Cara Menghitamkan Body Motor dan Mobil Yang Kusam Dengan Mudah

Kali ini saya akan bagikan tentang cara menghitamkan body plastik dan rubber pada mobil atau motor yang kusam yang sudah saya coba dan aplikasikan di kendaraan saya dan terbukti berhasil meskipun tidak permanen. Namun menurut saya lumayan,karena bisa bertahan beberapa bulan. Ketika artikel ini saya tulis,saya sudah mencobanya beberapa bulan yang lalu dan ini adalah pengerjaan yang kedua kalinya.
Cara menghitamkan body mobil yang kusam
Cara menghitamkan body mobil yang kusam
Beberapa bagian mobil atau motor yang hitamnya cepat pudar biasanya pada beberapa bagian ini :
-List dibawah kaca mobil depan 
-Plastik sambungan spion dengan body
-Cover foglamp atau lampu kabut
-Rubber pada pintu bagasi bagian bawah
-Bilah wiper belakang
-Cover pijakan pada motor matic dan lain-lain

Permukaan plastik maupun karet yang kusam ini membuat penampilan mobil menjadi kurang sedap dipandang karena body terlihat menjadi lusuh dan belang serta terlihat seperti mobil yang kurang terawat. Memudarnya permukaan tersebut bisa disebabkan karena kendaraan sering berada di tempat panas,atau juga karena memang sudah lama.

Ada berbagai macam cara yang saya temukan diinternet maupun saran dari beberapa teman-teman saya tentang cara menghitamkan bagian plastik yang memudar ini. Mulai dari semir sepatu, air coca cola hingga yang membuat ramuan sendiri dengan mixing dari beberapa bahan pembersih atau kimia lainya. 

Saya pernah mencoba dengan memakai semir sepatu untuk menghitamkan plastik atau rubber ini. Memang hasilnya langsung terlihat menjadi lebih hitam. Namun ada kekurangan yang justru membuat mobil menjadi kotor dan saya kurang suka. Ketika melewati jalanan yang belum diaspal,debu-debu yang berterbangan menempel di area yang tadi sudah saya olesi dengan semir sehingga terlihat sangat kotor.

Debu yang menempel ini karena semir sepatu memakai bahan yang kandungan dasarnya dari minyak atau oil base . Sehingga jika area plastik yang kita oleskan bahan tadi terkena debu, maka permukaan plastik tersebut akan penuh dengan debu yang menempel.

Saya akan berbagi tips pengalaman yang saya lakukan dan terbukti bertahan lama serta debu atau kotoran tidak mudah menempel pada plastik atau karet dan tentunya bagian plastik dan rubber menjadi hitam kembali seperti baru.

Bahan yang saya gunakan memang banyak juga dipakai untuk menghitamkan, namun saya memilih dengan bahan dasar air atau waterbase untuk menghitamkan bagian plastik atau karet pada mobil xenia saya. Untuk menghitamkan plastik mobil saya memakai semir ban yang biasa dipakai untuk menghitamkan ban motor atau mobil namun dengan bahan dasar air atau waterbase
Cara menghitamkan body mobil dengan semir ban
Semir ban dengan bahan water base
Untuk mengecek apakah bahan dasar produk tadi dari waterbase atau oilbase biasanya ada pada keterangan dilabelnya. Atau bisa juga dengan memakai tangan kita. Jika waterbase, umunya ketika kita colek dengan tangan maka produk tadi tidak membekas di tangan kita. Sebaliknya dengan oilbase, biasanya akan membekas dikulit kita atau kulit terdapat noda hitam.

 
Cara pakai ramuan penghitam ban ini atau biasa kita sebut semir ban sangatlah mudah. Anda tinggal oleskan atau tuangkan saja ramuan penghitam ban yang water base tadi kedalam kain kemudian kita oleskan atau gosokkan ke area plastik mobil yang sudah memutih atau kusam. 

Gosokkan beberapa kali ke permukaan plastik tadi sampai plastik terlihat menjadi hitam. Oleskan dan gosokkan ke semua bagian plastik atau karet mobil atau motor anda yang terlihat kusam. Saya mengulanginya 3-5 kali supaya hitamnya terlihat lebih jelas.

Lalu bandingkan sebelum dan sesudah memakai semir ban waterbase ini dan lihat hasilnya. Permukaan plastik yang hitam akan bertahan cukup lama di mobil anda.

Dimobil saya sudah 1bulan lebih masih hitam walaupun terkena debu, panas ataupun dicuci.Jika permukaan plastik atau karet mulai memudar kembali,anda bisa melakukan cara diatas untuk mengembalikan hitamnya. 
Jika anda tidak suka mengulang- ulangnya lagi,anda bisa gunakan cat semprot seperti pilox atau dengan mengganti spare part yang baru.

Dari sekian banyak ramuan penghitam plastik dan karet yang sudah saya coba, menurut saya produk penghitam ban inilah yang saya rasakan hasilnya cukup bagus untuk mengatasi permukaan karet atau plastik yang memutih dan kusam. Dan saya juga cukup puas dengan hasilnya

Demikian tips tentang cara menghitamkan bagian plastik dan karet mobil yang kusam agar kembali hitam. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghitamkan Body Motor dan Mobil Yang Kusam Dengan Mudah"