Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil Untung Besar Dimasa Pandemi

Mungkin Anda berpikir bahwa bisnis kuliner adalah bisnis yang membutuhkan banyak sekali modal. Anda wajib menyiapkan peralatan masak, dapur, bahan masakan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil Untung Besar
Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil Untung Besar

Tapi nyatanya tidak selalu begitu. Meski minim modal, bukan hal mustahil bagi Anda untuk menjalani bisnis ini bahkan bisa mendapatkan omzet dan keuntungan yang sangat besar. Sangat mungkin dilakukan oleh siapapun bahkan pelajar atau mahaiswa dan untuk tujuan apapun baik sebagai sumber penghasilan utama ataupun hanya sebagai sampingan saja.

Terlebih lagi di era modern seperti saat, penjualan dan pemasarannya pun dapat Anda lakukan dengan mudah. Bisa secara online melalui sosial media sehingga tidak perlu mengeluarkan lebih banyak modal lagi, berbeda dengan cara-cara konvensional yang masih membutuhkan banyak biaya.

Rekomendasi Bisnis Kuliner Modal Kecil

Bagi Anda yang ingin membuka usaha kuliner namun tak memiliki banyak budget, cobalah untuk menjalani bisnis kuliner yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Bisnis dapat dilakukan dari rumah saja sehingga sangat mungkin dijalankan meski masih dalam masa pandemi Covid 19. Apa sajakah itu? Berikut daftar dan juga ulasannya untuk Anda :

Jual Gorengan

Bisni kuliner jualan gorengan
Bisni kuliner jualan gorengan

Siapa orang Indonesia yang tidak tau gorengan? Kami yakin hampir semua tau dengan makanan ini. Bila kita melihat warung-warung yang menjual gorengan, pasti selalu ramai dikunjungi pembeli.

Hal ini membuktikan bahwa bisnis ini sangatlah menjanjikan karena gorengan adalah makanan favorit masyarakat Indonesia. Anda bisa menjual tempe goreng, tahu goreng, bakwan goreng, pisang goreng, dan aneka gorengan yang lainnya. Boleh juga ditambah kopi apabila memang memiliki modal tambahan.

Bisnis gorengan merupakan bisnis yang sangat mudah dijalankan dan tidak membutuhkan modal yang tinggi. Kalau dikalkulasikan, Anda hanya perlu menyiapkan dana 4 juta rupiah saja, yang masih bisa ditekan lagi jika Anda berjualan di rumah tanpa menggunakan gerobak.

Saat ini, harga gorengan adalah 1000 rupiah. Jadi, kalau dalam sehari laku 300 buah maka dalam sebulan Anda sudah mendapatkan penghasilan kotor sekitar 9 juta rupiah. Cukup besar bukan?

Jual Keripik
Bisni kuliner jualan keripik
Bisni kuliner jualan keripik singkong

Bisnis kuliner modal kecil selanjutnya adalah menjual keripik. Bisa keripik pisang, keripik ubi, keripik singkong, atau keripik buah-buahan yang lainnya. Rasanya yang lezat dan gurih membuat keripik banyak diminati oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Keripik lebih tahan lama daripada gorengan sehingga Anda bisa menjualnya secara daring. Buatlah inovasi rasa (manis, asin, pedas, dll) dan kemasan untuk menarik minat calon pembeli Anda.

Berbekal modal 20 ribu saja, Anda sudah bisa berjualan keripik pisang dengan omzet mencapai 3 hingga 4 juta rupiah. Evyanty yang merupakan pemilik usaha CV Benazqa Cipta Kreasi telah membuktikan bahwasanya bisnis jual keripik benar-benar menguntungkan.

Jual Roti Bakar
Bisni kuliner jualan roti bakar
Bisni kuliner jualan roti bakar
Roti bakar merupakan makanan dengan rasa yang manis dan sangat lezat. Apabila Anda menjalani bisnis ini, kami jamin bisa menghasilkan omzet besar asal didukung dengan pemasaran bagus yang menjangkau semua kalangan.

Anda dapat menjual roti bakar beraneka ragam rasa. Ada roti bakar coklat, roti bakar blueberry, roti bakar strawberry, roti bakar nanas, roti bakar vanila, dan masih banyak lagi yang lainnya. Usaha lakukan inovasi baik dari sisi rasa, tempat, maupun pelayanan agar lebih banyak orang tertarik.

Siapa bilang jual roti bakar membutuhkan modal besar. Nyatanya, dengan dana kurang dari 10 juta rupiah, Anda sudah bisa berjualan roti bakar berbekal etalase berukuran sedang dan mendapatkan omzet 10 juta per bulannya.

