Bahaya Virus Idle Buddy. Begini Cara Menghapus Virus Idlle Buddy Dari Komputer

cara menghapus virus idle buddy dari komputer
cara menghapus virus idle buddy dari komputer
Pertama kali komputer saya terdeteksi oleh virus idle buddy ini setelah sebelumnya anak saya memakai komputer dan mungkin klik link entah dari mana yang kemudian idle buddy ini sudah ada di komputer saya.
Ciri awalnya adalah komputer saya sangat lambat sekali ketika digunakan

Apa itu Idle Buddy?
Idle Buddy adalah program malware yang berusaha menggunakan memori komputer kamu untuk penambangan cryptocurrency. 

Jika Idle Buddy ada di komputer kamu, itu akan menghabiskan kapasitas RAM, CPU, dan GPU untuk menambang Bitcoin, Dask, Monero, dan cryptocurrency lainnya.

Tujuan utama Idle Buddy adalah menghasilkan uang bagi pembuatnya dengan menciptakan jaringan mesin besar yang semuanya menambang jenis cryptocurrency tertentu yang masuk ke orang-orang di belakang Trojan. 

Sekali lagi, tidak mungkin bahwa aktivitas ini akan secara langsung membahayakan sistem kamu tetapi faktanya adalah bahwa ada aplikasi malware yang diinstal di komputer dan itu melakukan sesuatu yang belum diizinkan.

Folder tempat Idle Buddy berada biasanya ditemukan adalah 
C: \ Program Files atau 
C: \ Program Files (x86)

Untuk itulah mengapa penghapusan adalah satu-satunya tindakan yang layak. 

Biasanya, pengguna pada awalnya tidak mengetahui tentang keberadaan Idle Buddy di komputer mereka karena virus ini.

Tidak seperti banyak virus lainnya, tidak berusaha menyebabkan kerusakan langsung pada sistem atau melakukan hal lain yang akan langsung menarik perhatian korban. 

Tujuan dari Trojan ini adalah untuk beroperasi secara diam-diam di komputer dan menghasilkan mata uang kripto tanpa peringatan bendera merah. 

Dalam banyak kasus, hal yang membuat kebanyakan orang menyadari bahwa mereka memiliki Buddy Trojan yang menganggur di dalam sistem mereka adalah perlambatan kinerja komputer yang disebabkan oleh penggunaan memori CPU, RAM, dan GPU yang berlebihan. 

Satu hal yang perlu diperhatikan tentang Idle Buddy, bagaimanapun, adalah biasanya itu akan menggunakan memori komputer kamu hanya ketika mesin tidak digunakan (saat masih menyala). 

Secara teori, ini berarti malware bisa saja ada di PC kamu selama berbulan-bulan dan kamu tidak akan mengetahuinya kecuali kamu melihat prosesnya berjalan di tab proses di Task Manager. 

Namun, ada kemungkinan Buddy yang menganggur mencoba menambang cryptocurrency bahkan ketika PC kamu sedang digunakan, sehingga menyebabkan perlambatan dan masalah kinerja yang dapat menarik perhatian kamu ke keberadaan malware di sistem.

Perlu juga dicatat bahwa beberapa pengguna segera mengetahui keberadaan Idle Buddy, segera setelah diinstal. 

Dalam kasus tersebut, pengguna mungkin berpikir bahwa Idle Buddy akan menambang cryptocurrency untuk mereka dan mereka bisa mendapatkan keuntungan darinya. 

Sebenarnya, bagaimanapun, adalah bahwa ada sedikit atau tidak ada manfaat yang bisa didapat dari aplikasi ini.

Cryptocurrency apa pun yang dibuatnya masuk ke penciptanya dan bahkan jika ada hadiah untuk pengguna (aplikasi Trojan menjanjikan hadiah kepada pengguna).

Itu pasti akan tidak ada gunanya menyimpan malware ini di komputer dan membiarkannya menggunakan memorinya sementara juga, berpotensi, memaparkannya ke ancaman malware tambahan .

Idle Buddy tidak akan mencopot pemasangan
Jika Idle Buddy tidak dapat menghapus penginstalan di komputer kamu saat kamu mencoba menghapusnya dari komputer, ini berarti malware telah membuat beberapa perubahan dalam sistem yang mencegah penghapusannya. 

Untuk mencopot pemasangan Idle Buddy, kamu harus menghapus perubahan tersebut terlebih dahulu.

Salah satu masalah utama yang dialami pengguna setelah mereka mengetahui Idle Buddy adalah di sistem mereka yang berhasil menghapus malware. 

