Tradisi Padusan Menjelang Ramadhan Untuk Membersihan Diri

Topdewe.comTradisi Padusan Menjelang Ramadhan Untuk Membersihan Diri.
Tradisi padusan menjelang bulan ramadhan
Tradisi padusan menjelang bulan ramadhan.Img source hijrahdarisirikdanbidah.blogspot.com
Jawa adalah gudangnya tradisi tradisi leluhur yang masih dipertahankan hingga kini. Banyak tradisi atau ritual yang kita temui di pulau jawa ini.Terutama tradisi menjelang bulan ramadhan. Selain ritual sadranan atau ruwahan,masyarakat jawa juga mempunyai tradisi yang dinamakan padusan.

Padusan adalah sebuah tradisi turun temurun yang dilakukan setiap tahun yaitu satu hari menjelang bulan puasa.Tradisi padusan ini bertujuan sebagai simbol untuk membersihkan diri dari keburukan keburukan sebelum melaksanakan puasa di bulan suci ramadhan.

Padusan adalah ritual mandi bersama menjelang bulan suci ramadhan.Ritual padusan ini sudah dilakukan turun temurun dari leluhur yang bertujuan untuk membersihkan jiwa dan raga menyambut bulan puasa,

Warga yang melakukan tradisi padusan ini akan mengunjungi tempat tempat pemandian seperti kolam renang,sungai atau sumber air lainya yang bisa dipakai untuk mandi bersama tanpa sekat antara laki laki dan perempuan.

Didaerah jawa khususnya jawa tengah,pada satu hari menjelang puasa ini tempat tempat wisata air seperti kolam renang,air terjun dan sumber air lainya akan ramai dikunjungi warga yang akan melaksanakan padusan.

Padusan ini dilakukan oleh semua kalangan dari anak kecil hingga orang tua dengan harapan badan akan menjadi bersih dari noda noda keburukan dan siap untuk menyambut bulan ramadhan untuk melaksanakan puasa wajib bagi umat muslim ini.
Tradisi padusan menjelang bulan ramadhan
Tradisi padusan menjelang bulan ramadhan.Img sourde alfikritekimundip.blogspot.com
Didaerah saya ,wisata air seperti umbul ponggok,mata air cokro / waterboom cokro,umbul manten,kolam renang jolotundo,umbul ingas cokro,water gong polanharjo,umbul nilo,umbul gedaren dan wisata air lainya kan penuh oleh pengunjung yang melaksanakan tradisi padusan ini.

Ratusan bahkan ribuan warga akan memadati tempat wisata air tersebut untuk melaksanakan padusan.

Namun seiring perkembangan zaman,makna padusan ini mulai bergeser dari hakekat aslinya yaitu untuk membersihkan jiwa dan raga serta merenungi kesalahan kesalahan yang telah diperbuat dalam setahun belakangan.

Padusan kini dimaknai oleh anak anak muda hanya sebagai ritual mandi bersama menjelang datangnya bulan suci ramadhan saja.

Post a Comment for "Tradisi Padusan Menjelang Ramadhan Untuk Membersihan Diri"