Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aki Mobil Sering Tekor? Coba Periksa Part Ini

Penyebab aki tekor,drop atau soak
Penyebab aki tekor,drop atau soak
Beberapa bulan belakangan, sering banget aki  mobil saya tekor. Padahal tidak ada part tambahan yang banyak memakan beban seperti audio atau lampu-lampu

Bahkan jika dalam 4 hari saja mobil lupa dihidupkan, sudah bisa dipastikan mobil tidak bisa distarter karena aki ga kuat ngangkat.

Jadi saya musti cari pinjam mobil tetangga buat jumper aki mobil saya supaya kuat untuk starter dan sekedar untuk dipanasin dalam garasi.

Jika tidak ada mobil lain, terpaksa saya harus jumper aki dengan motor dan rela menunggu lebih lama ketimbang jumper pakai mobil.

Kejadian aki mobil tekor seperti ini sudah sangat sering sekali. Saya berpikir mungkin karena ini usia aki yang sudah sekitar 2 tahun dari semenjak beli.

Saya sudah cek kondisi air aki juga terisi sesuai dengan anjuran, sudah cek juga terminal positif negatif aki dan membersihkanya. Tapi tetap sama saja kalau lupa dipanasin beberapa hari tekor lagi.

Sempat berpikir untuk mengganti aki baru saja karena sudah capek jumper aki mobil. Dan lebih kesel lagi kalau mobil pas mau dipakai jalan tiba tiba tekor, dimana urusan penting sudah menunggu.

Kondisi aki sering tekor seperti ini juga baru saya alami selama punya mobil. Sebelumnya tidak pernah separah ini.

Belum sempat ganti aki baru, pas saya mau nyalain mobil,tiba tiba indicator aki pada dashboard menyala terus dan tidak hilang ketika mobil sudah hidup.

Biasanya lampu indicator akan mati ketika mobil sudah hidup beberapa menit.

Setelah saya bawa muterin komplek beberapa kali,indicator aki ini juga tetap masih menyala. Ini berarti ada kerusakan atau malfungsi pada perangkat pengisian daya.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata dinamo starter bermasalah. Voltase nya naik turun tidak stabil namun cenderung dibawah standart.

Kemudian analisa saya berubah ke dinamo starter ini yang menyebabkan aki sering tekor.

Kemudian saya ganti dinamo starternya dan indicator aki tadi sudah hilang.

Saya lakukan tes tidak menyalakan mobil dalam waktu seminggu ternyata aki masih aman.

Kemudian saya tambah durasinya menjadi 2 minggu dan ternyata aki masih aman juga.

Bisa saya simpulkan bahwasanya penyebab aki mobil sering tekor terlalu cepat itu adalah karena dinamo ampere atau dinamo starternya sudah error.

Sekarang, kondisinya sudah normal kembali. Saya tidak hidupkan agak lama aki tidak tekor selama tidak ada perangkat yang masih aktif misalnya lampu.

Nah jika kamu mengalami aki mobil sering tekor terlalu cepat, jangan buru-buru ganti aki dulu. Coba periksa dinamo starternya

3 comments for "Aki Mobil Sering Tekor? Coba Periksa Part Ini"

  1. Berdesain Coupe, Ferrari Roma Akhirnya Mengaspal di Indonesia!
    Di bawah payung PT Eurokars Prima Utama, Ferrari memperkenalkan mobil sport yang asyik dikendarai untuk sehari-hari. Mobil yang juga dinanti-nanti oleh pecinta kendaraan sport ini yaitu Ferrari Roma...Baca Selengkapnya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete