Bahaya Ganti Bohlamp Dengan Watt Lebih Besar

Pemilik mobil terkadang dipusingkan dengan masalah sinar lampu headlamp yang meredup karena faktor usia headlamp atau bohlamp lampu utamanya.
Lampu utama mobil kurang terang
Sinar headlamp mobil
Berkurang terangnya sinar ini bisa disebabkan karena beberapa faktor diantaranya karena mika headlamp yang sudah menguning atau kusam 

Mika headlamp yang menguning atau kusam ini bisa disebabkan karena beberapa  faktor seperti sering terkena panas atau karena memang sudah usia.

Kurangnya cahaya dari headlamp tentunya akan mengganggu penglihatan driver ketika menyetir pada malam hari atau jalanan gelap. Dan bisa menimbulkan bahaya jika pandangan terganggu

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini misalnya:
-Mengganti lampu dengan led yang ada cut off nya seperti projie
-Mengganti mika lampu dengan yang baru
-Atau membersihkan mika lampu yang menguning

Namun, beberapa orang ada yang mengganti kapasitas bohlamp headlampnya dengan watt yang lebih besar dengan harapan sinarnya akan lebih terang.

Secara teori memang benar, dengan watt besar maka akan mendapatkan cahaya yang lebih terang.

Bahkan yang lebih parah adalah mengganti bohlamp standart dengan led biasa yang sinarnya menyebar tidak jelas ke segala arah.

Lampu begini bisa menyilaukan pengendara lawan arah serta membahayakan. Sebaiknya hindari mengganti led biasa tanpa cut off.

Tapi tahukan anda bahayanya mengganti bohlamp lampu mobil dengan watt yang lebih besar dari standart yang direkomendasikan?

Salah satu penyebab mobil terbakar adalah konsleting.
Konsleting bisa disebabkan beberapa faktor.

Dan mengganti lampu dengan watt yang lebih besar ini salah satu faktor penyebabnya.
Penyebab mobil terbakar
Penyebab mobil terbakar
Dari hal yang mungkin sepele ini ternyata bisa mengakibatkan mobil kita terbakar habis.

Kenapa?

Yang biasa terjadi adalah karena watt lampu yang terlalu besar dari standartnya ini bisa mengakibatkan dudukan lampu menjadi panas hingga meleleh.

Belum lagi kabel yang tidak sanggup menahan daya sehingga mengelupas lalu menimbulkan percikan dan mengenai kabel yang lainya hingga menimbulkan sumber api.

Untuk itu, jangan asal mengganti watt lampu yang terlalu besar.

Jika terpaksa harus ganti sebaiknya gunakan safety tambahan seperti relay atau fuse atau konsultasikan ke bengkel mobil profesional

Post a Comment for "Bahaya Ganti Bohlamp Dengan Watt Lebih Besar"