Letak Dan Cara Mengambil Dongkrak Mobil.Kamu harus Tahu!

letak dan cara melepas dongkrak mobil
letak dan cara melepas dongkrak mobil
Sudah tahunan punya mobil tapi masih belum tahu dimana letak atau lokasi dongkrak mobil serta cara melepaskanya? Saya yakin, dari sekian banyak pemilik dan pemakai mobil, masih ada saja yang tidak tahu dimana letak dongkrak mobil. 
Jikalau sudah tahu letaknya pun belum tentu juga bisa mengambilnya. Yang demikian ,sudah beberapa kali saya lihat dengan mata kepala sendiri.

Mereka kebingungan nyari dimana letak dongkraknya dan bagaimana cara melepas dongkrak mobil tersebut. Sebenarnya posisi atau letak dongkrak serta cara mengambil berikut cara memakainya sudah ada di manual book. 

Baca juga : Cara membersihkan mika lampu kuning

Namun beberapa orang kadang enggan membaca manual booknya. Selama mobil masih bisa dipakai tanpa masalah ya jalan aja.Padahal ini sebagai panduan dasar pengoperasian mobil

Hal yang dianggap sepele ini nanti akan sangat diperlukan jika di dalam perjalanan mobil kita mengalami masalah, misalnya ban bocor atau ada kendala lain yang mengharuskan kita untuk menggunakan dongkrak seperti mengganti part di kolong mobil

Jika dekat dengan bengkel, mungkin bisa panggil montir. Ga keren juga kalau hanya ganti ban saja harus minta bantuan orang lewat kan?

Kecuali yang minta bantuanya cewek, udah gitu cakep lagi. Udah pasti ga diminta pun banyak orang yang akan menawarkan jasanya hehe

Namun sebagai seorang lelaki sejati, hal sepele ini wajib kamu ketahui sebagai bekal dijalan.

Di tulisan ini saya akan mencontohkan untuk posisi dan cara melepas dongkrak mobil xenia atau avanza

Dimana letak dongkrak mobil xenia avanza?

Letak dongkrak ini ada dibawah jog atau kursi baris paling depan yang sebelah kiri driver. Dibawah jog itu biasanya tersimpan dongkrak, toolkit, dan segitiga merah untuk penanda jika mobil kita sedang ada problem.

Baca juga : DIY Cara membersihkan ruang mesin mobil

Secara sekilas mungkin memang tidak terlihat karena dongkrak dan perangkatnya tersebut tertutup oleh karpet. Untuk melihatnya kita harus menyibakkan dulu karpetnya.

OK, Sekarang sudah tahu dimana tempatnya, selanjutnya bagaimana cara mengambilnya?

Cara mengambil dongkraknya adalah pertama buka pintu mobil sebelah kiri kemudian majukan jog depan sampai mentok supaya leluasa.

Selanjutnya melalui belakang jog, putar ulir dongkrak sampai dongkrak terbuka. Umumnya dengan memutar ke kanan atau searah jarum jam. Atau kalau posisi berdiri berarti dongkrak menjadi tinggi.

Ketika sudah lebar maka dongkrak bisa kita lepas dari bracket penguncinya atau rumahnya dengan cara ditarik keatas atau kita angkat saja

Baca juga : Cara ganti lampu foglamp

Untuk mengembalikanya ke posisi awal, caranya dengan kebalikan dari mengambilnya tadi. Longgarkan dongkrak, kemudian masukkan ke bracket pengunci, lalu putar ulir ke kiri sampai mengikat ke bracketnya.

Periksa jangan sampai dongkrak longgar. Karena nanti akan menimbulkan bunyi berisik, selain itu juga bisa beresiko mengenai kaki penumpang yang duduk di bangku belakangnya .

Supaya lebih fasih coba praktekkan dulu di mobil kamu supaya nanti kalau sedang membutuhkan tidak kagok lagi.

Artikel berikutnya akan saya tuliskan bagaimana cara memakai dongkrak mobil yang baik dan benar ketika mengganti roda atau yang lainya.

Demikian sedikit ulasan tentang letak dongkrak serta cara mengambil dongkrak mobil, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Letak Dan Cara Mengambil Dongkrak Mobil.Kamu harus Tahu!"