Cara Terhindar dari Penipuan Online. Biar Aman,Kamu Wajib Baca

Penipuan kini banyak terjadi dimana-mana. Tak hanya penipuan secara langsung, penipuan via daring pun juga sering terjadi di era modern seperti saat ini. 
Berdasarkan data dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim, ada sekitar 1.617 kasus penipuan online yang terjadi sepanjang tahun 2019.
cara terhindar dari penipuan online
cara terhindar dari penipuan online
Tentu saja itu bukanlah jumlah yang sedikit. Masyarakat Indonesia masih banyak yang mudah terperdaya tipu muslihat para penjahat dunia maya. 
Biasanya penjahat ini menargetkan orang-orang yang sangat awam dengan teknologi (misalnya orang yang sudah tua).

Modus penipuan online bermacam-macam, mulai dari undian berhadiah, bukti transfer palsu, mengatasnamakan pihak bank, via telepon, via whatsapp, penipuan pembunuhan, penipuan belanja online, phising, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana Cara Terhindar dari Penipuan Online?
Mengingat banyaknya modus penipuan daring, kami mengingatkan Anda semua untuk selalu berhati-hati dan juga waspada. Sebenarnya, penipuan seperti ini bisa kita cegah agar kita tidak menjadi korbannya.

Lantas, bagaimana cara supaya terhindar dari berbagai macam penipuan online? Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini :

1.Jangan Mudah Membagikan Data Pribadi
cara terhindar dari penipuan online
cara terhindar dari penipuan online
Seringkali kita mendapatkan SMS, whatsapp, atau telepon yang mengatakan bahwa kita mendapatkan undian berhadiah atau sesuatu lainnya yang menguntungkan. Mereka pun juga meminta data pribadi kita untuk keperluan Verifikasi identitas.

Jangan kasih dulu! Dan jangan mudah percaya dengan penawaran yang masuk, apalagi sampai memberikan data personal. 
Hal tersebut sangat berbahaya, sebab jika sampai disalahgunakan membuat data Anda bisa masuk ke daftar tagihan pinjaman online. Sungguh mengerikan.
Baca juga : Ciri ciri Whatsapp kamu kena hack

2.Jangan Buka Link atau Tautan Mencurigakan
cara terhindar dari penipuan online
cara terhindar dari penipuan online
Baru-baru ini, hoaks pembukaan kartu prakerja gelombang kedua belas sudah dibuka. Ada yang mengirimkan link mirip website asli prakerja namun sesungguhnya itu palsu. 
Sayang sekali, banyak pengguna prakerja yang langsung percaya dan mengklik tautan tersebut.

Situs palsu tersebut disebut sebagai phising. Artinya, situs tersebut dibuat untuk mengelabui dan meminta data diri seseorang. Biasanya yang diminta adalah nama, umur, alamat, email, bahkan kata sandi.

Tentu saja sangat berbahaya apabila sampai memberikan data pribadi ke seseorang yang tidak jelas. Maka dari itu, jangan sekali-kali membuka tautan yang terlihat mencurigakan. 

Lakukan cek and ricek terlebih dahulu untuk memastikan apakah website tersebut asli ataukah palsu.
Baca juga : Bisnis Investasi bodong yang ditutup OJK

3.Selalu Waspada dengan Telepon Tidak Dikenal
cara terhindar dari penipuan online
cara terhindar dari penipuan online
Cara terhindar dari penipuan online selanjutnya adalah jangan mudah percaya dengan perkataan dari seseorang yang tidak dikenal melalui sambungan telepon. Silahkan baca cara mengetahui pemilik nomor telpon

Meskipun orang itu mengiming-imingi Anda dengan hadiah fantastis, kami ingatkan untuk jangan mudah percaya apalagi terperdaya.

Apalagi jika telepon itu dari nomor baru yang tidak ada hubungannya dengan brand terkenal. Hampir dipastikan mereka berniat menipu Anda dan Anda wajib curiga. 

Ingat, tidak mungkin rasanya secara tiba-tiba seseorang mau memberikan uang besar kepada orang yang baru dikenalinya!

4.Berhati-hatilah Saat Berbelanja Online
cara terhindar dari penipuan online
cara terhindar dari penipuan online
Belanja online memang mudah dan cepat, namun sangat penuh resiko bahkan bisa berujung penipuan. Uang sudah transfer, tapi ternyata barang tidak dikirim-kirim dan uang pun dibawa kabur oleh penjual.

Kalau mau yang benar-benar aman, cara mencegah penipuan di internet ketika belanja online adalah dengan berbelanja melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak. 

Bukan langsung melalui penjualnya. Memang sangat ribet, tapi demi keamanan hal ini wajib kamu lakukan.

