Cara Upload Video (footage) Di Shutterstock Dengan FTP transfer

Selain bisa menjual gambar (image atau Vector),Shutterstock juga bisa digunakan untuk menjual hasil video kita secara online. Jika anda seorang videography atau hobby dengan dunia video, tidak ada salahnya anda mencoba menjual karya anda ke shutterstock. 
Cara Upload video ke shuterstock dengan FTP
Cara Upload video ke shuterstock dengan FTP
Jika video yang anda upload didownload oleh seseorang, maka anda akan mendapatkan bayaran dalam mata uang dollar. Berapa uang yang kita dapatkan?

Harga dari setiap video yang didownload berbeda beda, secara umum di situs shutterstock ini membagi kedalam beberapa kategori.
1.Video dengan Resolusi 4K dihargai $179
2.Video dengan Resolusi HD dihargai $79
3.Video dengan Resolusi SD dihargai $65
Namun shutterstock juga mempunyai syarat dan kriteria video yang boleh diupload.

Dengan adanya kebijakan baru di tahun 2020 ini,harga tersebut diatas mungkin sudah berbeda.

Sangat fantastis bukan? Anda tertarik mencobanya? Silahkan daftar dulu ke shutterstock kemudian lanjut baca cara upload video ke shutterstock dibawah ini :
Harga video di shutterstock
Harga video di shutterstock
Karena File video umumnya berkapasitas besar,maka kita tidak bisa secara langsung menguploadnya melalui situs shutterstock. Kita harus menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu FTP Transfer.

Apa itu FTP?
FTP atau File Transfer Protocol adalah cara mudah pengiriman file atau beberapa file secara online melalui aplikasi khusus ke komputer atau server tertentu. 
Shutterstock dalam situsnya juga menyarankan menggunakan STP untuk transfer video atau footage. Ada 2 rekomendasi yang disarankan oleh shutterstok yaitu Filezilla dan Cyberduck dan dua-duanya gratis


Metode FTP ini yang sering dipilih kebanyakan kontributor shutterstock untuk mengupload ke server shutterstock, selain cara upload melalui internet browser dengan cara konvensional di https://submit.shutterstock.com

Memakai FTP ini bertujuan untuk menghemat waktu saat ingin upload footage yang  memiliki ukuran dan jumlah file yang besar. Bagi kontributor yang sudah lama menjual videonya, metode FTP ini sudah biasa dilakukan. Akan tetapi bagi seorang pemula, ini merupakan hal yang terkadang menakutkan. 

Untuk yang baru pertama kali mau upload video atau footage dengan FTP, silahkan simak tahapan caranya dibawah ini :
1.Download Aplikasi
Langkah Pertama yang dibutuhkan adalah mengunduh (download) aplikasi / program FTP dan melakukan instalasi ke komputer. 
Yang populer dan gratis adalah FileZilla FTP Client (versi Windows atau Mac) atau Cyberduck (Mac).
Saya sendiri menggunakan FileZila FTP untuk transfer ke server shutterstock

2.Install Aplikasi
Setelah download selesai, selanjutnya lakukan installasi Filezilla FTP sampai selesai. Cara installnya sama seperti kebanyakan software atau aplikasi lain.

3.Login FTP
Setelah installasi selesai,selanjutnya buka aplikasi Filezilla tadi dan akan ada tampilan seperti dibawah ini.
Cara upload footage ke shutterstock dengan FTP
Cara upload footage ke shutterstock dengan FTP

Pada aplikasi FTP tersebut terdapat kolom Host / Server,Username,Password,Port dan kotak kosong disamping setiap menunya.

Untuk bisa log in anda harus mengisi kotak kosong tersebut.
Untuk kolom “Host” atau “Server”,masukkan alamat server FTP shutterstock yaitu: ftp.shutterstock.com

Untuk kolom“username” dan “password”,masukkan username account kontributor shutterstok anda. Jika belum punya silahkan daftar dulu. Begitu juga dengan password, yaitu password account kontributor.
Untuk kolom Port dikosongin saja. Selanjutnya klik Quickconnect disebelah kanan untuk Login

4.Upload
Setelah anda terhubung dengan server shutterstock, maka akan terlihat direktori atau folder kosong pada FTP server shutterstock yang ada disebelah kanan dan biasanya ada sub folder “release”sebagai tanda sudah connect.
Cara Upload video ke shuterstock dengan FTP Filezilla
Cara Upload video ke shuterstock dengan FTP Filezilla
Selanjutnya anda bisa memilih file video,foto, atau vektor di folder komputer anda (sebelah kiri ) dan menyalinnya (copy) ke FTP server disebelah kanan dengan cara menyeret (drag and drop) atau klik tombol starts untuk mentransfer nya.

Proses ini akan berjalan beberapa menit tergantung dari ukuran file serta kecepatan internet yang anda gunakan.

Setelah proses upload selesai, selanjutnya anda bisa memutuskan sambungan server lalu keluar dari aplikasi/program Filezilla tersebut.
Langkah selanjutnya anda harus masuk ke submit.shutterstock.com untuk mengisi metadata video anda tadi yaitu dengan mengisi deskripsi (judul), kata kunci (keyword) , kategori dan kemudian submit.

Selanjutnya pihak kurator shutterstock akan mereview video anda apakah layak tayang atau reject. Proses upload video atau footage dengan FTP Server sudah selesai, anda tinggal menungu hasilnya dari shutterstock. 
Demikian panduan proses cara upload video atau footage ke shutterstock dengan FTP Server FileZilla

1 comment for "Cara Upload Video (footage) Di Shutterstock Dengan FTP transfer"

  1. wahhhh ini bagus sekali penjelasan nya sangat simple dan mudah di pahami. sukses terus yahhh

    ReplyDelete