Beli MicroSD, Baca Kodenya Dulu Biar Ga Salah Memilih

Sering kita mendengar pertanyaan ini muncul dari teman atau orang yang hendak membeli kartu memori MicroSD, entah untuk HP, Kamera, atau perangkat yang lain.
Pertanyaan yang sering muncul biasanya : beli memori yang mana ya?
Cara membaca memori dan microSD
Cara membaca memori dan microSD

Arti dari kalimat yang mana ini, umumnya mencakup beberapa hal seperti pemilihan kelas performa, jenis kartu microSD, merk microSD, besaran kapasitas dan lain sebagainya.

SDCard 
Kartu memori SD merupakan singkatan dari Secure Digital dan pertama kali format kartu memori ini diusung oleh SanDisk, Panasonic, dan Toshiba. 
Standar ini kemudian digunakan secara luas dibandingkan dengan kartu memori jenis lain.

Tidak sedikit yang kesulitan menentukan kartu memori mana yang seharusnya dibeli untuk memori perangkat mereka. 

Semakin kencang performanya tentu saja akan semakin baik ketika dipakai. Namun, kartu memori dengan kinerja bagus dan cepat, berbanding lurus dengan harganya yang mahal.

SDCard 
Supaya anda tidak salah membeli, ada baiknya kita mempelajari arti dari simbol-simbol yang ada pada sebuah kartu microSD. 
Selain itu juga supaya ga dicap gaptek juga oleh teman-teman kita.

SDHC
Memori SDHC adalah singkatan dari Secure Digital High Capacity. Standar ini muncul pada saat kebutuhan akan kapasitas memori meningkat. 
Standar ini mendukung sampai 32 GB (giga byte) dan File System yang digunakan pada kartu memori SDHC dan microSDHC adalah FAT 32.
Cara baca memori dan microSD
MicroSD SDHC Extrem Sandisk
SDXC
Berkembangnya zaman, ternyata untuk kapasitas 32 GB saat ini sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan banyak orang. 

Maka dari itu, SD Association pun meningkatkan spesifikasi kartu memori mereka hingga lahirlah Secure Digital eXtended Capacity atau disingkat SDXC ini pada tahun 2009 lalu.

Kartu memori SDXC ini akan mempunyai kapasitas memori hingga 2 TB (tera bite). Sampai saat tulisan ini dibuat, sebuah kartu SD baru mempunyai kapasitas 1 TB dan microSD baru sampai 512 GB sedangkan untuk file system yang digunakan adalah exFAT

Standar yang satu ini juga menetapkan bahwa untuk 30MB/s merupakan batasan terendah dalam melakukan transfer data.
Cara baca memori dan microSD
MicroSDXC Sandisk

SDUC
SDUC adalah singkatan dari Secure Digital Ultra CapacityStandar ini pertama kali dikeluarkan pada pertengahan tahun 2018 untuk menyambung standar SDXC saat kapasitasnya sudah tercapai.

SDUC ini nantinya bakal memiliki kapasitas penyimpanan hingga 128 TB. Dan kecepatannya pun bakal meningkat juga sampai sepuluh kali lipat dibandingkan dengan SDXC.

Class (C)
Jika anda perhatikan pada sebuah kartu SD, pasti akan terlihat seperti logo bulat dengan sebuah angka di dalamnya. Tulisan tersebut adalah logo dari Class sebuah kartu SD. 

Angka yang tertulis didalam lingkaran itu merupakan lambang dari kecepatan tulis (write) minimal dari kartu tersebut. 
Misalnya SD Class 10 yang artinya penggunanya dapat menulis file besar dengan kecepatan 10 MB/s.

UHS (U)
UHS adalah singkatan dari Ultra High Speed.Berbeda dengan Class yang memakai angka,maka UHS ini biasanya ditandai dengan lambang angka Romawi I, II, atau III. 
Selain angka romawi, kelas ini juga ditandai dengan huruf U dan angka di dalamnya seperti U1 dan U3.

Lambang U ini seringkali dikatakan sebagai pengganti dari lambang class. 
Secara spesifikasipun, kecepatan Class 10 dan U1 sama-sama harus memiliki kecepatan tulis data minimal 10 MB/s dan untuk U3, kecepatan tulis datanya minimal 30 MB/s.

Video Class (V)
Jika anda melihat lambang V pada sebuah SDCard,itu menandakan seberapa cepat sebuah kartu untuk menulis data video.
Data video adalah aliran data besar tanpa henti, sehingga penulisannya pun akan dilakukan terus menerus tanpa henti. Jika kecepatan terhambat maka hasil video bisa jadi akan terputus - putus atau bisa jadi lompat-lompat.
Cara membaca memori dan microSD
MiceoSDXC V30 Sandisk
Lambang V pada SDcard biasanya ditandai oleh angka transfer dengan satuan MB/s. 
Untuk sekarang ini, SDCard dan microSD yang ada dipasaran sudah memiliki standar V6 yang berarti bahwa kecepatan tulisnya minimal 6 MB/s, V10 (10 MB/s), V30 (30 MB/s), V60 (60 MB/s), dan V90 (90 MB/s).

Application Class (A1)
Standar baru kelas ini pertama kali diperkenalkan oleh SanDisk yang merupakan jawaban atas lambannya penggunaan microSD sebagai penyimpanan internal di perangkat Android. 

Sehingga MicroSD dengan standar A dapat menjalankan aplikasi dengan lebih cepat.

Untuk standar A1 memiliki IOPS atau Input Output per Second minimal 1500 kali baca dan 500 kali penulisan per detik. 

Dan untuk standar baru A2 minimal IOPS-nya adalah 4000 kali baca dan 2000 kali penulisan per detik. 
Sedangkan untuk kecepatan tulisnya, sebuah kartu minimum harus mempunyai 10 MB/s.

Demikian artikel tentang arti simbol pada sebuah kartu memori SD, semoga bisa menambah wawasan sebelum memutuskan untuk membeli kartu memori untuk perangkat anda.

Post a Comment for "Beli MicroSD, Baca Kodenya Dulu Biar Ga Salah Memilih"