Lampu Rem Mobil Tidak Mau Mati,Ini Penyebab Dan Solusinya

Kejadian lampu rem mobil xenia tidak bisa mati ini ketika kemarin saya sedang silaturahmi ke tempat saudara. Ketika saya selesai parkir mobil kemudian mematikan mesin dan beranjak masuk ke rumah saudara saya, tiba-tiba dari belakang terdengan panggilan "Mas mobilnya masih nyala".

Saya sempat kaget karena mobil sudah saya matikan dan kunci kontak pun sudah saya cabut. Saya penasaran dan melangkah ke belakang mobil untuk memeriksanya. 

Ternyata lampu rem saya masih nyala, lampu yang ada di samping kanan kiri serta lampu yang ada di spoiler semua nyala.
Berarti selama mobil tadi saya kemudikan, lampu rem terus menyala meskipun pedal rem tidak tersentuh.

Kendaraan yang berada di belakang saya pasti juga bingung, ini mobil melaju dengan kecepatan tinggi (lebih dari 20km/h dan kurang dari 60km/h) tapi kok lampu rem masih menyala.

Saya coba buka kembali mobil saya dan coba saya goyang-goyangkan pedal rem barangkali ada yang menyangkut, ternyata lampu rem masih tetap nyala.

Saya coba kocok pedal remnya, ternyata masih nyala juga.
Akhirnya saya biarkan lampu rem tetap terus menyala dan akan saya periksa ketika nanti sampai di rumah.

Karena lampu rem saya itu, akhirnya saya tidak bisa berlama-lama di rumah saudara saya. Semakin lama mobil diam dan lampu tetap menyala, maka akan berakibat aki mobil tekor.

Karena tidak bawa jumper dan saya lihat tidak ada mobil yang stand by di dekat saya, maka saya memutuskan untuk segera bergegas pulang. Jikalaupun saya jumper pakai motor pasti akan sangat lama dan kemungkinan tidak kuat.

Dalam perjalan pulang kira-kira kurang dari sekilo dari rumah saya, ternyata timbul masalah baru. Tiba-tiba saja lampu- lampu mobil saya menjadi sedikit redup, kemudian RPM naik turun ngaco dan mesin tersendat seperti mau mati. Saya lihat di dashboard muncul indicator aki. Ternyata aki sudah mau drop.

Kira-kira 1km saya memakai gigi 1 terus untuk menjaga RPM tidak drop dengan harapan mobil tidak mati di jalan dan bisa sampai ke rumah. Pas sampai di rumah, mobil langsung mati karena aki drop.

Untuk sementara,masalah aki saya abaikan dulu dan fokus ke masalah rem tidak bisa mati. 

Untuk solusi sementara supaya rem bisa mati ketika pedal tidak diinjak adalah dengan menyabut soketnya. Soket ini letaknya tepat diatas pedal rem.

Supaya lebih mudah, kita harus membuka cover yang diatas pedal terlebih dulu.

Caranya dengan melepas kedua lock yang ada di sebelah kiri pedal. Caranya, tekan area tengah lock kemudian cabut locknya. 
Berikutnya lepaskan juga baut yang bagian depan dengan obeng plus.Selanjutnya cover tinggal ditarik saja. Nah posisi soket sudah kelihatan, tinggal kita cabut saja

Setelah saya cek dan perhatikan, ternyata masalah rem mobil yang tidak bisa mati ini disebabkan karena bantalan antara pedal dengan dudukan sudah pecah. 
Penyebab lampu rem mobil tidak bisa mati
Penyebab lampu rem mobil tidak bisa mati
Bantalan ini berfungsi untuk release switch, jadi ketika pedal di lepas akan mentok dulu di bantalan ini dan tidak langsung menyentuh besinya.

Karena beli part ini kayanya agak ribet dan susah, maka saya mengakalinya dengan memakai ban dalam motor.
Gunting ban dalam bentuk bulat atau persegi sebanyak 2 buah.

Kemudian lem kedua karet ban tadi lalu pasang di besi dudukan dengan cara dilem juga.

Selanjutnya pasang kembali soket yang tadi dilepas untuk mengecek apakah rem masih terus menyala atau sudah mati.

Dan ternyata lampu rem mobil saya sudah kembali normal seperti semula.PR selanjutnya adalah tinggal jumper akinya
Demikian tips mengatasi rem mobil yang tidak bisa mati. Semoga bermanfaat 

Post a Comment for "Lampu Rem Mobil Tidak Mau Mati,Ini Penyebab Dan Solusinya"