RPM Mobil Tidak Stabil Atau Drop? Periksa Bagian Ini

RPM mobil naik turun tidak stabil dan drop
RPM mobil naik turun tidak stabil dan drop
Kembali saya akan sharing atau berbagi pengalaman tentang masalah pada RPM (rotation per minute) mobil yang naik turun tidak stabil atau drop. Untuk mobil xenia atau avanza standart Rpm umumnya berada di range 800rpm sampai 950rpm jika tidak menghidupkan AC dan range 1000rpm sampai 1100rpm jika menyalakan ac .

Pada kasus Rpm yang tidak stabil atau naik turun dan terkadang drop ini umunya disebabkan oleh perangkat ISC.
ISC atau Idle Speed Control,seperti namanya bahwa part ini berfungsi untuk mengontrol idle atau kelangsaman mobil.
Sebagai pengguna pada umumnya biasanya Isc ini seringkali jarang kita perhatikan karena selain partnya kecil juga membersihkanya terkadang agak susah.Apalagi seperti saya yang kurang paham tentang detail masalah otomotif  ini.

Setelah kemarin bertemu dengan teman saya yang paham dengan seluk beluk permesinan mobil akhirnya sedikit dapat pencerahan juga tentang isc ini walaupun yang nyangkut kekepala juga sedikit.

Secara awam isc ini berkaitan erat dengan RPM mesin, penjelasan tehnisnya saya masih belum nangkap betul. Sedikit yang saya ingat yaitu ISC ini berfungsi untuk mengontrol udara yang masuk melalui filter udara dan throtle body dan dikontrol lagi oleh sensor ECU dan apalagi lupa hahaa.

Pada intinya,Rpm naik turun tidak stabil ketika mobil dihidupkan tanpa menyalakan ac ini faktor terbesar umumnya disebabkan oleh ISC pada mobil kita yang kotor. 
Letak ISC Avanza Xenia
Posisi ISC Mobil Xenia Avanza
Untuk mobil avanza atau xenia, letak atau posisi ISC ini jika kita membuka kap mesin adanya pada sebelah kiri filter udara mobil dengan bentuk seperti huruf T lonjong yang terhubung dengan throtle body.
Letak ISC Avanza Xenia
ISC Avanza Xenia
Tanda bahwa isc mobil kotor dan perlu dibersihkan biasanya terdapat bunyi tek-tek-tek-tek ketika mobil hendak dihidupkan dan terdengar juga setelah mobil dimatikan. Itu tanda bahwa isc kotor dan perlu dibersihkan,jika sudah fatal terkadang ISC harus ganti dengan yang baru.

Seperti pada video ini

Untuk cara membersihkanya nanti akan saya tuliskan di artikel berikutnya 

Namun tidak menutup kemungkinan juga ketika ac dinyalakan rpm juga naik turun. Akan tetapi,ketika posisi ac on dan rpm tidak stabil, ada kemungkinan juga karena kompresornya atau radiator fannya yang bermasalah atau juga magnet clutchnya.

Dua perangkat itu yang musti kita periksa terlebih dahulu. Jika kedua part tersebut sudah dicek dan ternyata masih belum tuntas juga masalahnya,sebaiknya mobil anda bawa ke bengkel langganan untuk dilakukan scan agar terdeteksi dengan benar mana yang bermasalah.

Semoga sharing tentang masalah rpm mobil naik turun tidak stabil atau drop ini bisa bermanfaat buat anda

Post a Comment for "RPM Mobil Tidak Stabil Atau Drop? Periksa Bagian Ini"