Insomnia,Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Apa itu Insomnia? Penyakit Insomnia yaitu berupa gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya susah tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan Insomnia ini bisa menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas di saing harinya.

Waktu tidur yang tidak cukup bisa menimbulkan gangguan terhadap fisik dan mental karena kualitas serta kuantitas tidur mempengaruhi kualitas hidup, serta kesehatan seseorang secara keseluruhan. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit umumnya dibutuhkan 8 jam tidur dalam sehari .

Baca juga : Pertolongan pertama penderita kejang

Insomnia,gejala,penyebab dan cara mengatasinya
Insomnia,gejala,penyebab dan cara mengatasinya

Insomnia dibagi menjadi dua tipe yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer ialah jenis insomnia yang tidak terkait dengan kondisi medis lain. 

Sedangkan jenis insomnia yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain seperti radang sendi, asma, depresi, kanker, dan asam lambung disebut insomnia sekunder. Insomnia sekunder ini juga bisa disebabkan karena konsumsi obat-obatan atau alkohol.

Baca juga : Tips diet secara sehat

Gejala Insomnia ini ditandai dengan sulitnya tidur atau tidur yang tidak nyenyak. Akibat dari insomnia ini, penderita dapat mudah marah dan depresi. 

Gejala yang lain yang bisa di timbulkan antara lain, seperti: Mengantuk pada siang hari, mudah lelah saat melakukan aktivitas dan sulit fokus dalam beraktivitas.

Karena sulitnya tidur dapat membuat penderita insomnia menjadi kurang konsentrasi, sehingga bisa berisiko mengalami kecelakaan. Masalah lain insomnia adalah dapat menurunkan daya ingat serta gairah seks, dan menimbulkan gangguan fisik dan mental yang lain.

Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secar alami

Apa saja penyebab dan faktor resiko Insomnia?

Insomnia ini bisa dialami oleh siapa saja, namun insomnia lebih beresiko terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, dan seseorang yang memiliki gangguan kesehatan. 

Penyebab insomnia ini umumnya karena beberapa hal seperti : Stres, Depresi ,Gaya hidup yang tidak sehat, dan pengaruh obat-obatan tertentu.

Pengobatan Insomnia

Ada yang menyebutkan bahwa insomnia merupakan jenis penyakit yang ringan dan tidak perlu diobati. Padahal, sebagian kasus penyakit insomnia tergolong serius dan perlu mendapatkan penanganan dokter.

Untuk mengatasi penyakit Insomnia ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti misalnya penggunaan obat-obatan, suplemen melatonin, terapi perilaku kognitif, atau kombinasi ketiganya.

Pengobatan yang dilakukan oleh tenaga medis akan disesuaikan dengan kondisi dari tiap pasien. Jika memang diperlukan, dokter akan memberikan pasien obat tidur untuk beberapa minggu. 

Namun obat tidur ini tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang karena dapat beresiko menimbulkan efek samping.

Pencegahan terhadap Insomnia :

Sebelum tidur hindari banyak makan dan minum 

Batasi atau hindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.

Usahakan aktif di siang hari agar terhindar dari tidur siang sehingga malamnya bisa tidur dengan nyenyak.

Demikian sedikit penjelasan apa itu Insomnia, gejala, penyebab dan cara mengatasinya. Source alodokter

Post a Comment for "Insomnia,Penyebab Dan Cara Mengatasinya"