Cara Merubah Data Jam Ke Format Angka Decimal Di Excel |Tutorial Excel

Kebetulan hari ini ada tugas baru dari atasan tempat saya bekerja. Tugas baru ini adalah untuk menghitung berapa jumlah total jam kerja mesin selama seminggu,sebulan dan setahun dalam aplikasi microsoft excel.

Sebelumnya saya sudah membuat data harian per item memakai format waktu yang ditampilkan dalam Jam dan Menit . Sehingga selisih waktu dari mulai bekerja dan selesai bekerja ditampilkan dalam format waktu juga.
Cara merubah format jam ke angka decimal di excel
Cara merubah format jam ke angka decimal di excel
Jadi ketika saya akan mengolah data jam kerja tersebut untuk dihitung secara keseluruhan menggunakan rumus maka hasil kalkulasi tidak bisa ditampilkan karena type datanya berbeda.

Untuk bisa dihitung menggunakan perkalian,penjumlahan atau pengurangan dengan bilangan bulat atau bilangan decimal maka harus dirubah formatnya terlebih dahulu. Jika tidak dirubah maka tidak bisa dihitung karena type datanya berbeda.

Karena datanya cukup banyak,maka akan sangat menguras tenaga dan tentunya tidak efisien waktu jika harus melakukan perhitungan secara manual satu persatu.

Diartikel ini saya akan menjelaskan rumus atau cara merubah format waktu ke format angka desimal agar bisa dilakukan penghitungan otomatis memakai rumus dan hasil yang ditampilkan berupa angka biasa,bukan waktu (jam).

Langkahnya silahkan ikuti dibawah ini: 1.Konversi data jam ke decimal
Agar bisa dilakukan perhitungan,maka kita harus mengkonversi dahulu data jamnya ke format decimal.


Dari contoh tabel saya diatas adalah saya akan menghitung selisih waktu dari cell P dan Cell O terlebih dahulu sebelum dijumlahkan selama sehari,seminggu dan sebulan. Dan angka selisih tadi akan ditampilkan di Cell Q

Langkah awalnya saya akan merubah type data (konversi) terlebih dahulu data jam tersebut dengan fungsi =INT. Apa fungsi INT ini? INT ini berfungsi untuk pembulatan angka kebawah.
Cara merubah jam ke angka di excel
Cara merubah jam ke angka di excel
Anda bisa langsung merubahnya di dalam cell Q tersebut, atau membuat bantuan di cell setelahnya. Saya menggunakan tambahan cell R untuk menghitung konversinya agar bisa dikoreksi juga hasilnya sudah benar atau salah.

Pada kolom R saya menuliskan rumus berikut : =(Q3 -INT(Q3))*24
Maka akan didapatkan hasil dari konversi waktu 01:30 menjadi 1.5
Untuk hasil dibawahnya anda tinggal copy saja rumus dari R3 tadi.

Setelah semua hasil berubah menjadi angka desimal, selanjutnya tinggal saya pilah saja sesuai tanggalnya dan mesinya dan kemudian dijumlahkan.

Demikian cara merubah atau meng konversi data waktu ke angka bulat atau desimal di microsoft excel. Semoga bermanfaat

1 comment for "Cara Merubah Data Jam Ke Format Angka Decimal Di Excel |Tutorial Excel"

  1. rumus berikut : =(Q3 -INT(Q3))*24
    Pada rumus ini, apa maksudnya dikali 24 ? Bukan kah formula (Q3 -INT(Q3)) akan menghasilkan value time saja... Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete