Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis Serta Keutamaanya

Topdewe.com Puasa Senin-Kamis adalah salah satu amalan puasa sunah yang bisa dikerjakan oleh umat Islam di luar bulan Ramadhan dimana kita tahu bahwa umat muslim dianjurkan untuk senantiasa meningkatkan amal ibadahnya seperti salah satunya dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.
Niat puasa senin-kamis dan keutamaanya
Niat puasa senin-kamis dan keutamaanya
Puasa Senin-Kamis merupakan salah satu ibadah sunnah yang banyak dilakukan umat muslim karena memiliki banyak keutamaan dan manfaatnya. Seperti namanya, puasa ini pun dilangsungkan pada setiap hari Senin dan hari Kamis saja dalam satu minggunya dengan waktu, adab, dan tata cara puasa yang tidak jauh berbeda dengan puasa wajib di bulan Ramadan.

Dalil kesunnahan ibadah puasa Senin-Kamis seperti Sabda Rasulullah SAW, "Amal itu akan diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku sangat gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa pada hari itu" (HR Turmudzi dan selainnya).

Diriwayatkan juga dari Abu Hurairah, "Bahwasanya Nabi saw lebih sering berpuasa pada hari Senin dan hari Kamis karena amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah pada setiap hari Senin dan Kamis, maka saya sangat senang sekali apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut." (HR. Ahmad dari Abu Hurairah) 

Berdasarkan hadis di atas, maka dapat diketahui bahwa puasa Senin-Kamis ini dikerjakan juga oleh Rasulullah SAW dan dijelaskan bahwa kedua hari itu merupakan waktu diajukannya amalan-amalan manusia. 

Puasa senin-kamis ini juga banyak manfaat dan keutamaanya, selain mendapatkan pahala manfaat lain adalah seperti yang ditulis Nur Solikhin dalam bukunya Tata Cara dan Tuntunan Segala Jenis Puasa menjelaskan, jika ditinjau dari aspek kesehatan puasa sunnah seperti puasa Senin-Kamis  ini memberikan banyak manfaat seperti dapat membersihkan organ tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, serta meminimalisir kegemukan.

Selain dari itu, ibadah puasa juga dapat meredam hawa nafsu maupun syahwat serta melatih kesabaran sehingga memberikan kebaikan bagi yang menjalankannya.

Berikut adalah bacaan niat puasa Senin Kamis dalam tulisan arab dan latin sebagai panduan anda yang mau melakukan puasa senin kamis.

Bacaan Niat Puasa Senin: 
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 
Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa 
Artinya: Saya niat berpuasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala 

Bacaan Niat Puasa Kamis:
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 
Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa Artinya: Saya niat berpuasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala 

Mengenai tata cara dan waktu membaca niat puasa senin-kamis ini berbeda dengan puasa wajib yang dikerjakan pada bulan ramadan atau puasa ganti (Qadha Ramadhan)Untuk melaksanakan ibadah puasa Senin-Kamis seperti halnya puasa-puasa sunah lain, tidak harus membaca niat pada malam hari sebelum menjalankan ibadah tersebut seperti pada bulan ramadhan.

Niat puasa Senin-Kamis ini juga boleh dibaca pada hari Senin atau Kamis selama pada hari itu belum masuk makanan, minuman, atau melakukan hal-hal lain yang bisa membatalkan ibadah puasa.

Bapak Presiden RI yang ketiga BJ Habibie juga diketahui merupakan salah satu orang yang rajin melaksanakan ibadah puasa Senin-Kamis. Presiden BJ Habibie merasakan khasiat dari puasa sunnah tersebut dan mengaku dirinya berpuasa Senin-Kamis unuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setelah rutin menjalankannya, beliau mengaku dengan berpuasa sunnah senin-kamis pikirannya segar terus menerus dan fisiknya menjadi sehat.

Demikian tulisan tentang doa dan bacaan niat puasa senin-kamis.Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis Serta Keutamaanya"