Youtube Akan Membatasi Konten Anak. Bagaimana Nasib Konten Kreator Untuk Anak Anak?

Setelah kemarin ada kebijakan untuk situs yang tidak menayangkan iklan, kini pihak Youtube kembali mengeluarkan peraturan atau kebijakan baru untuk content creator yang akan diberlakukan untuk semua channel. Perubahan ini dapat berdampak pada monetisasi dan visibilitas konten anda dan akan berlaku resmi mulai januari 2020.

Berikut adalah informasi dari team youtube yang dikirimkan melalui email :
Mulai sekarang, semua kreator diwajibkan untuk memberi tahu kami (youtube) apakah konten mereka dibuat untuk anak-Anak atau tidak, untuk mematuhi Children's Online Privacy Protection Act (COPPA) dan/atau undang-undang lainnya yang berlaku.
Pengaturan Kategori video dengan Konten untuk anak anak
Pengaturan Kategori video dengan Konten untuk anak anak. (pict from youtube)
Perubahan ini diwajibkan sebagai bagian dari penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat dan Jaksa Agung New York, serta akan membantu Anda mematuhi Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA) dan/atau undang-undang lainnya yang berlaku.

Apa saja yang berubah?
Mulai sekarang, semua kreator diwajibkan untuk menandai konten mereka sebagai "dibuat untuk anak-anak atau tidak dibuat untuk anak-anak " di YouTube Studio.

Mulai Januari youtube akan membatasi data yang dikumpulkan dari konten yang dibuat untuk anak-anak untuk mematuhi undang-undang.
Artinya, youtube akan menonaktifkan iklan yang dipersonalisasi di konten ini. Dan tentunya akan memengaruhi pendapatan untuk kreator yang membuat konten untuk anak-anak. Youtube juga akan menonaktifkan  fitur tertentu seperti komentar, notifikasi, dan lainnya.

Youtube mewajibkan untuk menetapkan video Anda sebagai dibuat untuk anak-anak jika video tersebut termasuk dalam kategori ini dan merubah setelan ini secepatnya.

Selain merubah manual di setelan channel,pihak youtube juga akan menggunakan pendeteksi otomatis untuk mengidentifikasi video yang dengan jelas dibuat untuk anak-anak. 

Jika anda tidak menetapkan konten secara akurat, maka anda akan menghadapi masalah kepatuhan dengan FTC atau otoritas lain, dan dari pihak youtube dapat mengambil tindakan pada akun YouTube anda misalnya dengan dismonetisasi channel
Peraturan baru youtube untuk kategaori anak-anak
Peraturan baru youtube untuk kategaori anak-anak
Apa itu konten yang “Dibuat untuk Anak-Anak”?
Menurut panduan FTC mengenai COPPA, video yang ditujukan untuk anak-anak atau yang disebut “Dibuat untuk Anak-Anak” jika:

  • Video ditujukan untuk anak-anak sebagai penonton utama.Contoh video untuk anak-anak prasekolah
  • Video ditujukan untuk anak-anak tetapi anak-anak adalah penonton sekunder.Contoh video kartun yang terutama menargetkan remaja tetapi juga ditujukan untuk anak-anak yang lebih muda.

Saat memutuskan apakah Channel atau video Anda dibuat untuk anak, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk:
  • Subjek video, misalnya konten edukasi untuk anak kecil
  • Apakah anak adalah pemirsa yang dimaksudkan atau aktual anak untuk video
  • Apakah video menyertakan aktor atau model anak
  • Apakah video mencakup karakter, selebriti, atau mainan yang menarik bagi anak, termasuk karakter animasi atau tokoh kartun
  • Apakah bahasa video tersebut ditujukan untuk anak untuk memahami
  • Apakah video tersebut mencakup kegiatan yang menarik bagi anak, seperti bermain akting, lagu sederhana atau permainan, atau pendidikan awal
  • Apakah video menyertakan lagu, cerita, atau puisi untuk anak
  • Informasi lain yang mungkin anda miliki untuk membantu menentukan pemirsa video Anda, seperti bukti empiris pemirsa video

Anda dapat menetapkan penonton Anda di tingkat channel atau video, tergantung pada jumlah konten yang Dibuat untuk anak-anak di channel anda. Kreator hanya perlu melakukan satu kali klik jika menyetel di tingkat channel.


Untuk anda yang baru mau terjun ke dunia youtube,beberapa rekomendasi video yang banyak dicari selain konten anak ini bisa menjadi ide untuk channel anda.

Cara setting atau mengatur kategori penonton bisa melalui 2 cara :
1.Melalui setting channel
Anda bisa login ke channel youtube anda kemudian klik advance settings (tingkat lanjut) dan dibawah akan ada 3 pilihan pengaturan untuk konten channel anda.
Setting penonton youtube melalui pengaturan channel
Setting penonton youtube melalui pengaturan channel
Jika anda memilih no 1 : Channel anda ditujukan untuk penonton anak dan akan selalu meng upload video yang ditujukan untuk anak-anak

Jika anda memilih no 2 : Channel anda ditujukan tidak untuk penonton anak dan akan selalu meng upload video yang ditujukan tidak untuk anak-anak

Jika anda memilih no 3 : Anda akan mengatur semua video secara manual.

2.Setting manual di video
Untuk mengatur manual anda bisa masuk ke youtube studio kemudin klik video yang ingin disetting kategori penontonya :
Setting penonton youtube secara manual melalui video
Setting penonton youtube secara manual melalui video
Di pengaturan video ini ada dua pilihan yaitu ditujukan untuk anak-anak dan tidak untuk anak-anak. Anda juga bisa mengatur umur penonton dengan memilih pengaturan dibawahnya.

Selain di Youtube,anda juga bisa mendapatkan uang dengan menjualnya di shutterstock. Caranya anda bisa baca panduan upload video di shutterstock 

Demikian tentang kebijkan dan aturan baru youtube tentang pemisahan konten video untuk anak-anak. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Youtube Akan Membatasi Konten Anak. Bagaimana Nasib Konten Kreator Untuk Anak Anak?"