Cara Melepas Grill Depan Avanza Xenia Lama 2008-2011

Setelah kemarin sudah beres dengan masalah mika lampu headlamp yang kusam, sekarang saya akan mengganti klakson bawaan mobil dengan klakson keong agar suara lebih garang dibanding dengan suara klakson standart yang kata teman saya mirip seperti mobil angkot. Eh bahkan mobil angkot sekarangpun klaksonya udah ga lagi bunyi tit tit tit tit

Sebelum melakukan pergantian klakson, hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuka atau melepas grill depan mobil. Karena letak klakson mobil avanza atau xenia ini berada dibalik grill depan yang terikat baut dengan rangka radiator.

Sudah tahu cara melepas grill depan mobil? 
Untuk cara melepas grill depan avanza atau xenia lama ini ternyata tidaklah susah seperti yang saya bayangkan sebelumnya.
Ternyata cara bukanya mudah dan tidak sampai 30menit grill depan sudah terlepas dari bumpernya. Oh iya, mobil saya adalah xenia 2011 1000cc yang kata orang yang belum punya mobilnya bilang ga kuat di tanjakan

Berikut langkah membuka grill depan avanza atau xenia lama untuk tahun 2008-2012. Untuk xenia avanza tahun 2004-2008 saya belum pernah membukanya. Namun kemungkinan caranya tidaklah jauh berbeda

Cara melepas grill depan:
1.Pertama buka kap mesin mobil dengan menarik tuas yang ada di samping pintu sopir dan tahan dengan pengait yang ada disamping kanan kap mobil.

2.Selanjutnya lepaskan lock atau pengunci yang ada dibagian atas grill. Pengunci ini berjumlah 4 buah yang terbuat dari plastik. Cara melepas klip penguncinya yaitu dengan menekan pin yang ada ditengah, kemudian setelah pin menonjol keatas, lock bisa ditarik.

Untuk memudahkan melepas lock ini , saya menggunakan alat bantu obeng plus. Bisa juga dengan bantuan alat lain yang diameternya sama atau lebih kecil dengan diameter lock.

3. Langkah berikutnya adalah melepas baut yang ada disamping grill. Cara membukanya dengan memutar ke kiri  menggunakan kunci 10. Baut pengikat grill ini ada 2 posisi yaitu disebelah kiri dan sebelah kanan.

4.Selanjutnya tekan grill kedalam perlahan lahan sampai grill terlepas dari bumpernya. Selain baut dan lock pengunci, grill ini juga terdapat pengait di bagian sisi sisinya.

Setelah semua pengunci terlepas, selanjutnya tinggal kita tarik dan angkat grillnya dari bumper lalu letakkan di tempat yang aman.
Jika masih bingung kamu bisa melihat video cara melepas grill dibawah ini
Untuk memasangnya kembali, langkahnya seperti waktu melepas grillnya namun dengan urutan terbalik dari belakang.

Setelah grill terlepas, selanjutnya kita bisa lakukan penggantian klakson standart dengan klakson keong.

Demikian tips cara melepas grill depan mobil avanza dan xenia. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Melepas Grill Depan Avanza Xenia Lama 2008-2011"