Solusi Ebilling Error dan 4 Penyebab Kegagalan Dalam Membuat ID Billing

4 Penyebab Kegagalan Dalam Membuat ID Billing
4 Penyebab Kegagalan Dalam Membuat ID Billing
Penyebab Kegagalan Dalam Membuat ID Billing
Untuk anda yang sedang mencoba membuat ID Billing dan mengalami kegagalan, gagal membuat ID Billing anda bisa saja terjadi karena beberapa hal berikut ini. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya. 

Manfaat dari ID Billing
Sebelum kita masuk ke solusi masalah pembuatan ID Billing, kita ketahui terlebih dahulu sebetulnya apa manfaat atau kegunaan dari ID Billing ini. ID Billing adalah sebuah kode yang penting untuk dimiliki seorang wajib pajak agar ia bisa melakukan pembayaran terhadap tagihan pajaknya.

ID Billing ini merupakan kode yang digunakan sebagai pengenal tagihan setelah dilakukan pembayaran secara online. Jika ID Billing ini tidak ada, maka pembayaran anda akan ditolak dan uang anda hangus.

Kesalahan server 
e-Billing adalah sebuah aplikasi digital yang bisa digunakan jika alat elektronik yang mendukungnya berfungsi dengan baik. Oleh karena itu jika pada alat elektronik pendukungnya mengalami kesalahan, maka sudah pasti e-Billing tidak bisa bekerja dengan baik.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada alat elektronik pendukung dari e-Billing adalah server down. Ketika server e-Billing down, maka pengguna dari e-Billing tentu tidak bisa melakukan apapun dengan aplikasi ini. Mulai dari penggunaannya, melakukan login hingga membuat ID Card juga akan sulit untuk dilakukan. 

Untuk mengatasi masalah ini, maka anda bisa menutup sejenak djp online error anda lalu mengulanginya beberapa saat kemudian. Jika masalah ini belum juga selesai dan anda membutuhkan akun anda lebih cepat, maka anda bisa menghubungi pihak e-Billing untuk mengetahui apakah memang ada kesalahan pada server atau kesalahan pada perangkat anda. 
Kesalahan input data
Selain disebabkan karena kesalahan server, kondisi gagal membuat ID Billing ini juga bisa disebabkan karena masalah kesalahan input data. Kesalahan input data yang anda lakukan dapat menyebabkan proses pembuatan ID Billing menjadi bermasalah.

Jika hal ini terjadi, maka anda tidak perlu bingung. Anda hanya perlu membuat akun baru untuk ID Billing anda. Kali ini pastikan dan menggunakan data yang benar sehingga tidak perlu repot lagi kedepannya. 

ID Billing hilang
Selain tidak bisa membuat ID Billing karena ditolak sistem secara langsung, pembuatan ID Billing juga bisa disebut gagal ketika ID Billing tidak bisa diakses setelah digunakan. Banyak yang mendapatkan masalah seperti ID Billing yang sudah mereka buat hilang. Jika hal ini terjadi, maka yang perlu anda lakukan adalah masuk ke situs e-Billing DJP Online. 

Untuk masuk ke situs e-Billing ini anda akan memerlukan NPWP dan juga password anda. Setelah anda bisa masuk ke akun e-Billing anda, maka anda bisa melihat data anda dengan mengklik menu view data. Setelah itu pilih menu surat setoran elektronik. Selanjutnya perhatikan transaksi anda, pilih nomor transaksi dan anda bisa menemukan ID Billing anda di sana.

Hal ini akan mengatasi masalah gagal membuat ID Billing dan membuat anda bisa menggunakan ID Billing anda kembali.
Baca juga : Cara isi dan lapor SPT Online

Error pada e-Billing dan Solusinya
Errror pada E-Billing dan Solusinya
Errror pada E-Billing dan Solusinya
Bagi anda yang baru dalam hal pajak online, maka ada banyak kemungkinan anda akan mendapatkan banyak masalah. Selain karena sistem yang baru, banyaknya aplikasi untuk pajak juga terkadang membuat banyak pengguna menjadi pusing dan bingung.

Untuk anda yang merasa ebilling tidak bisa di gunakan karena adanya beberapa error, berikut ini adalah beberapa macam error pada e-Billing dan solusinya. 

Kode error 
Ketika mengalami error, e-Billing tentu akan memberikan penjelasan mengenai error yang dimilikinya. Error pada e-Billing ini biasanya akan diungkapkan dengan kode-kode. Jenis kode yang sering muncul adalah kode error REG dan juga kode error SO.

Kode inilah yang akan memudahkan anda untuk menentukan apa penyebab dari error dari e-Billing dan bagaimana solusinya. 
Kode error REG
Kode error reguler biasanya adalah kode error yang ditunjukkan oleh e-Billing ketika ada masalah mengenai registrasi. Ada beberapa jenis kode error jenis REG ini. Apa saja?

REG001 
Merupakan kode error yang disebabkan karena NPWP anda tidak terdaftar pada Master File WP. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan registrasi Wajib Pajak terlebih dahulu agar bisa menggunakan e-Billing anda. Selain itu kode error REG001 ini juga bisa disebabkan karena service sedang down.

Jika hal ini terjadi, maka anda perlu mengulang proses setelah memberikannya jeda beberapa waktu. 

REG002
Merupakan error yang disebabkan karena NPWP tidak aktif

REG003
Merupakan error yang disebabkan karena NPWP DE

REG005
Merupakan error yang terjadi ketika anda belum memiliki EFIN. Solusinya adalah melakukan pendaftaran EFIN

REG006
Setelah daftar EFIN pastikan akun EFIN anda aktivasi, jika belum di aktivasi, maka akan muncul error REG006 ini. 

REG029 
Merupakan eror yang disebabkan karena pendaftaran MPN Biller Gagal. Jika hal ini terjadi anda harus segera menghubungi call center. 

REG029A
Meski sudah sukses mendaftar MPN Biller, e-Billing dari djp online error tidak akan bisa digunakan jika koneksi MPN Biller gagal. Jadi untuk solusi dari ebilling tidak bisa di gunakan ini anda juga perlu menghubungi call center. 

Kode error SO
Untuk kode Error SO ini jenisnya yang sering muncul adalah 7 jenis error. Berikut ini adalah jenis error dengan kode SO yang mungkin akan anda temukan. 

SO001
Kode error ini merupakan kode yang disebabkan karena NPWP anda tidak ditemukan. Solusinya adalah dengan mendaftar terlebih dahulu 

SO002
Merupakan kode error jika anda selaku wajib pajak belum terdaftar dalam website DJP online. Untuk mengatasinya sudah tentu anda perlu melakukan pendaftaran ke DJP terlebih dahulu 

SO003
Error yang disebabkan karena password tidak sesuai

SO004
Error yang disebabkan karena pengguna belum aktif

SO005
Error yang disebabkan karena proses login dari User SSE sedang bermigrasi. Biasanya disebabkan karena email sudah digunakan. Untuk mengatasinya, maka wajib pajak harus melakukan reset password dan juga mengubah email yang digunakan 

SO006
Gagal autentikasi 

SO007
Jika muncul error ini artinya ebilling tidak bisa di gunakan karena kesalahan dalam proses input data login.

Post a Comment for "Solusi Ebilling Error dan 4 Penyebab Kegagalan Dalam Membuat ID Billing"