Daihatsu Xenia Li 1000cc Ga Kuat Di Tanjakan?

Daihatsu xenia Li 1000cc 2011
Daihatsu xenia Li 1000cc 2011
Mobil Xenia merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh pabrik mobil astra daihatsu. Pada awal kemunculanya daihatsu memproduksi mobil xenia ini dengan dua kategori yaitu dengan mesin 1000cc dan 1300cc dengan tipe Mi,Li,Xi. TIpe Mi danLi adalah dengan kapasitas mesin 1000cc sedangkan Xi dengan 1300cc. Setelah melihat respon konsumen, kini daihatsu juga memproduksi mobil xenia dengan kapasitas mesin 1500cc namun dengan quantity terbatas.

Pada awal diluncurkanya, xenia yang masuk kategori MPV ini diklaim sangat cocok untuk mobil keluarga dengan harga yang murah,konsumsi bahan bakarnya nya yang irit serta dengan sistem penggerak belakang yang cocok digunakan disegala medan termasuk untuk tanjakan curam atau pegunungan.

Namun tidak serta merta semua orang percaya dengan gimmick dari marketing daihatsu tersebut. Banyak alasan dan argumen yang dikemukakan konsumen tentang keunggulan mobil xenia tersebut,salah satunya adalah karena kapasitas mesinya yang kecil untuk jenis mobil MPV 7 penumpang yang hanya 1000cc. 

Banyak dari mereka yang meragukan kemampuan mobil xenia ini,dan hal itu juga menyihir opini banyak orang. Dari orang yang belum pernah mengendarainya sendiri sampai yang belum pernah punya mobil dan awam masalah otomotif sekalipun mencibirnya. 

Nah,diartikel ini saya akan berbagi pengalaman saja tentang mobil daihatsu xenia dengan kapasitas mesin 1000cc yang saya beli baru dari tahun 2011 lalu langsung dari dealer.

Saya adalah pengguna daihatsu xenia 1000cc sejak tahun 2011 dan terhitung sampai hari ini kurang lebih sudah 9tahun bersama saya menemani mobilitas untuk aktifitas sehari hari dan tidak jarang juga saya pakai untuk keluar kota untukliburan ataupun mudik.

Irit bahan bakar?
Untuk masalah konsumsi bahan bakar ini memang secara garis besar irit dalam kondisi tertentu. Karena irit atau borosnya bahan bakar sebuah kendaraan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti : Gaya berkendara,kondisi jalanan,kondisi lalu lintas,dan tentunya kondisi mobil itu sendiri.

Jika kondisi jalan datar dan lancar dengan penumpang tidak full dan perpindahan gigi stabil di RPM 2000-3000 serta akselerasi normal maka xenia 1000cc ini boleh dibilang irit banget. Apalagi jika ditambah tidak menggunakan AC dan kondisi mobil masih dalam keadaan standart pabrik, belum modifikasi velg lebih besar atau yang lain yang mempengaruhi power mesin.

Apakah kuat untuk melibas tanjakan?
Sering kali pemilik baru atau yang baru mau membeli mobil xenia ini khawatir tentang performa di tanjakan,terutama hanya dari katanya orang saja. Daihatsu xenia 1000cc saya ini sudah saya buktikan beberapa kali melewati tanjakan extrim di pulau jawa dan belum pernah sekalipun mobil saya mogok atau mundur karena tidak kuat naik.

Berikut ini beberapa tanjakan extrim yang pernah saya lalui menggunakan mobil xenia 1000cc saya :
Daihatsu xenia li 1000cc 2011
Jalur sarangan magetan dengan xenia 1000cc

-Jalur subang menuju lembang dan tangkuban perahu. 
-Jalur puncak bogor
-Jalur jonggol sampai cianjur
-Jalur ciwidey dan kawah putih yang terkenal jalanya berkelok dan tanjakan curam.
-Sampai di parkiran kawah putih dan tangkuban perahu dengan aman
-Wisata Derajat pas garut
-Jalur sarangan tawangmangu dari magetan ke solo dan sebaliknya
-Jalur wisata air panas pacet dan Air terjun Dlundung trawas mojokerto jawa timur
-Mendaki ke kaki bukit merapi boyolali. 

Dan beberapa jalur tanjakan lain yang belum saya sebutkan.
Yang perlu kita perhatikan adalah mobil kita harus sehat,ganti oli mesin secara berkala dan teratur,ganti oli transmisi dan oli gardan,cek kampas kopling,dan pengecekan rutin yang lain jangan sampai telat.

Pada intinya, kita harus mengenal lebih dulu karakter mobil kita dan tentunya skill driver juga berpengaruh. Jika dengan mobil ber-cc kecil seperti xenia 1000cc ini ya perlakuanya tentu berbeda dengan mobil dengan cc lebih besar.

Beberapa saran saya berikut mungkin bisa anda pakai ketika melibas tanjakan extrim dengan xenia 1000cc :
Kalau memungkinkan,lakukan ancang-ancang sebelum mobil tepat memulai tanjakan yaitu melaju dengan kecepatan lebih cepat untuk membantu agar mobil tidak terlalu berat diawal tanjakan.Dengan momentum yang pas,tenaga mobilpun tidak terlalu berat

Jika ditengah tanjakan dirasa tenaga mobil berkurang, sebaiknya matikan pendingin udara atau ac mobil anda agar beban mobil menjadi berkurang dan pindah ke gigi rendah.

Jika di tanjakan extrim,sebaiknya gunakan gigi rendah (1) dan tidak perlu diinjak gas dalam-dalam, karena xenia 1000cc ini rpmnya cenderung lebih tinggi. Jadi kendalikan gas dengan benar yang terpenting mobil tetap kuat melaju ke atas dengan aman.

Diatas adalah beberapa trik dan pengalaman saya selama mengendarai xenia 1000cc melibas tanjakan dan terbukti sampai sekarang mobil masih aman dan belum pernah sekalipun mundur karena ga kuat di tanjakan.

Jadi buat anda yang berniat membeli mobil daihatsu xenia 1000cc ini tidak perlu khawatir yang berlebihan untuk masalah tanjakan.Sudah saya buktikan hampir 10 tahun aman

Post a Comment for "Daihatsu Xenia Li 1000cc Ga Kuat Di Tanjakan?"