Jamur Kepala Tinea Capitis,Penyebab,Gejala Dan Cara Mengobatinya

Topdewe.com - Tinea capitis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur pada bagian kulit kepala.
Penyakit ini banyak diderita oleh anak anak balita sampai usia sekolah.
Penyakit tinea capitis ini juga menular dan tanda pada umumnya dari penyakit ini adalah adanya kerontokan pada rambut yang disertai seperti ketombe atau borok.
Cara mengobati jamur kepala tinea capitis
Tinea Capitis (Jamur di kulit kepala)

Gejala tinea capitis ini bervariasi pada tiap penderitanya,namun secara umum cirinya adalah kulit kepala yang terkena tinea capitis akan terasa sangat gatal,kulit kepala ada kebotakan bulat dan disertai ketombe namun banyak,kulit di area tersebut bersisik,berwarna merah dan terkadang bengkak.

Pada sisi kepala yang mengalami kebotakan tersebut terdapat bintik bintik hitam bekas rambut yang patah dan pada tinea capitis yang sudah parah terkadang disertai dengan kulit kepala yang mengeluarkan nanah.


Jika penyakit tinea kapitis ini tidak segera ditangani,kerontokan dan kebotakan rambut akan semakin membesar dan meluas ke bagian kepala yang lain.


Penyebab tinea capitis ini disebabkan oleh jamur dermatofit yang menyerang lapisan luar kulit kepala dan batang rambut. 

Seseorang juga beresiko terkena penyakit tinea capitis ini jika tersentuh dengan hewan hewan seperti kucing,anjing,domba,kuda,sapi,babi. 

Karena hewan hewan tersebut membawa penyakit ini.Ada yang bilang juga bahwa penyebab dari munculnya jamur di kulit kepala ini karena sewaktu keramas dengan shampoo,membilasnya tidak bersih.


Anak saya yang pertama pernah mengalami penyakit tinea capitis ini dan berlangsung selama kurang lebih 3bulan,Kenapa lama sekali sembuhnya ? Karena anak saya kurang teratur dalam pengobatanya,baik obat luar maupun yang harus diminum.


Pengobatan tinea capitis

Pengobatan tinea capitis ini basanya akan diberikan obat berupa salep untuk obat luar diarea kulit yang botak tadi,obat untuk diminum sebagai pengurang rasa gatal dan demam serta shampoo untuk menghilangkan jamur yang mirip ketombe.

Shampo untuk mengobati jamur di kulit kepala seperti ketombe yang diresepkan oleh dokter ini biasanya mengandung selenium sulfide (minimal 2,5 persen) dan ketoconazole dan bisa dibeli diapotik,namun untuk salep dan obat minum ini ramuan dari dokter.


Shampoo obat jamur kulit kepala tinea capitis
Shampoo obat jamur kulit kepala tinea capitis
Ada beberapa teman saya juga yang anaknya mengalami jamur dikepala ini dan pengobatanya cukup hanya dengan berganti shampoo setelah berganti shampoo ternyata dalam satu bulan penyakitnya sudah hilang.

Penggunaan shampoo khusus ketombe ini tidak seperti pada pemakaian shampoo pada umumnya,cara pakainya adalah dengan membasahi rambut,kemudian oleskan shampoo anti ketombe tadi sampai merata dan tunggu sampai minimal 5 menit.


Setelah lebih dari 5 menit barulah dibilas menggunakan air sampai bersih.Pemakainya pun dengan interval dua hari sekali dan tidak boleh setiap hari.


Agar tinea capitis atau jamur pada kulit kepala ini segera sembuh maka pemakaian shampoo dan salep haruslah teratur.

Demikian penyebab,gejala,pengobatan dan pencegahan jamur kulit kepala atau tinea capitis. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Jamur Kepala Tinea Capitis,Penyebab,Gejala Dan Cara Mengobatinya"