Ini Ciri Aki Mobil Soak Dan Harus Ganti Baru.

Artikel ini kelanjutan dari masalah lampu rem mobil yang tidak bisa mati kemarin. Gara-gara lampu rem mobil yang hidup terus kemarin, menjadi salah satu penyebab aki mobil  tekorSetelah masalah lampu rem beres, kini berlanjut dengan masalah aki drop.
Ciri aki mobil soak atau drop
Ciri aki mobil soak atau drop
Sementara waktu agar mobil saya bisa hidup, saya jumper dulu dengan mobil milik tetangga yang kebetulan dekat dengan mobil saya.

Setelah selesai di jumper dan mobil sudah bisa hidup, selanjutnya saya cek bagian akinya. Untuk memastikan aki masih layak pakai atau sudah waktunya ganti, saya mengeceknya memakai multi tester untuk mengetahui berapa tegangan akinya.

Supaya lebih mudah terlihat, saya memakai multi tester type digital yang langsung menunjukkan angka.
mulailah tahap pengecekan, posisikan multi tester di bagian DC dan angka 20.

Kemudian saya hidupkan mobil dan semua lampu tidak saya nyalakan termasuk perangkat audio dan ac nya.
Tempelkan multi tester yang bagian merah ke kabel positif dan yang warna hitam ke kutub aki negatif dan tunggu beberapa saat hingga multi tester mengeluarkan angka stabil.
Setelah beberapa detik, keluarlah angka 11 di digital multi tester saya.

Selanjutnya saya nyalakan semua lampu, lampu utama, lampu kabut, serta saya hidupkan audio mobil saya dan juga acnya. 
Saya lakukan pengecekan lagi dengan multi dan hasilnya menunjukkan angka 12.5 (kurang lebih).
Ciri aki mobil soak atau drop
Multi tester untuk mengukur tegangan aki
Normalnya aki yang masih bagus ini berkisar diantara 13.5 keatas ketika mobil di hidupkan. Jika kurang dari itu, kemungkinan aki kurang strum,soak atau sudah waktunya diganti dengan yang baru. 

Beberapa penyebab aki soak selain dari voltase aki, biasanya ditandai juga dengan munculnya tanda indikator aki di panel dashboard

Karena usia aki saya yang sudah lumayan lama juga, yang saya beli pada tahun 2017 lalu dan artinya sudah 4 tahun usia aki saya ini, maka saya memutuskan untuk mengganti dengan aki baru saja supaya tidak was was ketika di jalan.

Saat ini saya memakai aki GS MF NS60 dengan kapasitas 60Ampere. Untuk aki barunya, saya tidak memakai GS lagi tetapi mengganti dengan merk Furukawa Battery (FB) dan kapasitas dibawahnya yaitu 35A sesuai dengan bawaan mobil sewaktu dari dealer.

Saya membeli melalui teman saya dengan harga Rp558.000.
Setealah aki datang,kemudian segera saya lakukan pergantian.
Lepas aki lama dengan melepas baut kutup negatif dan positif dengan kunci 10 kemudian lepas juga pengikat aki dengan kunci 10.

Masukkan aki baru dan sambung kutub positif dan negatif aki dengan kencang. Kemudian saya lakukan pengetesan lagi terhadap aki baru ini.

Pengetesan saya lakukan dengan dua metode seperti diatas tadi. Dan angka di multi tester menunjukkan angka 13.5 saat mobil hidup dengan lampu nyala, audio nyala serta AC nyala.
Akhirnya saya bisa tidur nyenyak setelah 2 masalah tersebut beres.

Post a Comment for "Ini Ciri Aki Mobil Soak Dan Harus Ganti Baru."