Menghapus instalannya dari wizard pencopotan Installnya (jika ada dalam kasus kamu) atau dari Kontrol Panel mungkin tidak selalu berfungsi karena aplikasi malware seperti itu cenderung memperkenalkan berbagai perubahan ke berbagai bagian sistem agar tetap aktif di komputer lebih lama.Dan membuat penghapusannya sesulit mungkin bagi pengguna. 

Membuat perubahan seperti itu dalam sistem adalah perilaku yang umum untuk perangkat lunak dan malware yang tidak diinginkan dan satu alasan tambahan mengapa kamu harus melakukan yang terbaik untuk menghilangkan Idle Buddy secepatnya.

Disini akan saya berikan panduan langkah-langkah penghapusan rinci yang akan membantu kamu membersihkan PC kamu dari Idle Buddy Trojan. 

Namun, akan lebih baik jika kamu sudah memiliki pengalaman dalam memecahkan masalah virus perangkat lunak jika kamu ingin melanjutkan ke langkah penghapusan manual. 

Virus Idle Buddy
Virus Idle Buddy adalah bagian dari aplikasi Idle Buddy yang beroperasi tanpa seizinmu dan menguras memori PC kamu untuk kepentingan pembuatnya. 

Virus Idle Buddy tidak boleh dihapus secepatnya untuk memulihkan keamanan sistem kamu dan menghindari kerusakan.

Selain mengeksploitasi memori PC , virus ini dapat memiliki efek merugikan lainnya pada sistem jika dibiarkan tetap di dalamnya. 

Meskipun kami menyebutkan bahwa Idle Buddy tidak seharusnya merusak komputer , komputer dapat menyebabkan kerusakan dengan cara lain. 

Kehadirannya di sistem dapat menyebabkan penginstalan malware lain di komputer tanpa sepengetahuanmu. 

Misalnya, Idle Buddy mungkin mendapatkan pembajak browser atau ekstensi adware yang ditambahkan ke browser , itulah sebabnya kami juga menambahkan petunjuk tentang cara membersihkan browser kamu 

Selain itu, Idle Buddy dapat mengumpulkan data pribadi tentang kamu dari PC kamu dan mengirimkannya ke peretas dan tidak ada yang tahu bagaimana peretas dapat menggunakan data yang telah mereka kumpulkan. 

Fakta bahwa Idle Buddy mampu menjalankan tugas dan membuat perubahan di PC yang tidak kamu izinkan sudah cukup menjadi alasan untuk ingin menghapus ancaman ini meskipun kami mengabaikan fakta bahwa itu juga terus-menerus mengeksploitasi memori sistem.

Sekali lagi, kecil kemungkinan aktivitas ini akan secara langsung membahayakan sistem kamu, tetapi faktanya adalah ada aplikasi malware yang diinstal di komputer dan melakukan sesuatu yang belum diizinkan, itulah sebabnya penghapusannya adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan.  

Berbicara tentang penghapusan, sekarang saatnya untuk menunjukkan panduan terperinci kami tentang cara menghapus Idle Buddy dan kami sarankan kamu mengikutinya jika saat ini kamu memiliki Trojan ini di sistem kamu.

Cara Menghapus Idle Buddy
Untuk menghapus Idle Buddy, kamu dapat mencoba menemukannya dan menghapusnya dari Control Panel dengan cara berikut:

Pilih ikon Control Panel dari Start Menu.
Klik pada tombol Uninstall a Program dari jendela Control Panel.
Temukan Idle Buddy dalam daftar program yang muncul di layar kamu dan pilih.
Pilih Copot pemasangan dari bagian atas jendela dan ikuti petunjuk penghapusan instalan.
Jika uninstaller bertanya apakah kamu ingin menyimpan pengaturan yang dipersonalisasi, pilih Tidak.

Jika kamu beruntung, Idle Buddy akan dihapus dan kamu tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencoba menyingkirkannya. 

Jika kamu tidak diizinkan untuk mencopot pemasangannya, tidak dapat menemukan entri dalam daftar Copot Pemasangan Program, atau masih melihat gejala perangkat lunak perusak, ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Sebelum kamu mulai, kami sarankan kamu membookmark halaman ini agar lebih mudah nanti karena beberapa langkah selanjutnya mengharuskan kamu memulai ulang komputer atau browser. 

Kamu juga dapat membuka halaman di ponsel kamu sehingga kamu dapat melihat petunjuk dari perangkat lain sambil menyelesaikannya di PC kamu.

Langkah 1
Untuk langkah pertama ini, kamu harus masuk ke Safe Mode di komputer kamu untuk mencegah malware mengganggu pencopotan pemasangannya. 

Ikuti tautan yang kami sediakan untuk membuka panduan di mana kamu dapat mempelajari cara mengakses Mode Aman.

Langkah 2
PERINGATAN! BACA DENGAN TELITI SEBELUM MEMULAI!

