Apa Arti Mesin SOHC dan DOHC Serta Kelebihan dan Kekuranganya

Arti SOHC dan DOHC beserta kekurangan dan kelebihanya
Arti SOHC dan DOHC 
Topdewe.comApa Arti Mesin SOHC dan DOHC Serta Kelebihan dan Kekuranganya. Istilah SOHC dan DOHC ini biasa dipakai dalam dunia otomotif. Baik roda dua (motor) maupaun roda empat (mobil). Jika anda belum tahu apa itu arti SOHC atau DOHC,teruskan baca artikel ini untuk mengetahui artinya serta kelebihan dan kekurangan dari kedua istilah otomotif tersebut.Pada artikel ini akan saya tuliskan mesin type SOHC dan DOHC untuk motor

Arti DOHC dan SOHC
SOHC adalah singkatan dari Single Over Head Camshaft sedangkan DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft. Camshaft adalah batang silinder yang berfungsi untuk mengatur timing buka tutup katup (klep) ketika masuk bahan bakar dan katup keluarnya untuk gas buang atau biasa disebut noken as.

Melihat dari singkatanya,sudah bisa disimpulkan perbedaan antara SOHC dan DOHC yaitu terletak pada jumlah camshaft atau noken as yang ada pada cylinder head.Untuk mesin SOHC hanya memiliki satu camshaft sedangkan DOHC memiliki dua camshaft.

SOHC
Mesin motor type SOHC
Mesin type SOHC

Mesin jenis SOHC ini hanya memiliki satu camshaft atau noken as yang berada ditengah cylinder head,dan mesin hanya memiliki 2 katup saja. Satu katupnya untuk mengatur bahan bakar masuk dan satu katup lagi untuk mengatur keluarnya gas buang.

Pengaturan buka tutup katup ini digerakkan oleh rocker arm yang terhubung langsung dengan camshaft (noken as).Umumnya,motor yang menggunakan mesin jenis SOHC ini pada jenis motor yang ber-cc kecil seperti motor matic, dan cub dan untuk type sport diantaranya Byson,Verza 150, V-ixion, Megapro.

Namun pada perkembangannya mesin jenis SOHC dengan satu Camshaft ini tidak hanya mempunyai 2 katup saja, namun bisa juga ditempatkan 4 buah katup. Caranya adalah dengan memodifikasi kepala rocker arm menjadi bercabang dua pada katup in dan katup ex seperti pada motor YZF-R15 dan V-ixion. Dengan 4 buah katup, maka power yang dihasilkan bisa di tingkatkan

Kelebihan mesin SOHC

  • Karena hanya menggunakan satu Camshaft,maka berat mesin lebih ringan
  • Relatif Lebih Irit bahan bakar
  • Cost produksi dan perawatan lebih murah.
  • Low-end torque atau Torsi mesin bekerja lebih baik pada kecepatan rendah.

Kekurangan mesin SOHC
Karena menggunakan dua buah rocker arm,biasanya mesin menjadi lebih berisik 
Angka putaran mesin (RPM) rendah, sehingga top speed tidak terlalu tinggi.
DOHC
Mesin motor type DOHC
Mesin motor type DOHC

Pada mesin jenis DOHC ini pada cylinder head memiliki dua camshaft dalam satu piston. Masing masing dari camshaft ini menggerakkan langsung 2 buah katup. Dimana 2 katup bekerja untuk mengatur masuknya bahan bakar dan 2 katup lainnya bekerja mengatur keluarnya gas buang.

Dengan jumlah katup (klep) dua kali lebih banyak (2 klep in dan 2 klep ex),maka power yang dihasilkan otomatis menjadi lebih besar karena penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot lebih besar. Jenis motor yang menggunakan mesin DOHC ini antara lain: CB150R,  YZF-R25, Ninja 250FI,Satria FU150.

Kelebihan mesin DOHC
Kelebihan mesin jenis DOHC ini adalah dengan adanya 4 katup yang langsung digerakkan oleh camshaft membuat asupan bahan bakar melimpah, sehingga power mesin menjadi lebih besar dan stabil di putaran mesin (rpm) yang tinggi atau torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi (top-end power).

Kekurangan mesin DOHC

  • Karena menggunakan dua Camshaft,maka berat mesin lebih berat.
  • Kebutuhan bahan bakar relatif lebih boros.
  • Cost produksi dan perawatan lebih tinggi
  • Suku cadang dan proses perawatan lebih banyak.
  • Pada putaran bawah,mesin lebih berat karena harus menggerakkan dua camshaft.

Nah dari uraian penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa baik mesin SOHC maupun DOHC pada prinsipnya sama yaitu untuk mengatur buka tutupnya katup. Namun untuk mendapatkan power atau torsi maksimal, jenis mesin SOHC maupun DOHC dipengaruhi oleh banyak sekali faktor lain misalnya, besarnya klep, besarnya sudut klep, diameter silinder dan panjangnya langkah piston (overbore/overstroke) dan lain lain.

Nah bagi anda yang menginginkan motor untuk aktifitas harian yang irit serta mudah perawatannya,jenis mesin SOHC adalah pilihan yang cerdas. Namun jika anda menginginkan motor dengan performa tinggi yang lebih powerful,maka jenis mesin DOHC memiliki potensi yang bisa lebih untuk itu.Maka dari itu,salah satu alasan motor balap dunia semua menggunakan mesin jenis DOHC

Demikian penjelasan singkata mesin type SOHC dan DOHC pada motor serta kelebihan dan kekuranganya masing masing.Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita.
sumber : anangcozz.com

Post a Comment for "Apa Arti Mesin SOHC dan DOHC Serta Kelebihan dan Kekuranganya"