Aplikasi Zoom,Cara Install Dan Fitur Zoom Meeting Lengkap

Cara install aplikasi Zoom Meeting dan fitur-fiturnya lengkap. Semenjak adanya pandemi global Coronavirus atau Covid-19 yang secara resmi dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, membuat banyak dari negara dengan penderita pandemi ini mengambil tindakan demi menyelamatkan warga negaranya.

Seperti lockdown, menutup sekolah, perkantoran,tempat wisata dan semua kegiatan di tempat umum ditutup untuk mencegah pandemi ini berkembang lebih parah.
Dari penutupan itu menimbulkan dampak ekonomi yang besar di setiap negara terdampak

Para pekerja dilarang untuk melakukan aktivitas di kantornya dan kemudian muncul istilah WFH atau work from home massal yang dilakukan hampir di semua negara yang terinfeksi dan terdampak pandemi.

Agar pekerjaan tetap bisa dijalankan dari rumah,tentunya membutuhkan sebuah aplikasi atau software penunjang untuk konferensi atau meeting online.
Salah satu aplikasi meeting yang banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Zoom Meeting.
Cara instal dan fitur aplikasi zoom meeting
Aplikasi Zoom Meeting
Aplikasi ini membuat kegiatan telecommuting jarak jauh menjadi lebih praktis, efisien serta banyak fitur yang membuat meeting online lebih nyaman.

Aplikasi Zoom telah menjadi alat komunikasi bagi yang bekerja dari rumah (WFH) untuk tetap bisa berhubungan dan melanjutkan alur kerja dengan gangguan minimal.

Zoom meeting adalah aplikasi yang dapat melakukan konferensi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler untuk membantu pekerjaan tetap berjalan dan proses belajar E-learning

Anda bisa langsung mendownload aplikasi Zoom ini melalui Play store atau langsung dari windows.
fitur zoom meeting lengkap
fitur zoom meeting
Mengenal Zoom Meetings
Zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing yang mengizinkan anda untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. 

Semua percakapan via aplikasi Zoom meeting ini bisa direkam dan bisa dilihat kembali lain waktu

Aplikasi Zoom ini dinilai mempunyai kualitas yang mumpuni, sebagai bukti dimana setengah dari perusahaan yang masuk ke Fortune 500 sudah menggunakan layanannya.

Presiden RI Bapak Joko Widodo dan jajarannya dikabarkan menggunakan juga aplikasi zoom untuk rapat online dengan anggota kabinet.

Ketika berbicara tentang Zoom, kita biasanya akan mendengar kata seperti : Zoom Meeting (rapat Zoom) dan Zoom Room (ruang Zoom). 
Cara menggunakan aplikasi zoom
menggunakan aplikasi zoom
Zoom Zoom merupakan istilah yang mengacu pada rapat konferensi video yang dihosting menggunakan Zoom. 

Kita bisa bergabung dengan rapat atau meeting yang mengundang melalui webcam atau smartphone secara online.

Untuk ruang Zoom sendiri merupakan pengaturan perangkat keras fisik yang memungkinkan sebuah perusahaan untuk menjadwalkan dan meluncurkan meeting Zoom dari ruang konferensi mereka.

Anda bisa juga memakai aplikasi ini untuk skala kecil,akan tetapi jika anda mempunyai perusahaan yang besar, tidak ada salahnya untuk membeli layanan premium Zoom untuk mewadahi pekerjaan anda agar lebih mudah.

Jumlah pengguna aplikasi Zoom telah mengalami perkembangan pesat selama adanya pandemi COVID-19 ini.

Diperkirakan, perusahan yang memimpin dalam konferensi meeting online ini mendapatkan lonjakan pengguna aktif sebanyak 2,22 juta per bulan sejak Maret 2020, sedangkan pengguna aktif 2019 berjumlah 1,99 juta.

Harga berlangganan Zoom premium
Aplikasi Zoom memberikan kemudahan bebas biaya atau gratis bagi penggunannya yang mendownload aplikasi ini melalui laptop. 

Akan tetapi, bagi pengguna yang ingin melakukan pengelolaan dengan skala lebih besar dan advance harus melakukan registrasi terlebih dulu.
Daftar harga berlangganan aplikasi zoom
Daftar harga berlangganan aplikasi zoom
Jika Anda ingin melakukan konferensi online dengan anggota lebih dari 1000 orang disaat yang bersamaan, anda bisa mencoba menggunakan paket Enterprise Plus dengan harga mulai dari $19,99 /bulan.

