Bacaan Takbiran Idul Fitri Dan Idul Adha Lengkap,Hafalkan Dari Sekarang

bacaan takbiran lengkap
Pawai takbiran keliling

Tidak terasa ramadhan tahun ini akan segera berakhir dan umat muslim akan meyambut datangnya hari raya idul Fitri. Hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh menahan nafsu, belajar kesabaran serta tempaan lainya untuk menjadi muslim yan lebih baik.

Setelah shalat idul fitri selesai dilaksanakan, biasanya di beberapa daerah ada tradisi sungkeman dan ucapan lebaran untuk permintaan maaf

Namun karena pandemi covid, acara mudik dan berkumpul yang menimbulkan banyak kerumunan dilarang untuk mencegah penularan

Sebelum dilaksanakanya sholat Idul Fitri, biasanya akan kita kumandangkan takbir di malam harinya dengan membaca takbiran di mushola atau masjid.

Melantunkan dan mengumandangkan takbir dalam rangka menyambut Hari Raya Idul fitri merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena membuat hati merasa tenang.

Baca juga : Kartu ucapan selamat idul fitri dan lebaran 1442H

Bacaan takbiran lengkap
Takbir keliling salah satu tradisi malam takbir

Disaat kondisi negara kita sedang dilanda Covid-19, menggelar takbiran masih diperbolehkan berdasarkan Surat Edaran No SE 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Baca juga : Ucapan lebaran bahasa jawa dan artinya

Penyelenggaraan takbiran berbeda dengan tahun sebelumnya dan hanya diperbolehkan secara terbatas yaitu maksimal 10% dari kapasitas masjid atau mushola serta dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 secara ketat.

Sedangkan untuk kegiatan takbir keliling dilarang untuk mencegah kerumunan. Kamu bisa membaca takbiran secara online atau daring. 

Bacaan takbiran Idul Fitri yang biasa dikumandangkan melalui masjid atau mushola saat malam takbiran dibagi menjadi dua macam yaitu takbir mursal dan takbir muqayyad.

Takbir mursal adalah bacaan takbir yang tidak terikat oleh waktu sehingga dianjurkan sepanjang malam seperti takbir di malam Idul Fitri dan Idul Adha.

Takbir muqayyad yaitu pembacaan takbirnya terbatas pada waktu seperti pembacaan takbir setiap selesai sholat lima waktu selama Idul Adha dan hari tasyrik, 11, 12, dan 13 Zulhijjah.

Bacaan takbir panjang dan lengkap
Takbiran keliling dengan obor

Berikut bacaan takbiran malam Idul Fitri yang bisa lakukan di rumah atau di mushola:

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

Dalam bahasa latin : "Allaahu akbar..Allaahu akbar.. Allaahu akbar..laa illaahaillallahu waallaahuakbar..Allaahu akbar walillaahilhamdu"

Yang artinya adalah : "Allah maha besar..Allah maha besar..Allah maha besar..Tiada Tuhan selain Allah..Allah maha besar.. Allah maha besar..dan segala puji bagi Allah"

Dan berikut adalah bacaan takbiran malam Idul Fitri versi panjang:

اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ  لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ  اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً  لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ . اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

Dalam bahasa latin :"Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..Laa ilaahaillallaahu wallaahu akbar..Allaahu akbar walillaahilhamd. Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa..wasubhaanallaahi bukrataw wa ashillaa. Laa ilaahaillallallahu walaa na'budu illaa iyyaahu..Mukhlishiina lahuddiin..Walau karihal kaafiruun..Walau karihal munafiqun..Walau karihal musyriku. Laa ilaaha illallaahu wahdah.. shadaqa wa'dah.. wanashara 'abdah.. wa a'azza jundah.. wahazamal ahzaaba wahdah..Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar..Allaahu akbar walillaahil hamd"

Bacaan takbir panjang dan lengkap
takbiran keliling dengan obor

"Allah Mahabesar..Allah Mahabesar..Allah Mahabesar..Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan Allah Mahabesar..Allah Mahabesar dan segala puji hanya bagi Allah. Allah Mahabesar..Allah Mahabesar..Allah Mahabesar..Allah mahabesar dengan segala kebesaran..Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya..Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore. Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepadaNya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya. Tiada Tuhan selain Allah dengan ke EsaanNya, dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentaraNya serta melarikan musuh dengan ke EsaanNya, Tiada Tuhan selain Allah, Allah mahabesar, Allah mahabesar dan segala puji bagi Allah"

Demikianlah bacaan takbiran untuk malam idul Fitri atau Idul Adha untuk mempersiapkan malam takbiran di rumah maupun di masjid terdekat yang sebentar lagi akan tiba untuk menyambut datangnya hari fitri.

Mari kita sama -sama berdoa semoga pandemi segera berakhir sehingga semua kegiatan bisa berjalan normal kembali.

Post a Comment for "Bacaan Takbiran Idul Fitri Dan Idul Adha Lengkap,Hafalkan Dari Sekarang"