Muncul Protection Warning Di Head Unit Ketika Mode Video,Ini Penyebab Dan Cara Menghilangkanya

Artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika memasang head unit mobil xenia saya dan kemudian muncul warning protection sewaktu ingin memutar video di tape mobil. Mungkin dari anda ada yang sedang mengalaminya,silahkan teruskan baca tulisan ini untuk mengetahui apa penyebab dan cara menghilangkan peringatan proteksi di mode video head unit mobil.
Penyebab dan cara menghilangkan protection warning di head unit mobil
Penyebab dan cara menghilangkan protection warning di head unit mobil
Warning protection ini sebenarnya sebagai alarm atau notifikasi keamanan untuk kita (pengemudi) agar sewaktu sedang menyetir fokusnya tidak terpecah dengan menonton video di head unit atau tape mobil yang sedang dikendarai.

Jika konsentrasi pengemudi berkurang atau terpecah maka ada potensi bisa membahayakan driver maupun orang lain yang berada disekitar kita.Sudah sering saya lihat kecelekaan disebabkan karena kurangnya konsentrasi sang driver.

Beberapa waktu yang lalu juga sempat muncul wacana aturan dari kepolisian kepada pengemudi untuk tidak menggunakan aplikasi pencari jalan atau GPS sewaktu mengemudi atau mengendari motornya. 

Bahkan saya juga sempat baca beberapa media berita kalau mengemudi sambil mendengarkan musik juga akan kena tilang. Akan tetapi sampai sekarang saya belum tahu  kelanjutan dari wacana tersebut apakah sudah dibakukan menjadi aturan atau belum. Wacana tersebut juga menimbulkan pro kontra dari pemilik kendaraan

Menurut pengalaman saya,memutar video di head unit sewaktu menyetir memang tidak terlalu banyak berguna untuk pengemudi, sejauh yang saya alami hanya suaranya saja yang akan didengarkan dan videonya hanya sesekali ditengok. Terkecuali jika traffic jalanan sedang macet atau sedang menunggu lampu hijau menyala,mungkin kita bisa melihat video yang sedang diputar.

Namun berbeda jika kita membawa penumpang seperti keluarga atau teman yang duduk disamping driver atau di bangku belakang. Video yang diputar di head unit bisa dinikmati oleh mereka, karena tidak ada aktifitas memegang kemudi dan menunggu sampai ke tujuan. Video audio bisa menghilangkan jenuh atau bosan,selain mengobrol 

Kembali ke topik bahasan tentang protection warning tadi yang kebetulan kemarin ketika ganti head unit dari single din ke double din tiba-tiba muncul peringatan atau proteksi warning tersebut ketika hendak menyetel video musik.

Semua kabel yang berhubungan sudah tersambung semua sesuai dengan marking yang ada namun ketika mau nyalain video muncul warning itu.

Denggan terpaksa akhirnya saya bongkar lagi head unitnya dan dicek lagi satu persatu. Ternyata ada satu kabel yang belum tersambung namun saya lihat tidak ada pasanganya di head unit. Di dalam kabel tersebut bertuliskan marking brake detect. Dimerk atau jenis head unit lain kemungkinan sama atau sejenis dengan marking tadi.

Setelah tanya ke teman ternyata untuk menghilangkan peringatan proteksi di head unit tersebut, kabel yang bertuliskan brake detect tadi harus disambungkan ke massa mobil atau sebagai ground. Untuk menyambungnya, kita sambungkan ke baut body mobil atau sejenisnya yang dekat dengan areanya.

Setelah kabel brakes detect tersambung ke ground mobil sekarang saya coba test dulu sebelum head unit dipasang rapi. Saya coba nyalakan mode video head unitnya, dan hasilnya notifikasi warning protektion tersebut sudah hilang dan video bisa diputar di head unit dengan normal.

Selanjutnya tinggal pasang dan rapikan lagi head unit ke dashboard dan masalah beres.
Demikian sharing tentang penyebab dan cara mengatasi munculnya protection warning di head unit ketika sedang memutar video.Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Muncul Protection Warning Di Head Unit Ketika Mode Video,Ini Penyebab Dan Cara Menghilangkanya"