Password,PIN,atau Fingerprint,Mana Yang Paling Aman Untuk HP kamu?

Password, PIN, atau Fingerprint. Mana yang paling aman? 
Sistem keamanan pada smartphone android saat ini sudah semakin canggih dan ada banyak macamnya. Diantaranya adalah dengan password, PIN, pola, fingerprint, atau facelock.
Perbandingan fitur keamanan pada smartphone
Perbandingan fitur keamanan pada smartphone
Banyaknya data yang kita simpan di smartphone dan untuk menjaganya agar tetap aman dan privat, setiap smartphone dilengkapi berbagai fitur sistem keamanan mulai dari password, PIN, pola, fingertprint, dan facelock. 

Dari banyaknya sistem keamanan yang bisa kita gunakan tersebut,mana yang paling aman untuk kita pakai?
Pada artikel kali ini, saya akan mengulas perbandingan keamanan diantara password, PIN, pola, fingerprint, atau facelock.

Perbandingan Keamanan Password, PIN, Pola, Fingerprint, dan Facelock
Setiap sistem tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pengguna smartphone juga bisa berhak memilih fitur mana yang paling nyaman untuk mereka. Semua tergantung pada kebutuhan dan juga gadget yang digunakanya. 
Untuk mengetahui sistem keamanan mana yang paling aman, simak ulasanya berikut :

Password (kata sandi)
Fitur kemanan password (kata sandi)
Fitur kemanan password (kata sandi)

Password pada umumnya terdiri dari kombinasi antara huruf dan angka. Setiap pengguna smartphone diperbolehkan membuat berbagai kombinasi untuk membuat password semakin aman. Kombinasi huruf dan angka yang rumit menjadi pilihan terbaik untuk mengunci smartphone agar tetap aman.

Sistem Keamanan Password
Kelebihan type password (kata sandi) ini ,semakin rumit dan semakin sulit passwordnya, maka keamananya semakin tinggi.
Namun hal ini menjadi Ribet dan lama kalau harus menulis password yang sulit tiap kali akan membuka HP
Namun type password ini cocok untuk kamu yang membutuhkan sistem keamanan tertinggi.

Bagi tipe orang yang membuka smartphonenya hampir setiap menit, password ini dirasa cukup ribet atau kurang nyaman untuk dipakai.
Tapi password menjadi sistem keamanan terbaik untuk mengunci smartphone kita tetap aman. Password yang sulit dan rumit,tidak mudah dibuka oleh orang lain dan menjaga data kita aman.

Password merupakan kunci penting untuk menjaga keamanan data digital kita,sebaiknya menghindari menggunakan password yang mainstream karena mudah diretas

Kode PIN
Sistem keamanan kode pin
Sistem keamanan kode pin 

PIN pada smartphone biasanya terdiri mulai dari 4 digit,namun ada smartphone yang memungkinkan untuk menggunakan PIN sampai 16 digit. 16 digit PIN ini setara dengan kuadriliun kombinasi.

Sistem Keamanan PIN
Dibandingkan dengan password,sistem Pin ini lebih sederhana, namun PIN yang rumit membuat kita sulit menghafal. 
Sistem kemaanan ini cocok untuk backup dari sistem keamanan biometrik
Semakin panjang dan rumit PIN yang digunakan,memang akan semakin aman tapi akan sulit untuk menghafalnya. Kebanyakan orang nyaman menggunakan PIN 4 digit atau 6 digit,asalkan tidak menggunakan kombinasi yang mudah ditebak seperti 1234, 0000, 1111, dan sebagainya.

Kunci Pola
fitur keamanan pola smartphone
fitur keamanan pola smartphone

Terdapat 9 titik yang bisa kita sambungkan dan dijadikan kunci untuk membuka smartphone. Kita harus menyambungkan setidaknya 4 titik untuk membuat kunci pola.
Semakin banyak titik yang disambungkan maka pola kita akan semakin kuat dan sulit untuk di hack. Dengan menggunakan kesembilan titik, maka setidaknya kita menggunakan empat ratus ribu kombinasi.

Sistem Keamanan Kunci Pola
Dalam penggunaanya,kunci pola ini juga sederhana,namun banyak orang membuat pola yang mudah ditebak sehingga mudah untuk di buka orang lain.

Sistem pola ini cocok untuk anda yang tidak mempunyai fitur fingerprint di HP nya dan tidak suka menggunakan PIN.
Sistem Pola memang nyaman karena untuk membukanya cukup dengan cara slide dan swipe, sesuatu yang alami saat menggunakan smartphone. 

Namun pastikan layar smartphone anda tidak meninggalkan bekas sidik jari, karena mudah bagi orang lain untuk mengetahui pola dari jejak itu.

Banyak orang menggunakan kunci pola untuk mengamankan smartphone android miliknya,namun ternyata banyak yang menggunakan pola yang sama. 

Fingerprint
Fitur keamanan fingerprint smartphone
Fitur keamanan fingerprint smartphone

Saat ini hampir semua smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur sensor fingerprint. Sistem fingerprint atau sidik jari ini cukup aman dan mudah untuk digunakan. Banyak orang lebih memilih sistem fingerprint sebagai keamanan utama mereka karena kemudahannya yang cukup tap, maka smartphone bisa terbuka otomatis.

Sistem Keamanan Fingerprint ini lebih cepat dan aman,namun tidak semua sensor memiliki tingkat sensitivitas yang sama danlokasi fingerprint ini terkadang ditempatkan dilokasi yang kurang nyaman seperti di belakang body HP

Sistem kemanaan ini cocok untuk sistem keamanan utama di smartphone. Akan tetapi, jika kamu memiliki smartphone dengan sensitivitas sensor yang kurang, sebaiknya kamu juga menyiapkan sistem keamanan cadangan seperti password,pola atau pin.

Sejumlah masalah pun masih kerap muncul di beberpa smartphone, terkadang masih kurang responsif,dan bahkan tidak bisa digunakan. 

Facelock
sistem kemanan facelock
sistem kemanan facelock

Fitur keamanan yang mulai dikenalkan sejak 2011 ini memang sangat nyaman digunakan, karena kamu bisa membuka smartphone hanya dengan menatapnya saja. 

Sayangnya fitur facelock ini baru ada di smartphone flagship,dan meski di klaim sangat aman, tetapi sistem ini juga masih bisa di hack.

Salah satu kekurangan dari sistem keamanan Facelock ini adalah sensornya masih bisa 'ditipu' dengan beberapa cara

Facelok ini cocok untuk semua kebutuhan, terkecuali untuk urusan perbankan atau pembayaran.
Seperti sistem facelock Galaxy S9 dan OnePlus 5T yang menggunakan sensor gambar 2D bisa tertipu saat penggunanya menggunakan kacamata atau berada di lokasi yang kurang cahaya.

Fitur facelock memang masih baru dan perlu banyak perbaikan dan sebaiknya untuk sementara jangan dijadikan sistem ini untuk aplikasi perbankan atau pembayaran lainya.

Pada akhirnya semuanya kembali kepada kenyamaan setiap orang sebagai pengguna dan tentunya smartphone yang dimiliki. Apapun sistem kemanan yang anda gunakan, sebaiknya buatlah serumit mungkin agar orang lain susah untuk membukanya sehingga data di smartphone anda semakin aman.

Demikian perbandingan dari beberpa fitur kemanan pada smartphone,semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Password,PIN,atau Fingerprint,Mana Yang Paling Aman Untuk HP kamu?"