6 Cara Membedakan Kampas Rem Asli Vs KW

Cara membedakan kampas rem asli dan palsu
Cara membedakan kampas rem asli dan palsu
6 Tips Membedakan Kampas Rem Original Vs KW
Salah satu komponen dari perangkat rem adalah kampas rem. Salah satu part fast moving ini sering cepat habis pada interval pemakaian tertentu,apalagi jika mobilitas kendaraan (motor,mobil) anda tinggi. Ditambah lagi jika motor atau mobil anda bertransimis otomatis atau matic yang mengandalkan rem untuk berhenti tanpa ada bantuan engine break seperti transmisi manual.

Karena seringnya ganti maka banyak sekali part ini dijual di pasaran dengan berbagai macam kualitas,dari yang terendah sampai tertinggi dengan harga yang juga bervariasi. Sayangnya,masih banyak penjual yang menawarkan kampas rem kw atau palsu. Dibilang palsu karena bungkusnya original pabrikan motor atau mobil tetapi kampasnya KW atau abal-abal alias palsu.

Anda tidak mau kan salah beli kampas rem?
Ada baiknya simak beberapa tips cara membedakan kampas rem palsu vs original (OEM) dibawah ini :
Baca juga : Tips mengatasi motor susah dihidupkan

1. Kemasan atau Bungkus
Cara membedakan kampas rem asli dan palsu dari bungkusnya
Cara membedakan kampas rem asli dan palsu dari bungkusnya

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah memeriksa kemasan atau bungkus kampas rem yang  ditawarkan penjual. Ada berbagai indikator yang bisa kita cermati untuk membedakan mana kampas rem yang original (OEM) dan yang KW.


Misalnya pada kemasan kampas rem asli dari Astra Honda Motor (AHM), kita bisa membedakan lewat stiker hologram yang menempel di bungkusnya. Pada bungkus kampas rem yang original, hologramnya menunjukkan logo AHM dan Honda Genuine Parts (HGP). Sedangkan pada bungkus kampas rem yang KW / Palsu, memang terdapat hologram, tapi tidak menampakkan logo AHM maupun HGP.

Selain itu. pada kemasan kampas rem yang asli juga tertulis alamat lengkap dari pabrikan. Sedangkan bungkus kampas rem yang palsu (KW) hanya menampilkan logo perusahaan saja tanpa alamat.
Baca juga : Mengenal mesin SOHC dan DOHC

2. Harga Murah
Selain dari kemasan, penjual kampas rem KW pada umumnya juga menjual kampas rem palsu dengan harga yang relatif lebih murah. Misalnya saja,umumnya harga kampas rem cakram asli pabrikan (OEM) dijual dengan harga Rp 50 sampai 60 ribu dan harga kampas rem aftermarket bahkan lebih mahal. Sedangkan untuk kampas rem palsu (KW) bisa dibanderol dengan selisih harga hampir setengah dari kampas original.

Jika anda ditawarkan dengan harga yang terlalu miring, sebaiknya pikirkan lagi untuk membelinya. Tidak mau kan kalau pakai kampas rem palsu yang tidak teruji kualitasnya, Karena rem merupakan komponen vital,maka jangan sembarangan mengganti spare partnya. Apalagi dengan yang palsu
Baca juga : Cara cek kampas kopling bagus atau sudah aus
  3. Bahan Kampas Rem
Cara membedakan kampas rem asli dan palsu dari bahanya
Cara membedakan kampas rem asli dan palsu dari bahanya

Kampas rem yang asli akan terasa sedikit empuk, sedangkan kampas rem palsu cenderung lebih keras. Jika sudah membuka kemasan kampas rem yang ditawarkan,cobalah periksa. Jika bahanya lebih keras kemungkian kampas tersebut terindikasi palsu.

Kampas rem yang empuk bukan berarti tidak berkualitas, justru disaat suhunya memanas kampas rem tersebut akan mencengkram kuat dan pakem. Berbeda dengan kampas rem palsu yang justru bisa memakan permukaan piringan cakram karena bahanya keras.
Baca juga : Cara jumper aki mobil soak dengan motor

4. Kode produksi
Pada umumnya,part asli atau original mempunyai kode produksi yang jelas. Coba lihat kampas rem yang asli,maka akan terdapat kode produksi. Sedangkan pada kampas rem yang palsu sama sekali tidak terdapat kode produksi atau marking apapun.

Jika anda tidak menemukan marking kode produksi, sebaiknya segera ganti kampas rem anda demi keselamatan berkendara. Karena Efek penggunaan kampas rem KW bisa bahaya

5. Tekstur Kampas Rem
Cara lain yang bisa kita pakai sebagai patokan untuk membedakan kampas rem asli dan kw adalah dengan melihat detail teksturnya. Kampas rem yang asli memiliki tekstur padat sedangkan yang palsu terasa rapuh.
Baca juga : Cara menghilangkan karat pada krom mobil

5. Daya Cengkram
Cara membedakan kampas rem asli dan palsu
Membedakan kampas rem asli dan palsu dari pengereman

Pengecekan terakhir yang dapat kita lakukan adalah dengan merasakan saat melakukan pengereman. Pada kampas rem yang asli memiliki material dengan kualitas baik, sehingga tidak mudah aus atau rontok.

Kampas rem asli yang diproduksi oleh pabrikan terbuat dari non asbestos. Selain itu, ada tambahan tembaga pada komposisi kampas rem nya.

Sedangkan untuk kampas rem KW, pada umumnya hanya mengandung asbestos saja. Atau tidak ada  kandungan lain yang dapat menguatkan, sehingga dalam pemakaian yang terbilang sebentar, kampas rem palsu tersebut akan cepat habis dan umumnya terdapat kerontokan kampas rem berupa serat-serat yang terkelupas. 
Baca juga : Penyebab aki soak,tekor atau drop

Membeli suku cadang asli seperti kampas rem ini memang tidak harus selalu di bengkel resmi. Namun juga bisa membeli di luar toko resmi,part KW tapi kita wajib teliti sebelum membeli agar tidak salah membeli yang KW .

Karena masih ada saja pedagang yang nakal yang menjual spare part KW atau palsu. Jika tidak teliti,maka kita sendiri yang akan dirugikan.
Demikian tips cara membedakan kampas rem yang asli dan palsu,semoga bermanfaat

Post a Comment for "6 Cara Membedakan Kampas Rem Asli Vs KW "