Ide Bisnis Online Untuk Pelajar Dan Mahasiswa Yang Menjanjikan

Bisnis online merupakan salah satu cara alternatif mendapatkan penghasilan tambahan pada masa pandemi seperti saat ini. Bisnis berbasis online dipilih karena tidak harus bertemu langsung dengan pembeli sehingga meminimalisir penyebaran virus corona.

Ide bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa
Ide bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa

Bisnis online merupakan salah satu peluang usaha yang sangat mudah dijalankan. Bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja tidak mengenal usia. Bukan hanya oleh orang dewasa saja, tetapi siswa atau mahasiswa pun juga dapat melakukannya.

Pasalnya bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Seorang pelajar yang belum memiliki pekerjaan tetap pun bukan sesuatu yang mustahil memulai dan menjalankan bisnis online hingga sukses.

Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pelajar atau Mahasiswa

Teruntuk Anda yang saat ini masih menempuh pendidikan baik di sekolah maupun perguruan tinggi, kami memiliki beberapa rekomendasi bisnis online yang dapat kamu jalankan.

Baca juga: Ide bisnis untuk ibu rumah tangga

Tentu saja tanpa mengganggu aktivitas sekolah atau perkuliahan. Apa sajakah itu? Berikut daftar dan penjelasannya untuk Anda :

Jual Pulsa
Ide bisnis pelajar dan mahasiswa
Ide bisnis pelajar dan mahasiswa

Pilihan bisnis online untuk anak sekolah yang pertama dan berjualan pulsa, token listrik, dan paket internet. Modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, bisa 50 ribu atau 100 ribu saja sebagai permulaan untuk deposit.

Seiring dengan meningkatnya omzet membuat Anda bisa meningkatkan jumlah deposit di lain kesempatan. Dan yang perlu Anda ketahui juga, bisnis pulsa ini merupakan salah satu ide bisnis online yang sangat menjanjikan di saat WFH dan belajar daring seperti sekarang.

Untuk mengakses zoom ataupun aplikasi video call lainnya membutuhkan kuota internet. Jadi, jualan pulsa di saat-saat sekarang adalah pilihan yang sangat tepat untuk Anda lakukan agar memperoleh penghasilan tambahan.

Bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan bisnis ini, sebaiknya memilih agen pulsa yang benar-benar terpercaya. Jangan sampai ketika mengirim pulsa ke pembeli, ternyata pulsa tak kunjung masuk dan membuat mereka merasa kecewa.

Baca juga : Peluang bisnis 2021 yang menjajikan

Kuliner Online
Ide bisnis pelajar dan mahasiswa
Ide bisnis pelajar dan mahasiswa

Nah, bagi Anda seorang pelajar atau mahasiswa yang hobi dan jago memasak makanan tidak ada salahnya untuk membuka usaha kuliner online. Terlebih di era pandemi seperti sekarang, orang malas pergi keluar rumah dan lebih memilih membeli secara online.

Sebenarnya walau tidak dalam masa pandemi pun, gaya beli orang Indonesia sudah mulai berubah. Lebih sering membeli makanan secara daring karena dianggap praktis dan tidak merepotkan.

Maka dari itu, membuka usaha kuliner online adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Disarankan membuat sistem pre order guna meminimalisir makanan tersisa karena tidak laku terjual.

Jasa Desain
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_jasa desain

Bisnis online untuk pelajar atau mahasiswa selanjutnya yaitu membuka jasa desain. Jasa ini bisa dijalankan bagi Anda yang memang ahli dalam bidang desain dan mampu mengoperasikan software seperti Adobe Photoshop ataupun Corel Draw.

Modal yang dibutuhkan seorang designer tidaklah terlalu banyak. Cukup sediakan laptop, meja, skets, dan koneksi internet yang lancar untuk bisa berkomunikasi dengan klien. Semakin bagus gambar Anda, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan bayaran yang sangat tinggi.

Silakan tawarkan jasa Anda ke sosial media ataupun berbagai platform marketplace untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Dan jangan lupa juga untuk menyiapkan portofolio terbaik agar mereka semakin yakin menggunakan jasa desain Anda.

Menjual Gambar
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa _menjual gambar

Memangnya gambar bisa dijual? Tentu saja bisa dong. Bahkan nilai jualnya sangat mahal jika pengambilan fotonya memang bagus. Peluang bisnis online untuk pelajar dan umum ini sangat cocok dijalankan untuk Anda yang hobi di bidang fotografi.

