Cara menghidupkan Lampu Indicator Pintu Avanza Xenia Lama (2204-2011)

Cara menghidupkan Lampu Indicator Pintu Avanza Xenia Old 2004-2011

Ketika kita membeli mobil baru dari dealer,ternyata tidak semua mobil diaktifkan semua fitur yang sudah terpasang dari pabrikan. Sebagai contoh simplenya yaitu indicator lampu yang ada pada speedometer.
Cara menghidupkan indikator pintu mobil avanza xenia
Cara menghidupkan indikator pintu mobil avanza xenia
Beberapa type dan varian mobil tertentu memang sudah langsung diaktifkan fiturnya dari pabriknya. Akan tetapi untuk mobil type terendah biasanya ada yang dikurangi fiturnya. Sebagai contoh adalah mobil Xenia Li Family tahun 2011 punya saya ini yang tidak jauh berbeda dengan saudara kembarnya avanza.

Mobil sejuta umat yang pada beberapa tahun kemarin menempati urutan tertinggi dalam penjualanya ini termasuk  masih minim fitur.
Padahal kalau kita lihat di panel speedometernya, sebenanrnya dari pabriknya sudah ada indicatornya,hanya saja beberapa belum diaktifkan fungsinya.

Agar beberapa indicator di speedometer bisa menyala ketika ada malfungsi atau sebagai penanda sesuatu, kita musti lakukan sendiri atau bisa dibawa kebengkel. Namun untuk kamu yang mau sedikit capek dan ingin mengerjakan sendiri agar hemat uang sebenarnya tidaklah sulit. Kenapa harus diaktifkan?

Mungkin kamu pernah mengalaminya pintu mobil belum tertutup rapat dan kamu tidak mengetahuinya dan mobil langsung jalan saja.

Atau mungkin kamu melihat dijalan ada pengendara motor atau mobil yang nunjuk2 ke mobil kamu? Dan ternyata mereka memberi tahu bahwa salah satu pintu mobil masih ada yang belum tertutup rapat. Padahal lampu kabin juga sudah kita diposisikan di “door” tapi terkadang kita sering lupa atau kurang perhatian.

Kondisi pintu yang kurang rapat bisa berbahaya ketika kita sedang dalam perjalanan, membahayakan penumpang mobil sendiri dan juga pengguna jalan lainya.
Kenapa? Karena bisa saja tiba tiba pintu terbuka dan mengenai pengendara disampingnya atau bahkan penumpang didekat pintu tersebut terjatuh jika tidak memakai seat belt.

Nah diartikel ini saya akan share sedikit tips untuk lebih meningkatkan ketelitian kita sebelum berkendara dan menambah safety, yaitu mengaktifkan indikator pintu mobil pada speedometer.

Kenapa hanya indikator pintu saja sedangkan indikator yang lain masih banyak yang belum aktif seperti pada gambar diatas?

Karena itu yang paling mudah untuk diaplikasikan dan karena yang lain perlu penyambungan jalur listrik serta penambahan part

-Indicator BBM : Perlu penyambungan dengan solder dan pelampung
-Indicator ABS : Mobil saya tidak ada fitur ABS
-Lampu Mundur : Perlu penyambungan dengan solder
-Indicator Air Bag : Mobil saya juga belum ada airbag
-Indicator SeatBelt : Perlu tambahan part sensor switch

Untuk indikator pintu ini sangat mudah, kamu hanya perlu memasang lampu saja tanpa perlu penyambungan installasi apapun.
Lampu T5 Speedometer
Lampu T5 Speedometer
Spek lampu yang digunakan adalah T5 beserta soketnya dan boleh memakai tipe led ataupun biasa .Untuk 1 lampu dan soketnya kisaran harga 5 sampai 10ribu rupiah. Bisa kamu dapatkan di toko aksesoris atau spare part mobil terdekat.

Berikut langkah langkahnya : 
Pertama kita harus melepas speedometernya dulu.
Lepas baut cover kemudian tarik kebelakang cover warna hitamnya. Selanjutnya adalah buka keempat baut yang mengikat framenya dengan obeng plus kemudian tarik keatas pelan pelan. Kalau masih bingung bisa lihat cara membuka speedometer

Setelah cukup rongga untuk tangan, masukkan tangan ke bawah speedo dan tinggal kita pasang lampu dengan soket T5 tadi ke dalam posisi indicatornya.

Posisi indicator pintu ini berada dibawah penunjuk RPM. Putar agar soketnya mengunci di pcb speedometer.
Jika sudah terpasang, selanjutnya coba test dengan cara membuka dan menutup pintunya. Jika posisi pintu terbuka ada lampu indicator nayala seperti mobil dengan pintu terbuka kanan kiri maka fungsi indicator pintu sudah benar.

Untuk indicator yang lain akan saya share di tulisan berikutnya. Demikian cara menghidupkan indikator pintu mobil avanza xenia lama. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara menghidupkan Lampu Indicator Pintu Avanza Xenia Lama (2204-2011)"