Untuk penggunanya dalam skala kecil, Zoom menyediakan paket gratis.
Tentunya paket ini mempunyai keterbatasan tersendiri seperti partisipan yang dibatasi hanya dengan 100 orang dalam satu konferensi dengan waktu konferensi maksimal 40 menit serta pembatasan fitur- fitur lainnya.

Fitur- fitur  utama zoom.
Zoom menyediakan banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan baik itu grup, pekerjaan, dan hal lainnya.
Zoom meeting juga dimanfaatkan untuk melaksanakan Video Conference. 

Berikut adalah fitur- fitur inti dari aplikasi Zoom yang sangat mempermudah konferensi rapat online Anda:

Pertemuan rapat one-on-one.
Host atau tuan rumah bisa melakukan rapat persatuan atau one-one-one tanpa batas bahkan hanya dengan paket gratis sekalipun. 

Anda juga bisa dengan mudah melakukan kontrol terhadap user yang bergabung pada Konferensi meeting anda dengan menggunakan Aplikasi Zoom
Fitur zoom meeting
Fitur zoom meeting
Konferensi rapat grup video.
Anda dapat mengundang hingga 500 orang peserta jika Anda membeli add-on untuk rapat besar. 

Namun untuk paket gratis hsnya memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan konferensi rapat format video hingga 40 menit dan sampai 100 peserta. 

Zoom sangat mudah digunakan bahkan dengan koneksi yang lambat sekalipun.

Sharing screen & Chat
Peserta dapat bertemu dalam format one-one-one atau dengan kelompok besar, serta berbagi layar anda dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang anda lihat.


Hal ini sangat berguna bagi anda yang menggunakan Zoom untuk meeting pekerjaan, mempresentasikan project dengan client, dan lainnya

Untuk peserta juga dapat melakukan Chat kesemua user atau keuser lain secara Private. Fitur ini sangat bermanfaat untuk diskusi antar peserta yang hadir dalam rapat dan Conference. 
Bisa juga dimanfaatkan untuk sesi tanya jawab atau FAQ dengan menginformasikan pertanyaan pada Fitur Chat ini.

Fitur Recording Video Call
fitur recording zoom meeting
fitur recording zoom meeting
Satu lagi fitur yang tidak kalah keren dari Zoom adalah, Kita bisa merekam video call yang kita lakukan, hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang melaksanakan Video Conference dimana nantinya videonya bisa di upload kembali atau di edit agar lebih baik sebelum di publikasikan ke umum.

Bagaimana Cara Download Aplikasi Zoom?

Berikut adalah cara download dan install aplikasi zoom meeting di PC atau HP android

a) Aplikasi Zoom Untuk Windows
Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui komputer atau laptop anda, dan jika anda menggunakan Operating System Windows, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini :
cara download dan install zoom
cara download dan install zoom PC
Buka Web Browser lalu ketikkan Zoom Cloud Meeting pada kolom pencarian, kemudian Klik Downloa atau Install.
Tunggu beberapa saat, dan aplikasi Zoom sudah bisa anda gunakan di PC/Laptop Anda
Selesai !

b) Aplikasi Zoom Untuk HP Android 
Berikut adalah langkah – langkah cara download dan install zoom meeting untuk HP android :
Cara download dan install zoom di HP
Cara download dan install zoom di HP : pict from play store
Buka Playstore di HP anda kemudian ketikkan Zoom Cloud Meeting, lalu Klik Install.
Tunggu beberapa saat dan aplikasi Zoom sudah bisa anda gunakan di smartphone android anda.

c) Aplikasi Zoom Untuk Iphone Smartphone
Untuk Iphone, anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

Buka Appstore di HP Anda, lalu ketikkan Zoom Cloud Meeting, Kemudian Klik Install.
Tunggu beberapa saat dan aplikasi Zoom sudah bisa anda gunakan di smartphone Anda.
Selesai.
Selanjutnya silahkan baca Tips dan trik zoom meeting

Post a Comment for "Aplikasi Zoom,Cara Install Dan Fitur Zoom Meeting Lengkap"