Selalu melakukan pengecekan sebelum memulai transaksi. Harganya, produknya, bahkan penjualnya sekalipun harus Anda ketahui asal-usulnya. 

Waspadalah berbelanja online dengan orang yang memasang akun palsu di sosial media yang dia miliki, itu beresiko tindak penipuan!

5.Gunakan Kata Sandi Sulit
cara terhindar dari penipuan online
cara terhindar dari penipuan online
Password atau kata sandi merupakan sesuatu yang menjadi incaran para penipu. Mereka ingin mengetahui password akun Anda agar bisa dibobol dan dimanfaatkan untuk tindak kejahatan kepada korban-korban selanjutnya.

Karena hal itulah, untuk mengamankannya gunakanlah kata sandi yang sulit dan susah ditebak

Pastikan menggunakan kombinasi huruf, angka, simbol pada password Anda dan jangan pasang pola sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir pribadi, tanggal lahir keluarga, tanggal lahir kekasih, nomor hp, atau yang berhubungan dengan data diri kita.

Sebagai informasi penting untuk Anda, beberapa kata sandi yang tergolong aman antara lain yaitu panjang, menggunakan simbol unik, menggunakan angka, menggunakan kombinasi huruf, dan tidak menggunakan kata-kata di dalam kamus.

Usahakan untuk memakai kata sandi berbeda pada setiap akun. Jadi, apabila ada satu akun harus terbobol tidak membuat akun lainnya juga ikut terbobol. 
Rutin mengganti password adalah tindakan pencegahan lain yang dapat Anda lakukan.

6.Jangan Asal Pasang Aplikasi
cara terhindar dari penipuan online
cara terhindar dari penipuan online
Cara terhindar dari penipuan online yang keenam adalah dengan tidak asal memasang aplikasi. Terlebih lagi aplikasi tersebut bukan berasal dari google play store atau app store, sebab keamanan aplikasi tersebut sangat meragukan.

Namun meski aplikasi tersebut ada di google play store, Anda tetap wajib waspada. Jangan sekali-kali menggunakan aplikasi yang sengaja dibuat meniru seperti aplikasi aslinya, contohnya adalah GBWhatsapp.

Dan jangan sampai Anda mengizinkan aplikasi mencurigakan tersebut mengakses data-data dari ponsel Anda. Sesuai penjelasan awal tadi, data-data yang sifatnya pribadi seharusnya diamankan bukan dibagikan kepada orang yang tidak dikenal.

Cara Melaporkan Penipuan Online
cara melaporkan penipuan online
cara melaporkan penipuan online
Bilamana Anda terlanjur jadi korban penipuan daring, jangan ragu untuk melapor. Hal seperti ini penting dilakukan supaya tidak ada lagi korban-korban selanjutnya.

Beginilah beberapa cara melaporkan penipuan online kepada pihak-pihak yang berwenang :

Lapor ke Polisi
cara melaporkan penipuan online
cara melaporkan penipuan online
Polisi adalah pihak yang berwenang untuk menindak tidak kejahatan, termasuk penipuan online. Ketika Anda sudah sadar tertipu orang lain, jangan ragu melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Jangan biarkan penipu tersebut melenggang bebas. Anda tak perlu khawatir, membuat laporan di kepolisian itu gratis dan tidak dikenakan biaya sepeserpun. 

Sebelum membuat pelaporan, kumpulkan dulu bukti-buktinya agar polisi lebih mudah mengungkap siapa pelaku kejahatan tersebut.

Lapor ke Bank
cara melaporkan penipuan online
cara melaporkan penipuan online
Jika Anda adalah korban penipuan lewat transaksi perbankan, maka yang harus dilakukan adalah dengan membuat laporan ke bank. Sebelum itu, pastikan Anda menyimpan bukti transfer untuk dijadikan bukti kepada pihak bank.

Nantinya, pihak bank akan memblokir rekening penipu yang telah melakukan penipuan kepada Anda. Bahkan untuk beberapa bank tertentu ada yang menjalin kerjasama dengan pihak kepolisian.

Lapor ke Cek Rekening
cara melaporkan penipuan online
cara melaporkan penipuan online
Melaporkan penipuan online yang ada hubungannya dengan transaksi bank juga dapat dilakukan secara daring melalui website cekrekening.id. 

Website tersebut adalah situs resmi milik Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dapat Anda manfaatkan untuk melaporkan tindakan penipuan yang menipu melalui rekening bank.

Pelaporan dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Anda bisa mengakses website cekrekening baik dari hp, tablet, laptop, maupun komputer.

Jadi itulah dia beberapa cara terhindar dari penipuan online yang dapat Anda lakukan. Selalu tingkatkan kewaspadaan bila Anda harus berurusan dengan dunia Maya.

Post a Comment for "Cara Terhindar dari Penipuan Online. Biar Aman,Kamu Wajib Baca"