Jenis Visa Dan Negara Yang Membebaskan Visa Bagi Wisatawan Indonesia

Topdewe.com - Jenis Visa Dan Negara Yang Membebaskan Visa Bagi Wisatawan Indonesia.

Apa itu visa? Visa adalah dokumen penting yang harus dimiliki ketika seseorang hendak bepergian ke luar negeri.Visa adalah bukti bahwa anda sudah memiliki izin tertulis dari suatu negara yang akan anda kunjungi dan menjalankan aktifitas sesuai dengan keperluan apa yang tercantum pada visa. 
Jenis Jenis Visa Yang perlu diketahui
Jenis Jenis Visa Yang perlu diketahui sebelum keluar negeri
Selain paspor,membuat visa sangat penting sebelum anda pergi ke luar negeri.Proses pembuatan visa ini bisa menjadi satu hal yang menyita waktu jika anda tidak mengetahui caranya. 

Untuk warga Indonesia yang akan berkunjung keluar negeri, visa harus diajukan ke kedutaan besar negara yang bersangkutan yang ada di Indonesia paling lambar beberapa minggu sebelum keberangkatan.

Anda harus mendapatkan visa dari negara yang akan dituju sebagai bukti bahwa diizinkan memasuki negara tersebut. Untuk membuat visa silahkan baca cara dan syarat membuat visa ke luar negeri

Visa ini dibagi dalam beberapa jenis sesuai keperluan anda,berikut jenis visa yang harus anda ketahui

Jenis Jenis Visa
Jika disederhanakan maka hanya ada dua jenis visa yang berlaku yaitu visa diplomatik dan visa kunjungan.Untuk visa kunjungan ini diklasifikasikan dari banyak jenis visa. Rinciannya adalah sebagai berikut:

Relatives permits - Visa kunjungan sementara untuk kunjungan keluarga 
Waktu kunjungan yang diizinkan umumnya adalah 3bulan atau  90 hari. Salah satu syarat penting adalah adanya undangan dari keluarga anda yang ada di negara tujuan. 

Dan disertai pernyataan bahwa keluarga anda akan bertanggung jawab selama anda tinggal di negara tersebut.

Tourist Visa-Visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata 
Tourist visa mungkin menjadi salah satu visa yang paling terkenal dan paling banyak diajukan oleh warga negara asing. 

Jika anda hendak liburan ke luar negeri di luar negara yang membebaskan visa untuk paspor asal Indonesia, pastikan anda telah memiliki visa wisata dari negara yang akan dituju. 

Business Visa - Visa kunjungan sementara untuk tujuan bisnis 
Dengan mempunyai business visa ini anda akan mendapatkan kemudahan saat berkunjung ke negara tujuan. 

Contoh visa kunjungan sementara untuk bisnis antara lain untuk keperluan seminar bisnis, mengunjungi pameran atau perjanjian kerjasama dengan suatu perusahaan yang ada diluar negeri.

Work Visa - Visa Kerja
Bagi anda yang akan bekerja ke luar negeri,maka anda harus mempunyai visa kerja ini sebelum berangkat ke negara tujuan. 

Pemegangnya visa kerja ini boleh bekerja menjadi karyawan di suatu perusahaan di negara tujuan.
Visa kerja ini juga banyak macamnya diantaranya yaitu untuk kerja sementara, Semi-permanent atau permanent. 

Visa kerja ini bisa ditingkatkan statusnya menjadi permanent resident (PR) dan  ijin tinggal mengingat jangka waktu pekerjaan yang bisa sampai bertahun-tahun.

Visa Transit
Visa ini berlaku pada saat anda transit atau singgah sementara di sebuah negara sebelum mencapai negara tujuan. 

Visa transit ini ada dua jenis yang harus anda ketahui yaitu Airport transit visa atau visa transit ini hanya berlaku  pada area bandar udara atau Transit Visa atau visa ini berlaku di seluruh negara atau kota tempat kamu transit . 

Jika hanya di area bandara maka anda tidak boleh meninggalkan bandara walaupun sebentar dan juga tidak boleh menginap di luar bandara saat menunggu penerbangan berikutnya.

Study permits - Visa Belajar
Study permits yaitu jenis Visa yang hanya bisa digunakan untuk ijin belajar di sekolah atau universitas di negara tujuan.