Jual Makanan Tradisional
Bisni kuliner jualan makanan tradisional
Bisni kuliner jualan makanan tradisional

Menjual makanan tradisional juga merupakan salah satu peluang bisnis modal kecil. Namun, diperlukan keahlian khusus dalam pembuatan makanan supaya Anda bisa lebih memuaskan para pembeli. Jika rasanya biasa saja, justru membuat bisnis ini menjadi mati.

Beberapa makanan tradisional yang bisa Anda jual antara lain yaitu cireng, gudeg, kelepon, tempe mendoan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Atau sesuaikan saja dengan makanan khas daerah Anda sehingga Anda lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan.

Makanan tradisional sangat digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terkadang mereka membelinya untuk kebutuhan sarapan untuk mengganjal perut di pagi hari sebelum ada nasi sebagai makanan utama.

Faktanya, modal usaha makanan tradisional tidak terlalu besar. Modal 10 jutaan, Anda bisa mendapatkan pendapatan mencapai puluhan juta rupiah. Sangat besar bukan?

Jual Bubur Ayam
Bisni kuliner jualan bubur ayam
Bisni kuliner jualan bubur ayam

Sama halnya seperti sebelumnya, jual bubur ayam juga merupakan salah satu jenis usaha kuliner paling laris yang membutuhkan keahlian khusus. Tanpa keahlian, sulit rasanya menciptakan bubur ayam dengan cita rasa yang cocok di lidah.

Sebaiknya jual bubur ayam pada pagi hari, jangan siang hari apalagi malam hari. Sebab, bubur ayam pada umumnya digunakan sebagai menu sarapan. Selalu sajikan dalam keadaan hangat agar cita rasa bubur tetap nikmat di lidah para pembeli.

Apabila belum punya modal, Anda bisa jualan bubur ayam di rumah saja. Jadi tidak perlu sewa tempat untuk meminimalisir pengeluaran. Pembeli bisa datang langsung ke rumah Anda, atau Anda yang mengantarnya ke rumah pembeli asal lokasinya tidak terlalu jauh.

Untuk memulai usaha kuliner ini, Anda cukup menyiapkan modal 10 juta rupiah saja. Dengan modal segitu, Anda sudah memiliki gerobak dan etalase yang bagus dan menarik.

Jual Jus Buah
Bisni kuliner jualan jus buah
Bisni kuliner jualan jus buah

Minuman berasa segar ini memang dapat dijual terutama saat musim panas tiba. Memulainya sama sekali tidak sulit, termasuk pembuatannya pun tidak sudah, apalagi sekarang sudah ada blender sehingga pembuatan jus bisa jauh lebih cepat.

Anda bisa menjual jus buah apel, jus buah alpukat, jus buah mangga, jus buah pepaya, jus buah melon, jus buah semangka, dan beragam buah-buahan yang lainnya. Akan lebih baik jika melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui rasa jus buah favorit calon pembeli Anda.

Untuk lebih memuaskan pelanggan, pastikan hanya gunakan buah-buahan segar dengan kualitas terbaik. Sebelum menjualnya, Anda dapat menyimpan terlebih dahulu buah-buahan tersebut di lemari pendingin agar lebih awet. Dengan kondisi buah yang segar, tentu saja membuat rasa jus juga menjadi segar.

Menjalani bisnis jus buah membutuhkan modal sekitar 5 jutaan saja. Dan jumlah keuntungan yang bisa diperoleh mencapai 9 juta rupiah per bulannya. Bisnis ini juga tergantung pada masim buah dan sangat tidak disarankan menjual jus buah saat musim penghujan tiba.

Kedai Kopi
Bisni kuliner membuka kedai kopi
Bisni kuliner membuka kedai kopi

Bisnis kuliner modal kecil yang ketujuh adalah membuka usaha kedai kopi. Buat saja kedai yang sederhana, tak perlu mewah apabila memang belum memiliki modal yang besar.

Kedai bisa buka pagi atau malam hari. Asal berada di lokasi strategis, kami yakin banyak orang tertarik ngopi di kedai Anda. Mulai dari kalangan muda hingga bapak-bapak atau orang dewasa.

Modal memulai usaha kedai kopi kurang dari 20 juta rupiah. Berbekal modal tersebut, Anda bisa memperoleh laba mencapai lebih dari 22 juta rupiah.

Bagaimana tertarik dengan bisnis kuliner? Jika iya, langsung saja mulai dan jangan ditunda-tunda lagi. Bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan, bukan hanya dibicarakan saja.

1 comment for "Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil Untung Besar Dimasa Pandemi"

  1. bermanfaat banget ni, makasih ya kak jadi punya ide mau buka usaha apa ni dan btw ada gak informasi tentang usaha rumahan yang lagi trend dan cara budidaya jamur tiram, dan jangan lupa untuk kunjungi situs koinx.id yaa!

    ReplyDelete