Ide Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga Dimasa Pandemi

Tidak hanya dapat dilakukan oleh pelajar saja, bisnis online nyatanya bisa dilakukan oleh siapapun termasuk itu Ibu Rumah Tangga. Bahkan boleh dikatakan, IRT adalah golongan yang paling memungkinkan menjalani bisnis ini tanpa hambatan yang besar.

Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Mereka lebih sering berada di rumah karena tidak bekerja. Jadi, berbisnis menjadi cara paling tepat untuk menambah pemasukan tanpa terbengkalai dalam mengurus si buah hati. Jika sebelumnya kami sudah membahas mengenai bisnis online untuk pelajar, kali ini kami akan membahas mengenai bisnis online untuk Ibu Rumah Tangga.

Rekomendasi Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Teruntuk Anda yang saat ini menjadi seorang Ibu Rumah Tangga dan ingin menghasilkan uang, kami memiliki pilihan rekomendasi bisnis daring yang dapat Anda jalankan. Dengan modal yang minim, Anda bisa mendapatkan omzet yang besar.

Jika suami Anda di PHK pada masa pandemi ini, berbisnis online menjadi cara terbaik untuk meringankan tugas beliau sebagai seorang suami. Tentu bukan sesuatu yang salah jika seorang istri ikut membantu mencari nafkah untuk kebutuhan keluarga.

Baca juga : Ide bisnis modal kecil untung besar

Langsung saja, berikut ini beberapa bisnis online yang cocok dijalankan oleh seorang Ibu Rumah Tangga :

Jual Makanan
Ide bisnis untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis untuk ibu rumah tangga

Namanya juga ibu-ibu, mayoritas pasti bisa memasak dan jago buat makanan tertentu. Nah, kemampuan inilah yang seharusnya dimanfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi tambahan uang. Makanan yang dibuat tidak hanya masuk ke dalam perut saja, tetapi juga dijual kepada yang lainnya.

Berjualan makanan secara daring memang cukup efektif di masa sekarang. Kebiasaan dan gaya hidup masyarakat yang berubah menjadi salah satu alasannya. Ditambah lagi kondisi pandemi Covid 19, membuat banyak orang malas keluar membeli makanan dan lebih memilih memesan secara online.

Atas alasan itulah sebaiknya Anda memulai usaha jual makanan online. Kami sarankan untuk menjual makanan kering saja sehingga tetap awet dan tidak cepat basi apabila makanan tersebut sedang tidak laku.

Baca juga : Ide bisnis Kuliner Modal kecil

Jual Pakaian Online
Ide bisnis untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis untuk ibu rumah tangga

Bisnis online untuk ibu rumah tangga selanjutnya tergolong dalam bisnis bidang fashion yaitu menjual pakaian secara online. Kalau untuk wanita, memang paling pas menjual pakaian wanita saja atau ditambah dengan pakaian anak.

Jangan takut untuk kehilangan pembeli karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan penting bagi umat manusia. Terutama menjelang hari libur nasional seperti Hari Raya Idul Fitri, bisa Anda jadikan momen untuk berjualan pakaian secara online.

Bila belum mempunyai modal yang besar, cobalah untuk menjadi dropshipper atau reseller terlebih dahulu. Hal ini untuk menekan pengeluaran sehingga keuntungan yang didapatkan bisa semakin besar.

Lebih baik lagi melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jenis dan tipe pakaian apa yang sedang trend saat ini. Tujuannya untuk memperbesar peluang laku dan jadi incaran banyak orang.

Baca juga ; Ide bisnis untuk pelajar

Penulis Freelance
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Teruntuk bunda yang gemar atau memiliki kemampuan di bidang penulisan, tidak ada salahnya untuk menjadi penulis freelance. Pekerjaan ini sama sekali tidak mengganggu waktu Anda mengurus anak karena sistemnya bukan kontrak.

Content writer dan copywriter adalah dua profesi yang jadi favorit saat ini. Keduanya sama-sama menghasilkan dan bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Cukup siapkan laptop dan kuota internet yang lancar agar bisa menjalankan bisnis ini.

Baca Juga : Peluang bisnis 2021 Yang menjanjikan

Apalagi jika Anda bisa menulis bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Penghasilan yang didapatkan bisa jauh lebih besar daripada hanya menulis bahasa Indonesia saja.