Bukan hanya gambar hasil jepretan saja, gambar hasil lukisan di software pun juga bisa Anda jual kok. Saat ini telah banyak situs-situs yang memang menjadi tempat untuk menjual karya gambar seperti shutterstock, Pixels, freepik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Caranya sangat mudah. Siapkan foto terbaik Anda terlebih dahulu, buat akun di website tersebut, upload gambarnya, dan jika setujui maka orang yang mendownload gambar tersebut wajib membayar uang dengan nominal tertentu.

Jasa Penulisan Konten
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_penulis konten
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_penulis konten

Bagi pelajar yang memiliki kemampuan di bidang penulisan, bisa mencoba memulai usaha jasa penulisan konten. Menjadi penulis tidak membutuhkan modal yang besar, paling penting ada laptop, smartphone, dan juga koneksi internet yang lancar.

Sama halnya seperti jasa desain, Anda dapat menawarkan jasa penulisan ke media sosial dan beragam marketplace online seperti projects.co.id, fastwork, freelancer.co.id, sribulancer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di setiap melakukan pemasaran jangan lupa sertakan juga portofolio tulisan terbaik Anda untuk meyakinkan calon klien.

Reseller atau Dropship
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_Dropship
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_Dropship

Rekomendasi bisnis online untuk pelajar berikutnya adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Perlu untuk diketahui, meskipun sama-sama menjual barang reseller dan dropship memiliki arti dan cara kerja yang berbeda.

Reseller berarti Anda menjual produk milik orang lain dengan nama brand sama, sedangkan dropship berarti Anda menjual produk orang lain namun bisa menggunakan brand sendiri. Seperti itulah perbedaannya secara garis besar.

Baik reseller maupun dropshipper, disarankan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu supaya mengetahui golongan mana saja yang membutuhkan produk yang Anda jual.

Blogger
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_Blogger
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_Blogger

Salah satu usaha online yang menguntungkan bagi para pelajar ataupun mahasiswa adalah menjadi seorang blogger. Adapun tugas dari blogger adalah menulis dan menerbitkannya di platform blogging seperti blogger.com atau wordpress.org.

Usaha ini juga cocok dijalankan bagi Anda yang hobi menulis beragam topik seputar hal-hal bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Modal membuat blog tidak besar kok, Anda hanya membutuhkan modal kurang dari 500 ribu rupiah per tahunnya.

Sumber pendapatan blogger sendiri bisa berasal dari berbagai sumber. Mulai dari google adsense, jasa periklanan mandiri, sponsored post (artikel bersponsor), content placement, dan masih banyak lagi yang lainnya. Seiring dengan berkembangnya blog maka semakin berkembang pula penghasilannya.

YouTuber
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_Youtuber
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_Youtuber

Ada yang suka menulis dan ada yang suka tampil di depan kamera. Nah, apabila Anda tipe yang kedua cobalah untuk menjadi vlogger dengan membuat channel YouTube agar mendapatkan subscribers.

Bila belum mempunyai cukup banyak modal, Anda dapat menggunakan smartphone terlebih dahulu untuk merekam video. Smartphone zaman sekarang sudah begitu canggih karena memiliki fitur rekaman video.

Bagi yang suka masak, silakan buat video tutorial memasak dan bagi yang suka traveling silakan buat vlog saat melakukan traveling. Semakin banyak jumlah subscribers dan orang yang menonton video Anda, maka semakin besar pendapatan yang diperoleh dari channel youtube.

Afiliasi
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_afiliasi
Ide Bisnis untuk pelajar dan mahasiswa_afiliasi

Bisnis online untuk pelajar yang satu ini sama sekali tidak tidak mengganggu aktivitas Anda sebagai seorang pelajar. Untuk menjalankan bisnis ini yang dibutuhkan hanyalah ponsel cerdas dan juga kuota internet.

Bahkan bisnis afiliasi dapat dikatakan nyaris tanpa modal. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengadakan program afiliasi seperti Zalora, MatahariMall, Niagahoster, Dewabiz, Rumahweb, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara kerja afiliasi sangatlah mudah. Anda hanya perlu mempromosikan link afiliasi yang biasanya berisi penjualan produk tertentu. Dan apabila ada orang lain yang mengklik link tersebut bahkan membelinya, Anda akan mendapatkan komisi.

Dengan berbisnis online, sebenarnya Anda telah membantu orang tua yang saat ini sedang kesulitan mendapatkan uang karena pandemi. Dengan konsistensi, insyaallah bisnis daring Anda akan semakin berkembang.

Post a Comment for " Ide Bisnis Online Untuk Pelajar Dan Mahasiswa Yang Menjanjikan"