Cara Menjernihkan Rekaman Suara Menjadi Merdu Dengan Audacity

Topdewe.comCara Menjernihkan Rekaman Suara Menjadi Merdu Dengan Audacity.
Cara menjernihkan rekaman suara dengan audacity
Cara menjernihkan rekaman suara dengan audacity
Hasil rekaman audio kita sering kali terdapat noise sehingga terasa kurang jernih dan kurang enak di telinga.Yang dimaksud noise adalah suara statik (konstan) yang mengganggu dan masuk ke rekaman audio.

Noise ini bisa muncul karena beberapa sebab diantaranya adalah ruangan rekaman yang kurang kedap atau diruangan terbuka.Noise adalah suara suara seperti suara kipas angin,tegangan listrik atau kresek - kresek lainya.

Suara yang jernih dengan noise yang sedikit lebih enak untuk didengarkan.Apalagi jika anda rekaman untuk sebuah lagu,maka noise harus seminimal mungkin hilang agar hasil suara menjadi bersih.

Namun anda tak perlu khawatir karena tehnologi bisa merubahnya.Seperti pada artikel ini yang akan menjelaskan panduan atau cara menjernihkan rekaman atau mengurangi noise agar suara menjadi jernih.Tutorial ini saya menggunakan software Audacity untuk menghilangkan noise

Proses menghilangkan suara noise dan membuat menjadi bersih lagi ini cukup mudah.Anda tidak perlu keahlian khusus dalam mixing atau mastering audio. Cukup dengan beberapa klik sudah selesai.Ikuti langkah dibawah ini

Cara menjernihkan suara dengan Audacity :
Anda bisa download software audacity nya disini : https://www.audacityteam.org.
Pertama buka aplikasi audacity di komputer anda, selanjutnya import audio yang akan dihilangkan noisenya atau anda juga bisa melakukan perekaman langsung dengan audacity. 
Cara menjernihkan rekaman dengan audacity
Cara menjernihkan rekaman dengan audacity

Selanjutnya klik bagian yang ada noisenya,atau bisa dengan drag.
Kemudian klik menu effect dan cari menu Noise Reduction kemudian Klik Get Noise Profil
cara menghilangkan noise dengan audacity
Kemudian select semua audio track atau dengan CTRL+A
Selanjutnya klik lagi dibagian Effect lalu klik lagi Noise reduction

Coba putar audio anda dan dengarkan hasilnya,noise akan berkurang dan suara menjadi bersih dan jernih.Namun jika dirasa noise masih ada,anda bisa mengulangi proses seperti diatas 

Jika hasil rekaman audio anda terlalu parah noisenya,maka anda bisa lakukan penjernihan dengan cara dibawah ini :

Pertama klik di bagian Effect kemudian cari equalization. Setelah keluar menu maka lihat menu Select Curve kemudian pilih Bass Boost lalu klik OK.
Cara menjernihkan rekaman suara dengan audacity
Cara menjernihkan rekaman suara dengan audacity
Selanjutnya buka lagi effect dan pilih Equalization yang tadi,kemudian lihat menu Select Curve, pilih treble boost lalu klik OK.

Setelah tahapan itu selesai kemudian bersihkan lagi noisenya seperti pada tahap no1 diatas:

Klik & drag di bagian Noise > Effect > Klik Noise reduction > Klik Get Noise Profile > CTRL + A > Klik lagi di bagian Effect > Noise Reduction > Klik OK.

Dengan cara diatas seharusnya suara rekaman anda sudah menjadi lebih jernih dan bersih karena noisenya sudah berkurang jauh.

Post a Comment for "Cara Menjernihkan Rekaman Suara Menjadi Merdu Dengan Audacity"