Hati-Hati! Tidur Di Dalam Mobil Bisa Menyebabkan Kematian

Topdewe.com - Hati-Hati! Tidur Di Dalam Mobil Bisa Menyebabkan Kematian.Mungkin anda pernah mendengar beberapa kasus kematian karena driver atau penumpang tidur didalam mobil? Kenapa hal itu bisa terjadi? Bukankah banyak orang juga yang tidur didalam mobilnya namun tidak ada masalah?

Mengemudi mobil dengan jarak tempuh yang jauh memang melelahkan,dan tentunya driver butuh istirahat agar badan tetap vit dan tetap fokus dalam mengendarai mobil agar selamat dalam perjalanan.

Untuk menjaga agar badan tetap vit selama perjalanan tentunya dibutuhkan istirahat.Istirahat yang paling manjur adalah dengan tidur.Namun ada banyak kasus ditemukan pengemudi dan penumpang meninggal karena tidur didalam mobil.
Baca juga : Tips mudik lebaran dengan mobil pribadi yang aman dan nyaman

Dari beberapa kasus yang ditemukan,paling banyak adalah tidur didalam mobil dengan mesin hidup tapi mobil diam dan kondisi ac dinyalakan serta semua pintu & kaca dalam keadaan tertutup rapat.

Namun banyak yang mengira bahwa penyebab kematian disebabkan karena ac mobil nya. Ternyata bukan!

Menurut beberapa sumber yang saya baca dan saya ketahui dari pengguna otomotif menyebutkan bahwa penyebab kematian akibat tidur dialam mobil tersebut adalah kekurangan oksigen atau keracunan.

Jika penumpang ditemukan pingsan atau meninggal ketika tidur didalam mobil dengan mesin hidup namun mobil diam dengan semua kaca tertutup plus ac dinyalakan maka ada kemungkinan bermasalah di sirkulasinya.
Baca juga : Cara cek keausan kampas kopling mobil

Karena :
1. ventilasi disetting untuk memutar udara didalam kabin, bukan mengambil udara segar di luar. Akibatnya pasokan oksigen jadi minim.

2. Terjadi kebocoran atau ventilasi bermasalah sehingga ada gas buang dari mesin yang masuk dan terjebak di kabin, akibatnya kadar karbon dioksida (c02) di kabin tinggi.

Dalam keadaan mobil diam,gas buang akan berputar putar disekitar mobil saja. Apalagi kalau tidak ada angin.

Kondisi yang akan terjadi jika dalam waktu beberapa jam biasanya badan akan lemas atau pingsan dan jika tidak segera keluar dari dalam mobil bisa menyebabkan kematian.

Ada beberapa orang juga menanyakan,kenapa kalau mobil dalam keaadaan berjalan aman aman saja?
Karena jika kondisi mobil berjalan maka gas buang akan terbuang ke belakang bersama angin serta ventilasi berjalan dengan normal. Apalagi mobil bus yang sudah memakai blower di atas kabinya
Baca juga : Cara ganti wiper belakang mobil

Lalu bagaimana sebaiknya tidur ketika istirahat dalam sebuah perjalanan?
1.Cari tempat yang sekiranya ramai dan aman untuk istirahat, seperti rest area.

2.Jika anda bersama penumpang,sebaiknya penumpang jangan tidur.Suruh dia berjaga untuk antisipasi tindak kejahatan seperti pencurian barang karena semua penumpang tertidur.
Toh dia nanti dalam perjalanan masih bisa tidur dialam mobil.

3.Cari penginapan atau hotel terdekat untuk beristirahat
4.Jika anda terpaksa tidur didalam mobil,sebaiknya matikan mesin dan buka kaca mobil seperlunya. Kaca dibuka supaya sirkulasi udara tetap terjaga

Demikian beberpa penjelasan mengapa tidur didalam mmobil bisa menyebabkan kematian. Jika ada yang salah atau opini lain silahkan tuliskan di komentar.

Post a Comment for "Hati-Hati! Tidur Di Dalam Mobil Bisa Menyebabkan Kematian"