelemahanya lagi adalah, jika tiba-tiba alarm mobil bunyi tetapi kita tidak tahu atau sedang berada jauh dari mobil,maka bisa mengakibatkan aki mobil menjadi tekor atau soak.

Nah dibawah akan saya berikan langkah cara setting sensitif alarm mobil sebagai panduan jika mobil anda mengalami hal yang sama.
Posisi setelan alarm ini adanya di bawah dasboard kemudi, atau tepatnya diatas pedal kopling jika mobil manual transmisi. Jadi kita harus membongkar trim atau cover dan sedikit ngolong dibawah stir untuk menyetelnya.
Cara setting sensitifitas alarm xenia avanza
Cara setting sensitifitas alarm xenia avanza
Pertama buka trim atau cover yang ada dibawah stirnya. Cover ini terikat dengan 2 buah pin lock disebelah kiri pedal dan 2 buah baut plus kanan kiri diatas pedal.
Cara setting sensitifitas alarm xenia avanza
Cara setting sensitifitas alarm xenia avanza
Buka pintu sopir kemudian lepaskan dahulu baut yang ada dikanan kirinya dengan obeng plus,selanjutnya lepaskan pin pengunci di sisi kirinya. Caranya dengan menekan pin bulatnya yang ada ditengah dengan obeng, setelah pin keluar barulah kita cabut keseluruhan pinya. Kemudin tekan lock yang ada di tengah cover untuk melepaskanya

Selanjutnya adalah tahap penyetelan alarmnya.
Berikutnya carilah button bulat seperti potensio berwarna hitam yang diatasnya ada tanda seperti level volume plus (+) dan minus(-). Setelah ketemu,silahkan putar potensio tersebut sesuai kondisi yang diinginkan.
Cara setel sensitif alarm mobil xenia avanza
Cara setel sensitif alarm mobil xenia avanza
Misalnya alarm kurang sensitif maka putarlah potensio kearah kanan atau ke tanda plus dan jika ingin mengurangi kepekaan silahkan putar ke kiri. Mengaturnya cukup dengan tangan saja.

Jika kurang jelas bisa lihat video tutorial dibawah ini:

Lakukan pengetesan dengan menyenggol atau menendang roda atau dengan sesuatu yang menimbulkan getaran. Jika sudah sesuai yang diinginkan,selanjutnya pasang kembali covernya, dan setting sensitifitas alarm sudah selesai.
Demikian tips cara stel sensitifitas alarm mobil xenia atau avanza,semog bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Setel Sensitif Alarm Mobil Xenia Avanza"