Jenis visa ini cenderung lebih mudah untuk didapatkan dengan memenuhi syarat yang berlaku di instansi yang dituju.
Biasanya visa belajar ini berlaku selama masa study masih berjalan, termasuk pada periode saat libur sekolah.

Exchange permits - Visa Pertukaran Pelajar 
Visa inilah yang anda butuhkan jika anda mengikuti program pertukaran pelajar antar sekolah atau kampus. 

Visa ini hanya berlaku beberapa bulan selama program masih berlangsung dan pembuatannya juga cenderung mudah, karena biasanya sudah dibantu oleh instasi terkait program pertukaran ini.

Visa On Arrival
Visa On Arrival bisa dibuat saat anda masuk ke dalam wilayah suatu negara.Entah itu melalui bandara, pelabuhan laut ataupun perbatasan darat saat anda memasuki perbatasan negara.

Visa On Arrival ini bisa didapatkan apabila kedua negara memiliki hubungan diplomatik yang baik  atau ada kerjasama, sehingga proses pembuatan visa dipermudah. 

Visa Diplomatik
Sesuai namanya visa Diplomatik ini ditujukan untuk para diplomat yang bekerja dalam jangka waktu tertentu di suatu instansi perwakilan suatu negera, atau hanya visa kunjungan diplomatik sementara seperti misalnya saat kunjungan dinas atau kunjungan kerja. 
Proses pembuatan visa ini dibilang sangat mudah karena memakai jalur khusus antar negara.

Exit Visa
Visa jenis ini berlaku bagi seseorang warga negara asing yang harus keluar dari suatu negara karena misalnya habis dipenjara atau ditahan. Atau seorang warga negara yang mau meninggalkan negaranya sendiri menuju ke negara baru. 

Pada umumnya keluarnya visa exit ini dibarengi dengan larangan masuk kembali ke negara dimana visa tersebut dikeluarkan. Orang dengan visa ini tandanya orang yang sedang menghadapi masalah antar negara.

Corporate permits - Visa Khusus Pegawai Internasional 
Visa Corporate permits ini diberikan untuk mereka yang bekerja di badan internasional atau diberikan jika anda dianggap sangat berprestasi sehingga ditempatkan oleh satu perusahaan internasional sebagai wakil perusahaan di negara tertentu.

Business Permits - Visa Khusus Bisnis 
Visa jenis ini berarti anda akan tinggal lama di negara tujuan karena sifatnya bukan untuk kunjungan sementara.Sebagai contoh, anda ingin membangun pabrik dan perusahaan di negara tujuan.

Anda akan memerlukan persiapan yang matang dan lama sehingga anda diberikan visa khusus bisnis agar anda leluasa melakukan persiapan dan pengembangan bisnis.

Pada banyak kasus, jenis visa ini ditingkatkan statusnya menjadi ijin tinggal sementara lalu menjadi ijin permanen.

Prosedur pembuatan visa di setiap negara tidaklah sama,namun pada umumnya dokumen yang dibutuhkan dalam proses membuat visa hampir sama saja di tiap negara.

Negara Bebas Visa untuk WNI
Para wisatawan harus memastikan terlebih dahulu apakah negara yang akan dikunjungi memberlakukan visa on arrival atau tidak. 

Jika memberlakukan visa on arrival untuk kunjungan wisata, maka anda cukup mengantri dan mendapatkan visa on arrival tersebut di gate kedatangan di bandara negara tujuan.

Beberapa negara yang menerapkan visa jenis ini umumnya adalah negara tetangga seperti malaysia,Singapura,Thailand, Brunei, dan Hongkong.

Makanya jangan heran jika banyak wisatawan asal Indonesia datang ke negeri jiran tersebut karena tidak perlu ribet mengurus visa kunjungan.

Dibawah ini adalah rincian negara yang memberikan visa on arrival kepada warga Indonesia ketika di bandara berdasarkan data dari situs easytravel.co.id:
Negara bebas visa bagi turis asal WNI
Negara bebas visa bagi turis asal WNI
Demikian jenis visa yang perlu anda ketahui sebelum membuat visa

Post a Comment for "Jenis Visa Dan Negara Yang Membebaskan Visa Bagi Wisatawan Indonesia"