10 Cara Menambah Viewer Dan Subscriber Channel Youtube Terbukti Berhasil

Cara menambah viewer dan subscriber youtube
Cara menambah viewer dan subscriber youtube
Cara menambah subscriber dan viewer sebuah channel youtube masih menjadi kesulitan beberapa youtuber pemula.
Seperti yang dulu pernah saya alami ketika pertama membuat dan membangun channel youtube saya. Apalagi dengan syarat monetisasi sekarang yang semakin sulit membuat youtuber harus kerja keras. 


Walaupun sampai saat ini subscriber channel saya masih belum banyak tapi setidaknya channel saya sudah disetujui menjadi YPP atau youtube partner 
program dan sudah bisa dimonetisasi videonya yang otomatis sudah bisa mendapatkan uang walaupun belum seberapa.

Sampai tulisan ini direlease, channel youtube saya sudah mempunyai subscribe sebanyak 5ribu untuk kedua channel. Jumah subscribe yang menurut saya masih jauh dari kata banyak untuk sukses sebagai seorang youtuber.


Artikel ini mungkin memang tidak cocok untuk anda yang sudah menjadi youtuber sukses ataupun pakar youtube yang lebih mahir dengan segudang pengalaman dan pengetahuanya. 
Tapi mungkin tips ini bisa membantu untuk youtuber pemula yang ingin memulai terjun ke dunia youtube. 

Saya tidak fokus menjadi youtuber fulltime karena masih terikat dengan kesibukan offline yang menghabiskan separuh waktu saya. Jadi youtube untuk saya saat ini masih sekedar menjadi sidejob hobby saja.

Disini saya akan sharing saja pengalaman saya membangun channel mulai dari nol untuk mendapatkan viewer dan subscriber hingga bisa menghasilkan uang. 


Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memulai menjadi youtuber
1.Buatlah konten yang berkualitas
Cara menambah viewer dan subscriber youtube
Cara menambah viewer dan subscriber youtube
Konten berkualitas ini menurut saya mempunyai nilai lebih tersendiri. Berkualitas adalah sebuah video dengan resolusi HD atau lebih tinggi, audio dan narasi yang dibuat dalam sebuah konten. 


Sebisa mungkin buatlah video dengan resolusi minimal 1080p atau lebih agar visual video jernih dan enak ditonton.
Tidak perduli apa jenis konten anda, namun usahakan buatlah sebagus mungkin agar penonton betah melihat video anda dan akan menunggu video-video anda berikutnya dengan berlangganan channel atau subscribe


2.Buatlah konten bermanfaat
Konten yang bermanfaat memang terkadang bertolak belakang dengan kualitas. Jika isi video itu dibutuhkan orang, kualitas video ala kadarnya pun ada saja yang menonton. 
Jika anda bisa,buatlah konten yang bermanfaat sekaligus berkualitas.

Banyak sekali hal disekitar anda yang bermanfaat yang bisa dijadikan konten. Dari hal kecil seperti cara merawat kucing, cara membuat pakan ikan, resep masakan dan lain lain bisa  dijadikan konten. 

3.Buat konten sesuai hobby
Cara menambah viewer dan subscriber youtube
Cara menambah viewer dan subscriber youtube
Jika anda mempunyai hobbi, hal ini bisa menjadi nilai plus untuk kelangsungan channel anda.Misalnya anda hobby bermusik,maka buatlah konten dengan kategori musik.
Anda akan merasa senang dan tidak terbebani dalam membuat konten jika itu adalah hobby anda. 

Sehingga nantinya anda tidak akan buntu ide ditengah jalan
Atau anda juga bisa mencari daftar konten yang banyak dicari dan ditonton di youtube sebagai panduan awal dalam membuat channel

4.Kenalkan channel anda
Persaingan channel youtube itu sangat ketat, jadi sebagai youtuber pemula, pengenalan channel itu sangat penting. Akan lebih mudah ditemukan channel yang kita kenalkan dibandingkan channel dari hasil pencarian. 

Karena channel youtube itu ribuan jumlahnya dengan kategori konten yang sama maupun yang berbeda. Maka pengenalan channel itu sangat penting.

Kenalkan channel anda kepada keluarga, teman, sahabat, tetangga dan yang lain yang anda kenal. Kenalkan juga melalui akun sosial media anda seperti facebook, twitter, instagram dan yang lain.

Anda juga bisa masuk ke grup-grup yang membahas serupa dengan konten anda. Setelah masuk dan beberapa kali nimbrung diskusi, sesekali selipkan video anda yang sesuai dengan pembahasan.

5.Ajak penonton untuk berlangganan
Cara Menambah viewer dan subscriber youtube
Cara Menambah viewer dan subscriber youtube
Selipkan ajakan berlangganan ke channel anda diantara video anda. Misalnya dengan membuat intro yang didalamnya ada ajakan untuk subscribe. 
Atau ditengah-tengah video sesuai selera anda.Persentasi video dengan ajakan dan tanpa ajakan ini menurut pengalaman saya lumayan beda hasilnya. Lebih terasa yang diselipkan ajakan 

6.Tulis judul yang menarik
Judul adalah kata yang pertama kali orang baca selain dua baris deskripsi dibawahnya. Judul yang menarik akan membuat orang menjadi tertarik untuk klik video kita dan menontonya. 

Buatlah judul yang mewakili isi video anda dan jangan buat judul yang klik bait
Selain judul,tuliskan pula deskripsi video anda

7.Pakai custom thumbnail
Cara menambah viewer dan subscribe youtube
Cara menambah viewer dan subscribe youtube
Thumbnail atau gambar kecil pada video mempunyai andil besar terhadap video kita. Buatlah thumbnail yang menarik dan membuat orang penasaran untuk melihat video kita.

Untuk membuat custom thumbnail ini anda bisa gunakan aplikasi seperti photoshop,canva,pixellab dan lain-lain.

8.Jelaskan channel anda
Jelaskan secara singkat tentang channel anda, misalnya channel anda membahas tentang cara bermain musik, kapan jadwal upload video dan lain lain. 

Dengan menjelaskan isi channel,penonton akan mudah untuk mengetahui isi video dan kapan video baru akan diupload
9.Tag,Kartu,Layar akhir dan Playlist video
Cara menambah viewer dan subscriber youtube
Cara menambah viewer dan subscriber youtube
Isikan tag dengan maksimal 500kata sesuai isi video anda.Sekali lagi, jangan isi tag diluar isi video anda karena akan berbahaya buat video anda bahkan channel anda.

Isi kartu
Ini juga membantu promosi video anda yang lain secara gratis. Tersedia 5 slot kartu di dalam satu video


Akhir video
Akhir video juga sangat penting, anda bisa memasukkan beberapa video diakhir video agar penonton tetap melihat video anda yang lain.Enscreen ini terdapat 4 slot video


Playlist
Playlist atau daftar putar juga sangat bermanfaat untuk promosi video. 
Buatlah daftar putar sesuai kategori video anda

10.Promosi
Jika anda mempunyai dana, promosi channel ini juga sangat membantu perkembangan channel. Anda bisa promosi berbayar melalui google ads, youtube, blog,website, twitter, instagram atau media online yang lain.

Demikian tips cara menambah atau menaikkan viewer dan subscriber sesuai pengalaman saya. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat

1 comment for "10 Cara Menambah Viewer Dan Subscriber Channel Youtube Terbukti Berhasil"