Cara Cek Kecepatan Internet Paling Mudah Dengan HP Dan PC

Di Era digital dan tehnologi yang semakin melesat ini internet menjadi salah satu kebutuhan wajib manusia setiap harinya. Cepat dan tidaknya akses internet sangat berpengaruh terhadap proses pencarian data di search engine. Lantas bagaimana cara cek kecepatan internet?

Kecepatan internet ini dipengaruhi beberapa faktor seperti banyaknya perangkat yang terhubung dalam koneksi internet yang sama atau dalam keadaan sedang download atau upload file. 

Untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang sedang dipakai maka diperlukan alat untuk mengetes kecepatan internet tersebut yang bisa dilakukan melalui Hp atau komputer.

Berikut ini adalah beberapa cara cek kecepatan internet :

1. Speedtest.net

Situs Speedtest.net adalah website untuk cek kecepatan internet yang paling dikenal dan untuk memakainya anda harus terhubung dengan koneksi internet

Cara cek kecepatan internet
Cara cek kecepatan internet

Caranya adalah dengan membuka website speestest.net lalu pilih opsi GO untuk mulai melakukan test internet speed. Speedtest.net akan melakukan penghitungan kecepatan internet anda secara realtime.

2. Indihome Speedtest

Cara tes kecepatan internet berikutnya adalah dengan Indihome speed test. 

Cara cek kecepatan internet
Cara cek kecepatan internet

Caranya adalah dengan masuk ke website Indihome Speedtest lalu klik tulisan GO. Indihome speedtest akan melakukan perhitungan kecepatan internet dari Indihome yang anda pakai.

Supaya lebih akurat, jangan buka aplikasi lain selama aplikasi sedang berjalan melakukan perhitungan kecepatan internet

Layar monitor Indihome Speedtest akan menampilkan hasil perhitungan akumulasi saat mendownload dan mengupload data. 

Kita juga bisa mengetahui ping dan jitter hasil perhitungan tadi secara otomatis.

3. Fast Com

Cara cek kecepatan internet yang ketiga ini sedikit berbeda dengan yang diatas, kita tidak perlu mengklik apapun untuk mengetes kecepatan internet .

Cara cek kecepatan internet
Cara cek kecepatan internet

Kita hanya perlu mengunjungi situs fastcom tersebut, kemudian Fast Com secara otomatis akan langsung mengecek kecepatan internet yang kita pakai.

4. Bandwidth Place

Cara cek kecepatan internet dengan situs ini adalah dengan membuka website Bandwidth Place.lalu klik tulisan “Start” dan tunggu hasilnya. 

Cara cek kecepatan internet
Cara cek kecepatan internet

Hasil kecepatan download, upload, dan ping pada internet yang kita pakai akan muncul dilayar.

Itulah beberapa cara cek kecepatan internet paling mudah menggunakan beberapa situs online dengan akurat.Selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara Cek Kecepatan Internet Paling Mudah Dengan HP Dan PC"