Cara Nonton Youtube di TV Biasa, Mudah, Gak Perlu Smart TV

Cara Nonton Youtube di TV Biasa, Gak Perlu Smart TV

Cara nonton youtube di TV
Cara menonton youtube di TV

Youtube menjadi salah satu pilihan banyak orang dalam hal audio video selain TV. Kini untuk menonton video di channel Youtube tidak hanya melalui hp, tablet, PC atau laptop, tapi sudah bisa kita lakukan menggunakan TV untuk melihat film atau video lainya dari Youtube.

Jika kalian sudah punya smart TV, tentunya menonton video Youtube menjadi lebih mudah, karena sudah terintegrasi di dalam Smart TV. Tinggal kita cari aplikasi Youtube, scroll video atau cari di kolom pencarian dan tonton video yang diinginkan.

Lalu apakah bisa menonton youtube menggunakan TV Led biasa?Jangan khawatir, karena kamu masih bisa menonton video di Youtube,selama TV tersebut sudah memiliki port HDMI. DAn caranya pun juga tidak ribet

Akan kami berikan ulasan bagaimana cara nonton Youtube di TV LED Biasa dibawah:

Langkah mudah cara menonton Youtube di TV bisa menggunakan kabel atau tanpa kabel  :

Nonton Youtube di TV Pakai Kabel HDMI

Cara nonton youtube di TV pakai kabel HDMI
Kabel HDMI untuk menonton youtube di TV

Untuk diketahui bahwa jenis Port HDMI ini terbagi menjadi 3 tipe, tipe pertama yaitu tipe A atau reguler HDMI yang biasa digunakan untuk menyambungkan perangkat konsol ke TV, yang kedua adalah tipe C atau mini HDMI, yang bisa kita gunakan untuk menyambungkan TV ke HP,smartphone dan tablet.

Ketiga adalah tipe D atau micro HDMI yang fungsinya sama dengan tipe C yaitu untuk menyambungkan smartphone,hp dan tablet ke TV. 

Lalu bagaimana cara menggunakan kabel HDMI?

Berikut langkahnya :

Pertama Colokkan kabel HDMI ke smartphone, tablet, PC, atau laptop kamu yang sesuai dengan tipe HDMI yang digunakan

Berikutnya colokkan kabel sisi lainnya ke prangkat TV, kemudian tunggu sampai kedua perangkat tersebut saling terhubung 

Perlu diperhatikan, sebelum kamu membeli kabel HDMI, cek dan pastikan port apa yang digunakan oleh perangkat kamu. Selanjutnya pilih jenis kabel HDMI yang sesuai, jika kesusahan, coba kamu cari konektor yang bisa membantu untuk menyambungkan kabel HDMI dengan perangkat.

Harga dari kabel HDMI ini bervariasi, tergantung dari berapa panjangnya kabel dan jenis port yang digunakan. Yang termurah berada dikisaran harga 100 ribuan.

Menonton Youtube di TV Pakai Chromecast

Cara nonton youtube di TV pakai chromecast
Cara nonton youtube di TV pakai chromecast

Di Indonesia masih banyak orang yang belum mengenal perangkat chromecast ini. Sebenarnya Chromescast ini bukanlah barang baru di pasaran produk gadget. 

Dongle besutan Google ini akan sangat membantu menghubungkan smartphone Android kamu ke perangkat TV secara wireless.

Fungsi dari Chromecast ialah membantu pemilik produk Android untuk menampilkan tampilan layar smartphone ke dalam TV atau istilahnya mirror screen.

Ketika kamu nonton video Youtube di smartphone, ketika memakai Chromecast, layarnya bisa ditampilkan juga ke TV, sehingga menonton video youtube jadi lebih puas.

Syarat menggunakan Chromecast ini adalah harus berada di jaringan Wifi yang sama. Dan berikut caranya:

Colokkan dongle chromecast kamu ke Port HDMI di TV. Kemudian sambungkan dongle dengan jaringan Wifi yang sama melalui smartphone

Langkah selanjutnya, download dan Install aplikasi Chromecast kemudian pindah saluran dari TV ke HDMI, dan Chromecast sudah bisa kamu gunakan untuk menonton Youtube di TV

Chromecast versi original berada dikisaran harga Rp400 - 500 ribuan dan yang jual Chromecast KW diharga 100 ribuan.

Menonton Youtube di TV menggunakan Miracast

Cara nonton youtube di TV pakai Miracast
Cara nonton youtube di TV pakai Miracast

Cara nonton youtube di TV dengan Miracast ini mirip dengan menggunakan Chromecast, yaitu dengan menyambungkan TV dan smartphone menggunakan perangkat Miracast.

Fungsi dari Miracast ini juga sama dengan Chromecast, yaitu untuk screen mirroring layar smartphone ke TV. 

Dan berikut langkah nonton youtube di TV menggunakan Miracast

Langkah pertama,colokkan Miracast ke TV kemudian setting smartphone Android kamu dengan masuk ke menu setting - display - "wireless mirroring or cast screen" dan ubah settingan yang ada ke posisi On.

Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar jaringan dari Miracast yang kamu pakai. Selanjutnya pilih jaringan Miracast tersebut lalu tunggu sampai smartphone dan TV kamu benar-benar terhubung.

Jika sudah berhasil, maka tampilan layar smartphone Android kamu akan muncul di layar TV. Miracast ini banyak dijual dengan harga kisaran 100 ribuan. 

Menonton youtube di TV menggunakan Set Top Box

Cara nonton youtube di TV dengan set top box
Cara nonton youtube di TV dengan set top box

Untuk Set Top Box ini mempunyai fungsi yang mirip dengan  decoder pada layanan TV kabel atau parabola. Set Top Box ini biasanya lebih banyak digunakan pada layanan internet TV.

Ada beberapa pilihan produk Set Top Box di Indonesia yang bisa digunakan untuk streaming video secara langsung seperti video di Youtube. Set Top Box banyak dijual dengan kisaran harga termurah 100 ribuan.

Demikian ulasan cara mudah menonton video Youtube di TV  dengan kabel maupun tanpa kabel. Untuk TV tabung masih belum bisa dikarenakan ada keterbatasan port koneksinya.

1 comment for "Cara Nonton Youtube di TV Biasa, Mudah, Gak Perlu Smart TV"