Tips Liburan Ke Wisata Kota Tua Jakarta

Siapa yang tidak tahu tempat wisata kota tua di kawasan jakarta ini,mayoritas orang yang tinggal di jabodetabek pasti tahu. Seperti namanya,kota tua adalah daerah wisata dengan bangunan bangunan tua dari zaman belanda yang masih dipelihara hingga kini.Terdapat banyak tempat wisata di kawasan kota tua ini yang cocok untuk dijadikan liburan akhir pekan bersama keluarga atau orang terdekat.
Tips wisata ke kota tua jakarta
Liburan ke wisata kota tua jakarta
Pada artikel ini saya akan berbagi sedikit pengalaman selama kunjungan ke wisata kota tua ini yang mungkin bisa anda jadikan pertimbangan atau rujukan sebelum anda memutuskan utuk berlibur ke tempat wisata di jakarta ini.

Untuk menuju kesana anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kereta.Bisa juga dengan taksi atau dengan kendaraan pribadi.

Saya memutuskan untuk memakai mobil pribadi karena ada adek bayi yang baru berumur 8bulan supaya tidak ribet jika mau membuat susu,mengganti pempers atau bayi nangis pingin tidur.

Kami berangkat kesana pada hari libur nasional tapi tidak pada libur weekend karena dengan pertimbangan kalau weekend sudah pasti tempat ini akan penuh banget dengan pengunjung sehingga kurang leluasa dalam menjelajahi wisatanya.

Pada hari libur nasional ditengah minggu (hari rabu ) inipun ternyata pengunjung yang datang juga banyak sekali. Dari rombongan anak sekolah,rombongan komunitas dan pengunjung lain.

Bagi anda yang membawa mobil pribadi,jangan asal parkir sembarangan karena bisa bisa ketika anda selesai wisata mobil tidak ada karena didederek petugas dan harus membayar mahal untuk mengambilnya.

Carilah tempat parkir resmi agar aman dan tenang.Tempat parkir resmi biasanya memakai sitem elektronik dan bukan pakai tiket manual. Saya memarkir mobil ditempat parkir samping kali besar dengan tarif parkir untuk 1jam adalah 5ribu.

Untuk membayar parkir ditempat ini anda harus mempunyai E-toll atau E-money dan tidak bisa dibayar dengan uang cash.

Perjalanan dari cikarang ke kota tua jakarta kurang lebih 2 jam dengan kecepatan 60-80km/h melalui tol cibitung dan keluar di tol angke sampai ke tempat parkir kota tua.

Berikut beberapa tips dari saya buat anda yang berencana akan liburan ke wisata kota tua jakarta :
Tips berlibur ke tempat wisata kota tua jakarta
Wisata kota tua jakarta
Peta lokasi
Sebaiknya anda memahami peta lokasi supaya waktunya bisa lebih efisien.Anda bisa browsing di internet atau meminta pada petugas di bagian informasi wisata kota tua

Kamera
Perangkat yang satu ini rasanya wajib jika kita akan wisata ke kota tua untuk mengabadikan momen momen indah sewaktu disana.Karena sebagian besar tujuan wisata dikota tua adalah untuk berfoto

Makanan dan minuman
Bawalah makanan dan minuman seperlunya saja supaya tidak ribet ketika diwisata nanti. Paling penting adalah minuman supaya anda tidak dehidrasi akibat cuaca panas.

Jika anda membaya bayi,jangan lupa perlengkapan susu cadangan,thermos kecil untuk air panas serta pempers.
Harga makanan kaki lima di kota tua hampir sama untuk semua jenis.Misalnya ketoprak,baksoo,sosis,nasi goreng adalah 20ribu. Untuk harga makanan cafe kemungkinan 2 atau 3x lipatnya.

Berfoto
Tempat paling banyak pengunjung adalah di taman monumen fatahillah. Karena disini terdapat banyak spot poto dari mulai cosplay pahlawan hingga sepeda pink
Untuk berfoto dengan para cosplay ini biasanya kita membayar seiklasnya. Tapi saya perhatikan isi di kotak minimal pecahan 5ribuan.
Tips Liburan ke wisata kota tua jakarta
Liburan ke wisata kota tua jakarta
Pereda panas
Payung,kipas,kacamata hitam sebaiknya anda bawa juga untuk sedikit meredam panasnya cuaca kota tua. Anda juga bisa membeli diarea wisata dengan harga minimal 25 ribu untuk sebuah kipas kecil.

Jika diperlukan anda bisa juga memakai tabir surya atau sunblock dan sebaiknya hindari menggunakan pakaian hitam karena bisa menyerap panas.

Keliling kota tua
Dikawasan kota tua ini terdapat beberapa monumen serta area wisata lainya yang sayang kita lewatkan jika sudah berada di kota tua. Beberapa tempat wisata kota tua yang perlu anda kunjungi diantaranya :
  1. Toko Merah
  2. Museum Fatahillah
  3. Taman Fatahillah
  4. Cafe Batavia
  5. Rumah Akar
  6. Stasiun Kereta Kota tua
  7. Jembatan kota intan
  8. Museum Wayang
  9. Museum Bank Indonesia
  10. Museum Bank Mandiri
  11. Museum Seni rupa dan keramik
  12. Museum Bahari
  13. Photo 3Dimensi
  14. Pelabuhan sunda kelapa
  15. Petak sembilan pecinan glodok
  16. Pasar asemkaoto 3Dimensi
Demikian tips dari saya untuk anda yang berencana liburan dengan keluarga ke wisata kota tua jakarta. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Tips Liburan Ke Wisata Kota Tua Jakarta"