Buka Task Manager kamu (Ctrl + Shift + Esc) dan buka Proses - di sana, kamu harus menemukan proses Idle Buddy. 

Jika kamu tidak melihat proses dengan nama itu, cari proses lain yang memiliki nama yang tidak biasa dan atau asing.

Bendera merah besar yang seharusnya memberi tahu kamu bahwa proses tertentu mungkin berasal dari malware adalah jika proses tersebut menggunakan banyak RAM dan CPU seperti yang ditunjukkan di Task Manager.

malware-start-taskbar

Jika kamu menemukan proses Idle Buddy atau proses mencurigakan lainnya, klik kanan dan pilih Buka Lokasi File.

Gunakan pemindai online berikutnya untuk menguji file di folder lokasi file untuk malware:

Pemindai ini gratis 

Jika sebuah file terdeteksi sebagai file berbahaya, kemungkinan itu berarti prosesnya juga berbahaya, jadi klik kanan file itu lagi, dan pilih End Process Tree.

Hapus semua file di folder Lokasi File, lalu folder itu sendiri. Jika satu atau lebih file tidak dapat dihapus, hapus sisanya dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah kamu menyelesaikan semua langkah dari panduan ini, kamu harus ingat untuk kembali ke folder Lokasi File dan menghapusnya di samping file yang tersisa di dalamnya jika kamu tidak dapat menghapus folder itu sebelumnya.

Langkah 3
Bagaimana cara menghapus Idle Buddy?
Untuk menghapus Idle Buddy, kamu harus menjalankan wizard penghapusan instalannya dan mengikuti petunjuknya.

Tekan tombol Windows dan tombol R dari keyboard kamu.
Ketik appwiz.cpl di kotak Run dan tekan Enter.

Temukan entri untuk Idle Buddy, pilih, dan klik Uninstall.

Ikuti langkah-langkah di layar dan pastikan kamu mengatur uninstaller untuk menghapus semuanya (termasuk pengaturan yang dipersonalisasi).

Restart PC kamu setelah proses uninstall selesai.

Meskipun Idle Buddy tidak terhapus setelah pertama kali kamu mencoba mencopot pemasangannya dari Panel Kontrol, penting untuk mencobanya lagi setelah kamu berada dalam Mode Aman dan telah menghapus file di lokasi file proses.

Langkah 4
Buka kembali jendela Run, ketik mscongif dan tekan tombol Enter.
Buka bagian Startup dan cari item mencurigakan di dalamnya atau yang bernama Idle Buddy.

Hapus tkamu centang dari semua item yang kamu anggap mencurigakan dan klik Terapkan.

Jika ada item startup yang pabrikannya terdaftar sebagai tidak diketahui, hapus centang mereka juga kecuali kamu tahu mereka dari program terpercaya.

Terakhir, klik OK untuk mengonfirmasi perubahan dan untuk keluar dari jendela Konfigurasi Sistem.

Langkah 5
kamu harus mencampuri file sistem dan register di langkah selanjutnya. Berhati-hatilah, karena kamu dapat merusak sistem kamu jika kamu menghapus file yang salah. 

Tempel baris berikut di bawah Start Menu dan buka file pertama yang muncul di hasil: notepad% windir% / system32 / Drivers / etc / hosts.

Jika ada alamat IP aneh, aturan, atau baris teks lain yang ditulis tepat di bawah LocalHost di notepad yang terbuka ("Hosts"), salin baris teks tersebut dan letakkan di bawah di komentar.

Setelah kami memeriksa teks tersebut, kami akan memberi tahu kamu apakah itu berasal dari virus dan dalam kasus ini, kamu harus menghapus teks itu dari file Host kamu.

Setelah kamu menghapus IP berbahaya dari Host, tekan Ctrl + S untuk menerapkan dan menyimpan perubahan lalu keluar dari file.

Selanjutnya, ketik Network Connections di Start Menu kamu dan tekan tombol Enter.

Dengan tombol kanan mouse pilih jaringan yang sedang digunakan dan pergi ke Properties.

Di jendela Properties, dari daftar item, pilih Internet Protocol Version 4 (ICP / IP) dan klik Properties.

Periksa Dapatkan alamat server DNS secara otomatis jika saat ini tidak dicentang dan kemudian pergi ke Lanjutan.

Buka tab DNS di Advanced dan, jika ada item dalam daftar server, pilih satu per satu dan klik Hapus untuk menghapusnya.

DNS
Selesaikan langkah ini dengan mengklik OK di semua jendela yang saat ini terbuka di layar kamu.

Langkah 6
Jika Idle Buddy telah membuat perubahan apa pun di browser kamu atau telah menginstal di dalamnya pembajak browser atau ekstensi adware, maka kamu harus membersihkan browser yang terpengaruh. Berikut adalah cara melakukannya untuk browser Google Chrome, Firefox, dan IE.