Jasa Penerjemah
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Peluang bisnis online untuk ibu rumah tangga selanjutnya yaitu dengan menjadi translator atau penerjemah. Sesuai dengan namanya, profesi ini bekerja menerjemahkan bahasa asing ke Indonesia dan sebaliknya.

Sangat cocok untuk bunda yang lihai berbahasa asing terutama bahasa Inggris yang ingin memperoleh pundi-pundi uang tambahan. Sama halnya seperti penulis, modal jadi translator juga tidak terlalu besar.

Nyatanya pangsa pasar bisnis ini tidak akan pernah sepi. Banyak kantor atau perusahaan yang sangat membutuhkan penerjemah lepas dengan bayaran sangat tinggi tentunya. Yakin bunda tidak tertarik?

Les Online
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Salah satu alternatif usaha untuk ibu rumah tangga adalah dengan membuka jasa mengajar yang dilakukan secara daring. Jika dibandingkan mengajar secara langsung di rumah siswa, les online lebih minim modal.

Tapi kan bisa muridnya yang datang ke rumah? Ya, itu bisa-bisa saja. Tetapi yang jadi masalah, saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid 19 tak mungkin rasanya untuk berkumpul dalam satu ruangan.

Jadi melakukan les daring adalah pilihan terbaik dan sangat tepat dilakukan. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, cukup sediakan laptop dan internet saja dan Anda tidak keluar banyak uang untuk membeli bensin seperti sebelum-sebelumnya.

Bisnis les online juga bisa menargetkan pasar yang lebih luas. Bukan hanya mengajar murid di daerah Anda, melainkan juga murid-murid dari seluruh Indonesia.

Kerajinan Tangan
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Bunda yang memiliki barang-barang bekas tidak terpakai dan bertangan kreatif, cobalah untuk berbisnis kerajinan tangan. Ubah barang bekas tersebut menjadi benda yang sangat bernilai harganya.

Semakin bagus kerajinan yang Anda buat, maka semakin tinggi nilai jualnya. Menjalani bisnis ini sama sekali tidak mengganggu waktu Anda sebagai seorang ibu rumah tangga, justru dapat dilakukan sambil bersantai dan mengurus anak.

Bila kerajinan tersebut sudah jadi, silakan jual secara online di berbagai social media seperti facebook dan instagram. Apabila Anda memiliki toko online sendiri, bisa menjualnya melalui toko daring tersebut.

Beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat antara lain yaitu bros hijab, lampu tidur hias, vas bunga dari botol bekas, gantungan kunci dari kain flanel, rajut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jual Perlengkapan Bayi
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Rekomendasi bisnis online untuk ibu rumah tangga ketujuh adalah menjual perlengkapan bayi. Tentu saja barang-barang tersebut sangat diminati terutama bagi ibu yang sedang hamil atau baru saja melahirkan.

Anda bisa menjual baju bayi, celana bayi selimut bayi, handuk bayi, gendongan, dan segala perlengkapan yang dibutuhkan oleh seorang bayi. Anda dapat memulainya menjadi reseller terlebih dahulu apabila belum memiliki modal yang besar. 

Jangan lupa untuk melakukan promosi tepat sasaran agar barang yang Anda jual bisa laku walaupun harus dijual secara daring. Manfaat sosial media yang Anda memiliki untuk melakukan penjualan dan riset pasar.

Jual Tanaman Hias
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga
Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Bisnis tanaman hias kini menjadi salah satu tren bisnis yang dilakukan banyak orang selama masa pandemi. Daripada hanya berdiam diri saja di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis tanaman hias.

Untuk penjualannya bisa dilakukan secara online. Bisa mempostingnya lewat sosial media seperti Facebook dan Instagram atau dijual melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, ataupun yang lainnya.

Menjual tanaman secara daring perlu pengemasan yang sangat apik. Tujuannya agar tanaman tersebut tidak rusak saat sampai di tangan pembeli.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi bisnis online untuk ibu rumah tangga. Tidak ada alasan lagi untuk ragu berbisnis, karena bisnis bisa dilakukan bahkan dengan modal yang sangat kecil.

Post a Comment for "Ide Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga Dimasa Pandemi"