Ketahui Sumber Bunyi Yang Mengganggu Di Kolong Mobil

Pernahkah kamu merasa terganggu dengan adanya bunyi-bunyi aneh dari kolong mobil? Hal itu tentu sangat menyebalkan bukan? Apalagi kalau bunyi-bunyi yang muncul itu saat kamu berkendara di jalanan sedang macet. Semakin bertambah boring pastinya.

Pada umumnya, bunyi-bunyi yang ada dan mengganggu tersebut dialami oleh mobil dengan usia yang sudah di atas lima tahun. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan masalah tersebut bisa juga terjadi pada mobil yang usia pakainya belum mencapai lima tahun.

Baca juga : Cara jitu mengusir tikus dari mobil

Solusinya mungkin dengan membawa mobilnya ke bengkel langganan kamu. Namun jika kamu penasaran dan ingin tahu darimana saja sumber bunyi-bunyi yang mengganggu tersebut, kamu bisa mengeceknya sendiri dan akan lebih bagus lagi jika bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel. Tentunya akan menghemat biaya juga.

Berikut adalah beberapa bagian pada mobil yang bisa menjadi sumber bunyi yang mengganggu yang muncul di kolong mobil.

Bushing Arm

Bunyi berdecit karena bushing arm
Bunyi berdecit karena bushing arm

Bushing arm ini biasanya akan memunculkan bunyi yang berdecit keras dan terus terdengar secara berulang. Terlebh ketika mobil melewati jalan keriting atau bergelombang, tidak rata, atau jalan rusak.

Jika sumber bunyi tersebut berasal dari bushing arm ini, umumnya karena karet bushing arm sudah getas atau tidak fleksibel lagi. Solusinya adalah kamu harus segera menggantinya dengan karet bushing yang baru.

Baca juga : Penyebab stir mobil getar di kecepatan tertentu

Ball Joint

Bunyi besi beradu karena ball joint
Bunyi besi beradu karena ball joint

Jika mobil kamu ketika berbelok ke kiri atau ke kanan terdengar suara aneh, biasanya sumber bunyi tersebut berasal dari komponen ball joint. Umumnya ciri bunyi dari ball joint tersebut seperti ada bunyi besi yang beradu.

Solusinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Selainitu bisa juga diatasi dengan diberi pelumas pada ball joint.

Strut-Bar

Bunyi besi beradu karena karet strut bar
Bunyi besi beradu karena karet strut bar

Jika mobilmu terdapat bunyi besi beradu disertai bunyi decitan pada bagian bawah jok depan, umunya sumber bunyi tersebut berasal dari strut bar.

Baca juga : Membersihkan ruang mesin mobil sendiri

Jikalau bunyinya lebih halus daripada bunyi decit yang bersumber dari bushing-arm.Bunyi yang muncul ini disebabkan karena karet strut-bar sudah retak atau pecah. 

Untuk memperbaiki dan menghilangkan bunyinya, kamu harus segera mengganti karet strut-bar tersebut dengan yang baru.

Bearing atau Laher

Bunyi dengung karena laher atau bearing
Bunyi dengung karena laher atau bearing

Bunyi yang ditimbulkan karena masalah bearing atau laher ini terdengar seperti bunyi dengung. Jika bunyi itu ada berarti bearing sudah retak atau pecah. 

Untuk mengatasi masalah bunyi dari bearing ini maka kamu harus segera menggantinya dengan bearing yang baru. Jika bearing yang rusak tidak segera diganti, maka bearing atau laher tersebut bisa terlepas dan roda mobilmu akan sulit berputar.

Biasanya masalah bearing pecah tersebut disebabkan oleh dua hal yaitu, gemuk atau pelumas yang sudah habis dan yang kedua karena mobil sering melewati jalanan keriting yang rusak atau jalanan bebatuan dengan kecepatan yang tinggi.

Baca juga : Cara pasang lampu DRL Auto On di Mobil

Link Stabilizer

Bunyi dug dug karena link stabilizer
Bunyi dug dug karena link stabilizer

Bunyi yang ditimbulkan dari link stabilizer ini biasanya terdengar bunyi "duk-duk" yang halus, baik di depan ataupun di belakang, itu disebabkan karena karet yang sudah pecah. 

Ini terjadi karena seringnya mobil melewati jalanan rusak dengan kecepatan yang tinggi. Untuk menghilangkan bunyi dari karet pecah link stabilizer tersebut,solusinya harus mengganti dengan yang baru

Long Tie-Rod

Bunyi dug dug karena long tie rod
Bunyi dug dug karena long tie rod

Bunyi "duk-duk" di kolong depan mobil saat mobil dijalankan ini selain dari link stabilizer juga bisa disebabkan oleh long tie rod. 

Umumnya karena pelumas pada sambungan telah habis sehingga menyebabkan munculnya bunyi.Untuk solusinya adalah dengan segera mengisi ulang pelumas mobilmu.

Per Daun Belakang

Bunyi akibat per daun belakang mobil
Bunyi akibat per daun belakang mobil

Per daun belakang yang kering dan berkarat juga bisa memunculkan bunyi berdecit. Untuk mengatasinya kamu bisa mengolesi dengan pelumas atau oli. Atau bisa juga dengan menyelipkan potongan karet ban dalam di antara lempengan per daun .

Shockbreaker

Timbul bunyi karena shock breaker mati
Timbul bunyi karena shock breaker mati

Jika mobilmu terdengar bunyi jedug ketika mobil kamu melewati jalanan yang berlubang, apalagi dalam kecepatan yang tinggi,coba periksa shockbreakernya. 

Biasanya akan terasa juga bantingan-bantingan mobil yang keras, terutama pada bagian shockbreaker yang mati. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti shock baru

Demikian bagian-bagian yang bisa menjadi sumber bunyi-bunyi mengganggu yang muncul di kolong mobil kamu. Jika kamu sudah mengetahui bagian mana saja yang menjadi sumber munculnya bunyi-bunyian yang mengganggu tadi, segera perbaiki sebelum merembet dan menyebabkan kerusakan lebih parah.

Post a Comment for "Ketahui Sumber Bunyi Yang Mengganggu Di Kolong Mobil"