Buka ikon browser utama dan klik kanan.

browser-pembajak-taskbar-properti

Pilih Properties dan pergi ke tab Shortcut.

Petunjuk Penghapusan Pembajak Peramban

Klik di kolom Target dan hapus semua yang tertulis di dalamnya setelah ".exe".

Klik OK dan ulangi langkah-langkah ini untuk semua browser lain yang diinstal pada PC kamu.

Langkah selanjutnya adalah khusus browser, jadi terapkan ke browser yang bersangkutan jika kamu memiliki browser itu di komputer kamu.

Hapus Idle Buddy dari Internet Explorer:
Buka IE dan pilih tombol roda gigi kecil yaitu GEAR di pojok kanan atas.

Buka Kelola Add-on dan lihat berbagai lampiran yang dimiliki browser.

Jika ada lampiran di sana yang tampaknya tidak diinginkan atau terkait dengan Idle Buddy, hapus lampiran tersebut.

Selanjutnya, dari menu ikon roda gigi IE GEAR, pilih Opsi Internet.

Jika alamat berkamu browser saat ini telah diberlakukan oleh Idle Buddy dan itu bukan alamat berkamu yang kamu inginkan, ubah ke alamat yang kamu inginkan untuk dijadikan berkamu browser kamu.

Klik Apply, keluar dari browser, dan mulai lagi untuk melihat apakah masalah telah teratasi.

Hapus Idle Buddy dari Firefox:
Jalankan Mozilla Firefox, pilih menu mozilla tiga garis paralel di kanan atas, dan buka Pengaya.

Hapus pengaya Firefox yang tidak diinginkan atau tidak dikenal serta pengaya yang kamu tidak ingat pernah memasangnya sendiri.

Dari menu tiga baris menu mozilla, masuk ke Opsi, ketik hapus di bilah pencarian di halaman opsi, dan klik Hapus Data.

Pastikan kedua kotak centang tersebut dicentang dan klik Hapus.

Hapus Idle Buddy dari Chrome:
Di browser Chrome, klik pada tiga titik di bawah tombol keluar dan buka Alat Lainnya> Add-on.

Di halaman Add-on, temukan dan hapus add-on yang tidak diinginkan, tidak dibutuhkan, atau asing.

Jika add-on menolak untuk dihapus, pertama-tama klik tombol sakelar di bawahnya untuk menonaktifkan add-on itu dan kemudian dengan cepat pilih Hapus lagi untuk menghapus add-on.

Tutup browser dan buka folder berikut di komputer kamu: C: \ Users \ * Folder nama pengguna * \ AppData \ Local \ Google \ Chrome \ Data Pengguna.

Ubah nama Folder menjadi Cadangan Default

Di lokasi tersebut, temukan folder bernama Default dan ganti namanya menjadi Backup Default.

Keluar dari semuanya, mulai ulang PC kamu, buka Chrome dan periksa untuk melihat apakah masalah telah diselesaikan.

Langkah 7
Buka Run untuk ketiga kalinya selama panduan ini dan ketik regedit.

kamu akan diminta untuk mengizinkan program berikutnya membuat perubahan dalam sistem, jadi klik Ya (kamu harus masuk dengan profil Admin).

Tekan Ctrl + F di Editor Registri dan ketik Idle Buddy.

Klik pada tombol Find Next dan tunggu pencarian untuk menemukan item pertama dengan nama itu.

Jika item dengan nama Idle Buddy ditemukan, pilih item itu, tekan Del, dan klik Yes.

Ulangi langkah 4 dan 5 hingga Registri dibersihkan dan tidak ada lagi item dengan nama malware.

Dari panel kiri Editor Registri, navigasikan ke direktori berikut:

HKEY_CURRENT_USER / Software / Direktori Acak.

HKEY_CURRENT_USER / Software / Microsoft / Windows / CurrentVersion / Run / Random

HKEY_CURRENT_USER / Perangkat Lunak / Microsoft / Internet Explorer / Utama / Acak

Di direktori tersebut, cari folder yang tampak aneh yang memiliki nama yang menonjol dari yang lain - nama yang terdiri dari string panjang huruf dan / atau angka acak - jika kamu menemukan folder seperti itu, hapus folder tersebut.

Setelah langkah terakhir ini selesai, ingatlah untuk pergi ke lokasi file dari Langkah 2 dan hapus folder tersebut beserta semua file yang mungkin tertinggal di dalamnya.

Demikian langkah cara menghapus virus idle buddy dari PC atau komputer,semoga bermaanfaat

Post a Comment for "Bahaya Virus Idle Buddy. Begini Cara Menghapus Virus Idlle Buddy Dari Komputer "